Thursday, 18 Jul 2024

8 Makanan Untuk Kesehatan Telinga

5 minutes reading
Sunday, 12 Feb 2023 15:34 0 476 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Hampir setiap orang pastinya sudah mencoba mendengarkan musik dengan  menggunakan headset dan bahkan dengan volumenya yang kencang, sebenarnya hal tersebut kurang baik sehingga perlu untuk mengurangi kebiasaan tersebut dan kamu juga perlu mengetahui beberapa makanan untuk kesehatan telinga.

Dengan mendengarkan musik dengan volume yang kencang atau bahkan menggunakan headset yang bisa mengurangi kemampuan mendengar, selain itu juga kebiasaan ini yang dapat mengganggu keseimbangan tubuh.

Untuk menjaga kesehatan telinga selain dengan mengurangi kebiasaan mendengarkan kebisingan dan salah satunya menggunakan headset, kamu juga bisa dengan mencoba mengkonsumsi berbagai makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan telinga.

untuk kamu yang belum tahu dan penasaran dengan apa saja makanan untuk kesehatan telinga yang bisa kamu konsumsi untuk selalu menjaga kesehatan telinga, maka kamu bisa dengan simak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Makanan Untuk Kesehatan Telinga

Makanan Untuk Kesehatan Telinga

Untuk kesehatan pendengaran tentu saja perlu kita jaga salah satunya dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang baik untuk kesehatan telinga, mengkonsumsi makanan yang seimbang kaya akan nutrisi didalamnya yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan dan juga meningkatkan kesehatan telinga.

Sebuah penelitian yang menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu menurunkan risiko terjadinya gangguan pendengaran sampai 30%, untuk itu berikut beberapa makanan untuk kesehatan telinga yang bisa kamu konsumsi yaitu sebagai berikut:

Ikan Salmon

Ikan salmon yang mengandung omega-3 didalamnya yang sangat ampuh untuk membantu menajamkan pendengaran, dan juga meminimalisir risiko terjadinya gangguan pendengaran yang seiring dengan bertambah usia.

Dengan mengkonsumsi ikan salmon dalam dua kali seminggu  yang dapat menurunkan sekitar 42% peluang terganggu sistem pendengaran, selain itu juga kandungan omega -3 di dalam ikan salmon yang dapat membantu memperkuat aliran darah di dalam sistem sensori pendengaran.

Jeruk

Jeruk yang mengandung vitamin C dan vitamin E di dalamnya yang memiliki peran dalam mencegah terjadinya kerusakan pada sistem pendengaran, selain itu juga kandungan vitamin C dan E ini yang akan meningkatkan ketajaman pendengaran dengan melindungi sel telinga bagian dalam dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Sehingga dengan begitu buah Jeruk ini yang bisa membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga menurunkan resiko terjadinya infeksi telinga, untuk merasakan manfaatnya kamu bisa mengkonsumsi buah Jeruk secara rutin.

Jamur

Dengan mengkonsumsi jamur secara rutin yang dipercaya bisa membantu dalam menjaga kesehatan telinga dengan meningkatkan ketajaman pendengaran, manfaat ini yang berasal dari kandungan vitamin D didalam jamur yang dapat mencegah dari berbagai macam gangguan terjadi di telinga.

Dengan kekurangan asupan vitamin D yang bisa membuat tiga tulang di bagian tengah telinga yang dapat melunak dan juga melemah dan ini dapat mempengaruhi ketajaman pendengaran, sehingga dengan begitu mengkonsumsi jamur yang bisa memenuhi asupan vitamin D yang akan meningkatkan pendengaran.

Cokelat Hitam

Untuk makanan untuk kesehatan telinga yaitu mengkonsumsi coklat yang akan membantu untuk melawan infeksi telinga dan juga menjaga kesehatan sistem pendengaran, dimana dark chocolate merupakan makanan yang kaya akan seng yang memiliki peran untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sehingga dengan begitu coklat hitam pekat ini yang bisa kamu konsumsi untuk membantu pertumbuhan sel dan juga melawan infeksi telinga, dengan begitu maka kesehatan sistem pendengaran kamu yang senantiasa akan terjaga.

Pisang

Buah Pisang merupakan salah satu buah yang lezat dan manis yang memiliki fungsi untuk meningkatkan ketajaman pendengaran, manfaat ini yang berasal dari kandungan kalium dalam buah Pisang yang banyak dapat menjaga sistem pendengaran berfungsi dengan baik.

Kandungan kalium yang memiliki peran untuk mengatur cairan didalam darah dan juga jaringan tubuh salah satunya pada telinga bagian dalam, senyawa ini yang dibutuhkan dalam memproses suara menjadi impuls saraf yang dikirimkan ke otak.

Kentang

Makanan untuk kesehatan telinga lainnya yaitu kentang dimana kentang yang mengandung magnesium di dalamnya yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan telinga, senyawa ini yang diyakini bisa membantu melawan efek radikal bebas yang disebabkan suara keras pada bagian dalam telinga.

Dengan  mengkonsumsi kentang secara rutin yang bisa membantu dalam melancarkan aliran darah dan juga untuk menghindari dari penyusutan yang diakibatkan oleh kekurangan oksigen.

Brokoli

Memperbanyak mengkonsumsi brokoli yang bisa membantu untuk menghambat terjadinya gangguan pendengaran dan meningkatkan ketajaman pendengaran, manfaat ini berasal dari kandungan asam folat yang terkandung di dalam brokoli yang dapat menyehatkan sistem pendengaran.

Selain itu juga kandungan asam folat yang bisa membantu untuk menguraikan homocysteine, komponen yang penyebab inflamasi yang dapat menghambat sirkulasi, sirkulasi ini yang sangat penting dalam menjaga sel rambut telinga dan juga bagian dalam telinga agar berfungsi dengan baik dan menjadi lebih sehat.

Kacang Mede

Kacang mede merupakan salah satu makanan untuk kesehatan telinga yang berasal dari kandungan zinc didalamnya yang memiliki peran dalam pertumbuhan sel dan penyembuhan luka serta untuk meningkatkan sistem imun tubuh, dengan asupan zinc didalam tubuh yang dapat mengusir virus dan kuman yang akan menyebabkan infeksi telinga.

Sehingga dengan begitu mengkonsumsi kacang mede menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu menjaga kesehatan telinga, dimana kacang mede yang mengandung zinc sekitar 28 gram yang akan memenuhi kebutuhan zinc harian di dalam tubuh sekitar 15%.

Mungkin hanya itu saja beberapa makanan untuk kesehatan telinga yang bisa kamu coba konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya dalam menjaga kesehatan sistem pendengaran, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.