10 Makanan Pembersih Darah Kotor

6 minutes reading
Saturday, 28 Oct 2023 22:56 0 22 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis makanan yang berfungsi untuk membantu pembersihan darah kotor. Pada dasarnya tidak ada makanan yang bekerja secara ajaib untuk membersihkan darah dan dapat mendukung proses detoksifikasi maksimal. Namun, ada beberapa esensi makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi kemampuan dari hati dan ginjal, dalam proses membersihkan darah dari berbagai paparan limbah dan racun. 

Darah di tubuh manusia memiliki peran yang penting, hal ini menyangkut dengan oksigen. hormon, gula lemak, sel ke sistem daya tahan tubuh. Sehingga semakin besar tubuh seseorang maka semakin banyak darah yang ada di dalam tubuhnya, puns sebaliknya. Namun, karena banyaknya aktivitas yang dilakukan manusia. racun yang berasal dari polusi dan jenis makanan tertentu akan masuk ke dalam tubuh, makanya dibutuhkan jenis makanan pembersih darah yang kotor. 

Makanan Pembersih Darah Kotor

Makanan Pembersih Darah Kotor

Hati dan ginjal dalam tubuh manusia bekerja dengan membentuk darah untuk membuang makanan dan racun di dalam tubuh. Sehingga ,seseorang dapat memaksimalkan dengan melakukan detoksifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan dan membuang racun yang ada di dalam tubuh.

Karena bagaimanapun darah memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita. Darah bersih merupakan sel-sel darah yang mengandung oksigen guna disebarkan ke seluruh tubuh. Sementara itu, darah kotor adalah kebalikannya yang tidak memiliki kandungan oksigen atau oksigenasi. 

Dikutip dari Indian Journal of Critical Care Medicine, dijelaskan bahwa darah adalah jenis khusus dari jaringan ikat yang terdiri dari sel putih sel darah merah, trombosit dan plasma. Sehingga darahnya yang memiliki peran atau tanggung jawab atas banyak hal dalam tubuh. Makna Nya, tubuh memerlukan proses detoksifikasi guna membersihkan darah kotor melalui jenis makanan yang bisa kamu konsumsi. 

Nah, berikut beberapa jenis makanan pembersih darah kotor yang dapat kamu konsumsi. 

Air Putih 

Makanan Pembersih Darah Kotor

Di Posisi pertama jenis makanan dan minuman pembersih darah adalah air putih. Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu meningkatkan sistem kerja dari ginjal. 

Dikutip dari halaman Headline, dikatakan jika organ satu ini bergantung pada air dalam proses menghilangkan limbah atau racun dalam tubuh. Selain itu, air juga dapat membantu agar tubuh terjaga dan pembuluh darah dalam keadaan terbuka sehingga darah tidak akan bergerak bebas.

Selain itu, kamu harus paham bahwa dehidrasi parah dapat menyebabkan kerusakan ginjal. tentunya hal satu ini sangat berbahaya. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi minuman air putih minimal 2 liter per harinya. Sehingga tubuh dalam kondisi dehidrasi dan dapat beraktivitas berat seperti olahraga dalam jangka waktu yang lama. 

Brokoli

Makanan Pembersih Darah Kotor

 Berikutnya jenis makanan untuk pembersih darah adalah brokoli. Brokoli merupakan jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang memiliki permasalahan dengan gangguan ginjal atau pencernaan. Brokoli menjadi salah satu sayur yang antioksidan dan sangat bergizi. Dengan memiliki ginjal yang sehat, maka kamu akan terhindar dari limbah dan racun yang dideritanya.

Blueberry dan Cranberry

Makanan Pembersih Darah Kotor

Blueberry dan cranberry merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi sebagai salah satu jenis makanan pembersih darah kotor. Selain itu keduanya memiliki fungsi untuk melindungi hati dari kerusakan. Bahkan secara khusus, cranberry kaya akan manfaat yang telah terbukti mampu mencegah berbagai bakteri yang menempel di saluran kemih. Sehingga ginjal tetap sehat terbebas dari berbagai ancaman dan infeksi dan dapat membuang limbah dengan baik dan optimal. 

