Saturday, 22 Jun 2024

9 Olahraga Untuk Tubuh Ectomorph

7 minutes reading
Tuesday, 12 Sep 2023 01:54 0 92 Muti Karya

Nesiaverse.com – Jika kamu termasuk seseorang dengan tubuh ectomorph, maka kamu membutuhkan jenis olahraga untuk membentuk tubuh agar tampak lebih berisi dan berbentuk. Sering kali seseorang dengan tubuh ectomorph mengeluh dimana bentuk badannya sulit sekali menggemukkan badan dan menambah massa otot. Hal ini bisa kamu kali dengan jenis olahraga yang tepat. 

Tidak jarang seseorang dengan tubuh ectomorph melakukan berbagai cara untuk menambah berat badannya. Seorang yang memiliki bentuk tubuh ectomorph akan merasa percuma jika melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan berat badan hanya dari segi porsi. Hal ini dikarenakan makanan akan segera langsung dicerna dan tidak meninggalkan cadangan atau pengendapan lemak dalam tubuh. 

Olahraga Untuk Tubuh Ectomorph

Olahraga Untuk Tubuh Ectomorph

Seseorang dengan tubuh ectomorph memang memiliki permasalahan dalam menambahkan berat badan yang jauh lebih sulit. Namun, hal ini bukanlah satu hal yang mustahil, dimana kamu tetap bisa meningkatkan berat badan dengan cara memperbaiki pola dan jenis makanan disertai jenis olahraga yang tepat. 

Dilansir dari halaman Muscle and Strength, latihan fisik atau olahraga berdasarkan tipe tubuh ectomorph sendiri haruslah olahraga yang singkat namun itens. Dimana jenis olahraga yang cocok bagi seseorang dengan tubuh ectomorph ini harus fokus pada kelompok otot besar. Dalam beberapa jenis latihan yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah kardio, squat, angkat beban dan deadlift. 

Dalam melaksanakan kegiatan olahraga untuk memperbaiki komposisi tubuh ectomorph adalah harus melakukannya secara rutin dan konsisten. Kamu tidak perlu berlatih terlalu keras, namun kamu harus memberikan batasan maksimal sebanyak 3 hingga 4 kali latihan dalam seminggu, dengan durasi 45-60 menit setiap latihannya.

Sebelumnya kamu harus mengetahui bahwa ectomorph sendiri adalah seseorang dengan bagian tubuh bahu dan pinggul yang sempit. Sementara kaki dan lengan panjang dan ramping, disertai dengan struktur tulang kecil dan lemak tubuh yang sedikit. Tipe tubuh ectomorph sendiri memang akan sulit menambahkan berat badan. 

Seseorang dengan tubuh ectomorph sendiri baik dengan latihan kardiorespirasi, yang mana memiliki rangka yang ringan mempermudah gerakannya. Namun, seseorang dengan ectomorph memiliki kesulitan dalam massa otot yang membentuk tubuh. Bahkan memiliki risiko penurunan kadar lemak tubuh yang tidak sehat. Ada beberapa tips yang dapat kamu perhatikan dalam menjalani aktivitas olahraga untuk tubuh ectomorph yang dapat kamu perhatikan.

  • Lakukan jenis olahraga split, dimana kamu hanya melibatkan satu atau dua bagian tubuh namun dengan latihan resistensi per sesinya. Jenis latihan satu ini memiliki tujuan untuk melatih setiap bagian tubuh secara intens
  • Dapatkan waktu istirahat yang cukup di antara latihan kekuatan. Hal ini bertujuan untuk pemulihan otot sekaligus pebriyana dan adaptasi yang bekerja secara optimal atau 48 hingga 72 jam lamanya. 
  • Gunakan gerakan dengan kekuatan dasar yang berat dan menargetkan jaringan otot dalam tubuh. 
  • Lakukan pengulangan 15 hingga 20 dalam repetisi sebanyak 3 hingga 4 set setiap latihan. 
  • Pertahankanlah jenis latihan kardiorespirasi seminimal mungkin, yaitu sebanyak 3 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk membantu membentuk dan mengembangkan lebih banyak otot dalam tubuh. 
  • Perhatikan asupan protein dan karbohidrat yang baik dalam tubuh.

Berikut beberapa jenis olahraga yang cocok untuk tubuh ectomorph yang bisa kamu praktikan dan jadikan referensi sebagai menu olahraga..

