Wednesday, 17 Jul 2024

11 Makanan Untuk Tubuh Ectomorph Agar Berat Badan Naik

6 minutes reading
Tuesday, 12 Sep 2023 01:49 0 243 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada seseorang yang memiliki tubuh ectomorph, dimana membutuhkan jenis makanan khusus untuk menambahkan berat badan. Orang ectomorph sendiri merupakan golongan orang yang memiliki kesulitan untuk menambahkan berat badan. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme dalam tubuhnya bekerja dengan eat dan tinggi. Sehingga segala jenis makanan yang dikonsumsi, akan segera diproses dalam proses metabolisme tersebut. 

Ada jenis orang yang makan apapun namun tidak mengalami penambahan berat badan, bahkan cenderung tetap stabil. Bisa jadi hal ini dikarenakan seseorang tersebut merupakan orang yang memiliki tipe tubuh ectomorph yang memiliki sistem metabolisme yang tinggi. Meskipun terdengar baik, justru hal ini dapat menyebabkan seorang dengan tubuh ectomorph bisa terserang penyakit tertentu. Sehingga, banyak dari mereka yang membutuhkan rekomendasi makanan untuk tubuh ectomorph. 

Daftar Makanan Untuk Tubuh Ectomorph

Bila kamu pernah melihat seseorang yang memiliki nafsu dan porsi makan yang besar namun badannya kurus, maka bisa jadi kondisi tersebut karena ectomorph. Secara genetik, ada golongan orang yang mengalami ectomorph yang mana tubuhnya akan mengalami kesulitan untuk menambah berat badan. Hal ini dikarenakan seorang yang ectomorph memiliki laju metabolisme tubuh yang sangat tinggi. Sehingga segala asupan dalam tubuh tidak akan terendam dalam tubuh atau menumpuk. 

Meskipun begitu, seseorang yang memiliki metabolisme yang cukup tinggi, orang ectomorph tetap bisa menambahkan berat badannya. Selain harus mengkonsumsi banyak makanan, kamu dapat mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Sehingga dapat mendukung proses pertambahan berat badan dengan cepat juga. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis makanan yang dapat membantu pertambahan berat badan seseorang dengan tubuh ectomorph lebih cepat lagi. 

Nasi

Jenis makanan pertama yang direkomendasikan untuk soernag dengan kondisi tubuh ectomorph, adalah nasi. Nasi merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Nasi adalah pilihan utama bagi para orang yang memiliki kondisi tubuh ectomorph untuk menambahkan berat badan dengan cepat.

Dalam 150 gram nasi putih yang matang, kamu akan mendapatkan asupan 40 gram karbohidrat dengan total kalori sebanyak 180 kkal. Sehingga mengkonsumsi nasi menjadi salah satu pilihan tepat untuk menambahkan berat badan dengan cepat. Selain itu kamu dapat memperhatikan porsi dan frekuensi dalam makan nasi. Kau dapat mengkonsumsi nasi setiap kali jam makan pagi atau sarapan, makan siang hingga makan malam dengan porsi normal kamu.

Dada Ayam

Selanjutnya makanan untuk kondisi tubuh ectomorph adalah dada ayam. Dada ayam memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi jika dikonsumsi sebagai penambah berat badan. Dalam 180 gram dada ayam, kamu bisa mendapatkan 53 gram protein, 14 gram lemak hingga dapat menghasilkan 351 kkal, berdasarkan cara pengolahannya.

Kandungan dada ayam sendiri memang sangat tinggi, menjadi salah satu menu favorit bagi para binaragawan yang melakukan program menambah berat badan. Kamu dapat mengkonsumsinya sebagai menu makanan untuk kondisi tubuh ectomorph, bahkan dapat mengkonsumsinya bersamaan dengan kentang goreng atau nasi putih hangat. 

Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu jenis makanan yang banyak digemari orang-orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi makanan khas jepang, yaitu sushi. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan nutrisi dan juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram ikan salmon, kamu memiliki kandungan 22 gram protein, 6 gram lemak yang jika dijumlahkan kamu bisa mendapatkan 146 kalori di dalamnya. 

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cocok untuk dikonsumsi sebagai salah satu jenis minuman maupun makanan untuk seseorang dengan kondisi tubuh ectomorph. Buah satu ini menjadi salah satu buah yang digemari banyak orang. Buah alpukat memiliki rasa yang enak dan jumlah kalori yang tinggi. 

