Monday, 15 Apr 2024

8 Makanan Untuk Orang Sakit Lambung

6 minutes reading
Monday, 12 Feb 2024 19:25 0 51 Muti Karya

Nesiaverse.com – Bagi orang yang memiliki permasalahan dan sakit lambung, tentunya dan jenis makanan khusus untuk dikonsumsi bahkan dapat mendukung pemulihannya. Karena jika permasalahan lambung tentunya harus berhati-hati dalam mengkonsumsi jenis makanan. 

Sakit lambung muncul disertai dengan gejala berupa dadanya sensasi terbakar di area dada hingga mual-mual. Permasalahan satu ini dapat kamu atasi dengan mengonsumsi jenis makanan untuk meredakan asam lambung atau makanan khusus penderita asam lambung. 

Asam lambung sendiri dapat terjadi karena berbagai macam faktor pemicu, mulai dari naiknya asam lambung ke kerongkongan karena makanan. Sehingga memang penting untuk mengetahui jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk orang yang sakit lambung

Makanan Untuk Orang Sakit Lambung

Makanan Untuk Orang Sakit Lambung

Ketika asam lambung naik, maka akan muncul sensasi dan rasa pahit di dalam mulut. Gejala lainnya adalah terasa mual, muntah hingga sensasi panas pada perut dan mengalirnya makanan hingga ke kerongkongan. 

Jika membahas soal asam lambung yang berlebihan, maka tidak sedikit orang menyamakan penyakit asam lambung ini dengan maag. Padahal kenyataannya dua penyakit ini adalah hal yang berbeda. 

Sementara itu, salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya gejala penyakit tersebut adalah, dengan memperbaiki menu makanan harian dan asupannya. Kamu dapat memulainya dengan berfokus pada jenis makanan untuk orang sakit lambung. 

Dimana makanan untuk orang sakit lambung ini tentunya adalah makanan yang aman dan juga dapat membantu untuk meredakan permasalahan sakit lambung karena asam lambung dan lainnya.

Nah, langsung saja, berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh orang yang sakit lambung. 

Daging Tanpa Lemak

Makanan Untuk Orang Sakit Lambung

Di posisi pertama makanan yang dapat dikonsumsi oleh orang yang sakit lambung adalah daging tanpa lemak. Dimana daging yang berlemak tinggi merupakan salah satu pemicu naiknya kadar asam lambung. Sehingga kamu dianjurkan mengonsumsi daging tanpa lemak. 

Bagi pengidap asam lambung, sebaiknya kamu memilih jenis daging rendah lemak yang tentunya mudah dicerna oleh lambung. Nah, kamu harus memperhatikan juga cara mengolahnya yang tepat. 

Pastikan mengonsumsi jenis daging yang diolah dengan cara sehat, misalnya direbus, dikukus ataupun dibakar. Hindari konsumsi daging dengan cara yang tidak sehat, hal ini justru dapat memperparah kondisi dari penyakit lambung yang kamu alami. 

Pepaya

Makanan Untuk Orang Sakit Lambung

Pepaya merupakan salah satu jenis makanan yang bekerja sebagai pencahar alami bagi tubuh. Makanan satu ini dapat dikonsumsi untuk mengatasi sakit lambung, yang mana mampu meredakan gejala dari gangguan lambung itu. 

Manfaat satu ini terjadi karena adanya enzim papain di dalam buah pepaya. Manfaat yang diberikan oleh enzim ini akan bekerja dengan mencerna protein di dalam lambung, khususnya ketika terjadi kekambuhan dari gejala asam lambung atau sakit lambung yang dirasakan. 

Yoghurt

Makanan Untuk Orang Sakit Lambung

Meskipun memiliki rasa asam, yoghurt merupakan salah satu makanan untuk penderita penyakit lambung seperti asam lambung. Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya, karena yoghurt ini bekerja untuk menetralisir gejala yang muncul. Selain itu ada manfaat baik yang terjadi berkat proses fermentasi dari makanan. 

Dalam studi yang berjudul Gastric microbiota in the functional dyspepsia patients treated with probiotic yogurt yang dipublikasikan oleh BMJ Open Gastroenterology yang menemukan, bahwa yoghurt memiliki kandungan prebiotik yang dapat membantu untuk mengatasi gejala asam lambung. 