Kopi

Dalam sebuah studi menunjukan bahwa kopi dapat membantu untuk menurunkan risiko sirosis pada orang dengan penyakit hati kronis. Maka, mengkonsumsi kopi dapat membantu melancarkan sistem pencernaan juga, yang mana tidak secara langsung akan melancarkan sistem pencernaan. Kamu tidak boleh mengonsumsi minuman satu ini secara berlebihan. 

Bawang Putih

Berikutnya adalah bawang putih, bawang putih memiliki sifat anti inflamasi. Bumbu dapur satu ini dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Nah, kolesterol satu ini merupakan salah satu bentuk limbah yangs eirng ditemui di dalam darah loh. Sehingga dengan mengkonsumsi atau menggunakan bawang putih dalam menu masakan apapun akan dinilai baik dan bermanfaat dalam mendukung pembersihan darah kotor. 

Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan serat larut pektin did lama jumlah nya. Semnetara unuk bisa mengatur kadar gula draha seseornag. Buah apel bekerja dengan kadar gula darah dalam tubuh.

Sementara itu, kadar gula yang tinggilah yang dapat merusak fungsi yang akan mengganggu fungsi dari ginjal sendiri. Maka, konsumsilah apel sebagai salah satu jenis makanan pembersih darah kotor, kamu dapat mengkonsumsinya dalam bentuk buah langsung atau mengolahnya menjadi jus. 

Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang bekerja dengan cara detoksifikasi yang baik, sehingga dapat membantu membersihkan darah kotor. Teh hijau akan melancarkan sistem pencernaan, bersamaan dengan mengangkat sisa-sisa makanan dan racun di dalam tubuh maupun di dalam darah. Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa teh hijau dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan hati dan mengurangi timbunan lemak di organ tersebut. 

Teh Rosella

Selanjutnya kamu dapat mengkonsumsi teh rosella atau kembang sepatu yang memiliki efek diuretik dalam tubuh. Hal ini dapat membantu tugas untuk penyaringan ginjal juga, maka nantinya sistem pencernaan juga akan lancar. Kemudian ketika fungsi ginjal bekerja dengan baik maka kondisi darah dalam tubuh akan bersih juga. 

Bit

Bit merupakan salah satu sumber alami dari nitrat dan bersifat antioksidan,sehingga dapat mengurangi peradangan di hati. Dikutip dari NDTV, dimana sebagian besar penelitian menunjukan bahwa jus bit mampu membantu dan meningkatkan produksi dari enzim secara alami, sehingga mampu mendorong proses detoksifikasi darah didalam tubuh. 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang sehat dan bermanfaat untuk membersihkan darah. Seperti yang kita ketahui bahwa sayuran hijau ini memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Sayuran hijau ini bisa kamu konsumsi mulai dari bayam, sawi, kangkung selada dan dapat membantu memastikan agar aliran darah dalam tubuh berjalan dengan lancar. Karena sayuran hijau memiliki tanggung jawab dan fungsi untuk membantu meningkatkan enzim di hai yang akan membantu proses detoksifikasi darah dalam tubuh. 

Darah kotor bisa disebabkan oleh berbagai hal, kondisi darah yang kotor atau disebut dengan hipoksia atau hipoksia. Penyebabnya bisa dikarenakan adanya gangguan anaemia, gangguan jantung, Emfisema, Serangan asma, Dehidrasi, Pola makan yang tidak sehat. 

Nah, demikian pembahasan mengenai beberapa jenis makanan yang berfungsi sebagai pembersih darah kotor dalam tubuh. Selain itu kamu harus memahami penyebab dan diagnosis dari darah kotor yang ada didalam tubuh kamu. Sehingga bisa mengetahui cara membersihkan darah kotor dengan cepat dan optimal.