Sehingga mengkonsumsi buah alpukat cocok untuk menambahkan berat badan dengan cepat. Dalam satu buah alpukat kamu bisa mendapatkan kandungan lemak sebesar 29 gram, karbohidrat sebanyak 17 gram dan protein sebanyak 4 gram. Jumlah kalori total dari buah alpukat adalah 322 kalori. Maka, selain sehat, buah alpukat dapat mendukung program penambahan berat badan dengan mudah.

Coklat

 Coklat adalah salah satu jenis makanan yang bisa kamu konsumsi bagi salah satu makanan untuk kondisi tubuh ecomorph. Yang mana cokelat memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Dalam 100 gram cokelat kamu akan mendapatkan asupan karbohidrat sebanyak 59 gram, lemak 3 gram, protein 2 gram yang mana jumlah totalnya akan menghasilkan 505 kalori. 

Smoothies Protein

Dikutip dari healthline.com, yang mana salah satu jenis makanan yang dapat menambah berat badan, bagi tubuh ectomorph adalah smoothies protein. Smoothies protein adalah salah satu jenis makanan bergizi yang dapat kamu manfaatkan untuk menambah berat badan secara cepat. Karena smoothies protein sendiri memiliki kandungan protein dan lemak yang baik untuk menambahkan berat badan dengan cepat.

Namun, dalam mengkonsumsi smoothies kamu harus mengetahui bahwa ada jenis smoothies komersial yang cenderung mengandung tambahkan gula yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga tugas kamu adalah untuk mencari smoothie protein yang sehat dan terhindar dari gula.

Daging Merah

Berikutnya ada daging merah yang bermanfaat untuk mendukung peningkatan berat badan pada seseorang dengan kondisi tubuh ectomorph. Daging merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan protein yang baik untuk membantu tubuh mendapatkan otot. Kandungannya sendiri ada leusin, asam amino yang akan bekerja untuk membantu merangsang sintesis protein otot tubuh.

Kentang dan Pati

Kentang dan makanan bertepung memang menjadi salah satu jenis makanan yang berfungsi untuk membantu penambah berat badan dengan cepat. Selain itu memiliki harga yang murah dan mudah dicari menjadi nilai ekstraknya.Pati sendiri pada dasarnya kaya akan kandungan serat dan nutrisi yang penting, dan mampu bekerja untuk meningkatkan asupan kalori, meningkatkan simpanan glikogen pada otot juga. Dengan demikian kentang dan pato masuk ke deretan makanan untuk mendukung penambahan berat badan pada seseorang dengan kondisi tubuh ectomorph.

Kacang-Kacangan 

Kacang-kacangan merupakan salah satu cemilan atau jenis makanan yang dapat membantu kondisi tubuh ectomorph mengalami peningkatan berat badan secara signifikan. Kamu dapaat mengonsumsi olehannay misalnya dalma bentuk selai kacang. Selain itu kamu dapat mengolahnya kembali dengan tambahan mentega dan digunakan dalam berbagai jenis makanan ringan maupun resep lainnya. 

Susu

Selanjutnya ada susu yang bisa kamu konsumsi untuk penambah berat badan, meskipun tubuh dalam kondisi ectomorph. Susus memberikan skesiembangand na asupan protein, karbohidrat, lemak bagi tubuh. Kalsium yang dikandung oleh susu sangat baik, selain itu terdapat vitamin dan mineral di dalamnya. Kamu juga dapat mengkonsumsi susu dengan kandungan protein kasein dan whey. 

Yogurt Tinggi Lemak

Yogurt yunani merupakan jenis yogurt dengan kandungan lemak yang tinggi. Camilan sehat satu ini dapat membantu peningkatan berat badan dengan cepat. Dalam setiap 6 ons yogurt penuh atau tinggi lemak yang polos, kamu akan mendapatkan 165 kalori disertai 15 gram protein di dalamnya. Sehingga menu satu ini cocok dikonsumsi untuk meningkatkan berat badan dengan cepat. 

Demikian beberapa rekomendasi makanan untuk membantu tubuh ectomorph untuk meningkatkan berat badan dengan cepat. Dengan mengonsumsi jenis makanan diatas, maka akan mudah untuk meningkatan berat badan yang dibawah rata-rata. Sertai dengan aktivitas olahraga ringan dan asupan vitamin untuk mendukung proses penambahan berat badan secara maksimal.