Namun, memang hingga saat ini penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan guna menganalisis mikroba lambung atau untuk menjelaskan dari mekanisme yang mendasarinya. 

Ikan

Makanan Untuk Orang Sakit Lambung

Ikan memiliki kandungan kadar asam dan lemak yang rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap asam lambung. Ada beberapa jenis ikan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit lambung, diantaranya ikan salmon, ikan lele, ikan tongkol, ikan sarden dan ikan gurame. 

Kamu tentunya harus memperhatikan cara pengelolaan yang baik dan sehat, dimana sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan bumbu asam atau pedas. Hindari juga cara memasak dengan menggorengnya, karena kandungan minyak tersebut dapat memicu naiknya kadar asam lambung.

Apel

Berikutnya adalah jenis buah-buahan yang menjadi salah satu makanan yang cocok dikonsumsi penderita sakit lambung, yaitu Apel. Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan merupakan salah satu sumber kalium, kalium dan magnesium yang baik. 

Semua nutrisi di dalam buah apel ini memiliki manfaat untuk meredakan gejala asam lambung dengan cara menetralisirnya. Namun pastikan untuk tidak memilih apel yang memiliki warna hijau, karena apel hijau ini memiliki rasa yang cenderung sangat asam. 

Konsumsilah apel merah untuk kamu sebagai penderita penyakit lambung. Dengan begitu dapat meredakan gejala sakit asam lambung yang kamu rasakan. Namun, perhatikan jumlah yang kamu konsumsi, dan konsumsilah buah apel utuh bukan olahannya. 

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran sebagai salah satu makanan yang cocok dikonsumsi seorang yang menderita penyakit lambung. Kamu dapat mengkonsumsi kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, asparagus dan kol. Sayuran jenis ini dapat membantu untuk mengatasi permasalahan lambung juga. 

Sayuran-sayuran tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi dan mampu membantu untuk menurunkan kadar asam lambung yang melonjak. Dengan begitu tentunya akan mudah bagi kamu penderita asam lambung untuk mengetahuinya dan menjadi sehat kembali. Apalagi jika dijadikan referensi menu harian. 

Dalam mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, kamu dianjurkan untuk memeratakan cara pengolahan yang tepat. Pastikan kamu mendapatkan manfaatnya, dan perhatikan juga porsi yang kamu konsumsi agar tidak berlebihan juga, karena tidak baik. 

Lidah Buaya

Siapa sangka jika lidah buaya tidak sekedar memiliki manfaat untuk kecantikan saja, namun lidah buaya juga menjadi jenis makanan untuk mengatasi sakit lambung. Lidah buaya memang dapat diolah menjadi jenis makanan yang sehat, salah satunya untuk mengatasi sakit lambung. 

Lidah buaya yang diolah ini dapat mengatasi dan berkhasiat sebagai penyembuh alami penyakit lambung. Dalam mengkonsumsinya kamu dapat mencampurnya dalam jus ataupun makanan kemudian dikonsumsi.

Semangka

Terakhir adalah semangka menjadi salah satu jenis makanan untuk penderita penyakit lambung atau asam lambung. Hal ini dikarenakan semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan air dan bersifat basa. 

Karena sifat basa dari buah semangka ini mengkonsumsinya justru dapat membantu untuk menetralkan asam lambung yang dialami. Sehingga bagi kamu yang memiliki permasalahan asam lambung dapat mengkonsumsi buah semangka. 

Selain buah semangka, ada beberapa jenis buah lainya yang baik dikonsumsi bagi orang yang sakit lambung, misalnya buah apel, buah pir dan buah lemon. Namun, dalam mengkonsumsinya kamu dianjurkan untuk memperhatikan porsi dan harus mengonsumsi buahnya bukan olahan dari buahnya. 

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk orang yang sakit lambung, seperti asam lambung. Dengan memperhatikan dan memasukannya sebagai deretan referensi menu makanan sehari-hari tentunya akan mendukung proses pemulihan sakit lambung yang dialami. 

Jangan membiarkan asam lambung yang naik mengganggu aktivitas dan produktivitas kamu dalam menjalani hari-hari. Jika kamu sudah melakukan penangan dari segi makanan, namun masih mengalami gangguan alangkah baiknya segera melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan ahlinya.