Push Up

Olahraga Untuk Tubuh Ectomorph

Push up merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membentuk massa otot atau tubuh. Push up adalah jenis olahraga yang tidak membutuhkan peralatan tambahan. Gerakan push up memang sederhana, dimana kamu hanya perlu menghadap ke lantai dengan meletakan kedua tangan di sebelah badan. 

Kamu akan berlatih untuk menjaga postur tubuh agar punggung dan kaki tetap lurus. Sehingga gerakan inilah yang akan membantu memperbaiki postur tubuh dan dalam jangka waktu lama pembentukan otot dan massanya akan meningkat. 

Pull Up

Olahraga Untuk Tubuh Ectomorph

Selain push up, pull up juga dapat membantu untuk menaikan berat badan dan cocok dilakukan seseorang dengan tubuh ectomorph. Pull up merupakan jenis olahraga yang mana kamu membutuhkan benda kokoh untuk menempel di dinding ataupun menggunakan pull up bar. Kamu bisa mendapatkannya di toko olahraga. 

Gerakan pull up ini tentunya akan melatih tubuh bagian atas, karena gerakan yang aktif di area tersebut. Sehingga akan membantu kamu untuk meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh juga. Gerakan satu ini memanglah tidak mudah bagi pemula, namun jika kamu melatihnya secara konsisten tentunya akan mudah dna ahli pada waktunya. 

Lunges

Lunges merupakan jenis olahraga yang tidak memerlukan peralatan tambahan. Kamu dapat melakukannya di rumah dengan mudah. Gerakan satu ini akan membantu kamu untuk mengencangkan otot di area kaki dan bokong. Sehingga Dengan melakukan kegiatan olahraga dengan gerakan lunges ini akan memberikan bentuk dan volume otot di area terkait. Lakukan gerakan lunges ini sesuai dengan kemampuanmu, sehingga terhindar dari risiko cedera. 

Berenang

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan berat badan dengan cara memperbesar otot pada tubuh. Nantinya otot pada tubuh ectomorph akan dipaksa untuk melawan beban di dalam air. Sehingga proses inilah yang akan mendorong otot mengalami peregangan dan menjadi lebih kuat lagi. Sehingga berenang akan memberikan efek dimana tubuh akan membangun otot lebih cepat dibedakan dengan latihan kardio, seperti berlari. 

Latihan Beban

Latihan beban mengajar salah satu olahraga untuk tubuh dengan kondisi ectomorph. Latihan beban ini bisa menaikkan berat badan yang menjadi salah satu permasalahan seseorang yang kesulitan menaikan berat badan. Saat melakukan gerakan latihan angkat beban ini, lemak akan terbakar dan massa otot akan semakin meningkat atau semakin besar. 

Tidak hanya berita badan yang akan meningkat saja, namun tentunya penampilan kamu akan lebih berbentuk dan menjadi lebih kuat. Karena adanya proses pembesar massa otot. Maka, secara otomatis berat badan kamu akan meningkat secara drastis

Bench Press

Olahraga yang bisa kamu manfaatkan lainnya adalah bench press. Olahraga satu ini akan membantu untuk memperkuat otot pada bagian dada, pundak dan trisep. Sehingga otot bagian atas akan mengalami pengembangan. Karena fokus dar bench press ini adalah otot trisep maka kamu akan diminta melakukan beberapa set angkat beban. Gerakan satu ini sangat bermanfaat untuk mendukung proses penambahan berat badan dengan cepat.

Boxing

Boxing merupakan salah satu olahraga yang bekerja dengan cepat menaikkan massa tubuh. Dengan melakukan aktivitas olahraga satu ini, akan membantu mengisi tubuh dengan kondisi ectomorph satu ini. Kamu dapat melakukan boxing secara rutin untuk mendapatkan massa otot yang meningkat secara drastis. 

Dalam satu sesi latihan boxing, kamu akan melibatkan seluruh otot pada tubuh, khususnya pada bagian tubuh area perut dan bahu. Dengan konsisten menjalankan olahraga boxing, maka berat badan kamu akan berangsur naik dengan signifikan. 

Squad

Squad dapat membantu kamu untuk menambahkan berat badan dengan cepat. Olahraga satu ini sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu melakukan gerakan squad secara rutin untuk hasil yang sempurna. Jika kamu belum terbiasa melakukan gerakan squad, maka kamu harus melakukannya secara perlahan dan resistansi yang rendah. Karena dapat menimbulkan cedera jika kamu melakukannya dengan gerakan yang salah. 

Dalam beberapa kasus melakukan gerakan squad secara berlebihan juga dapat menimbulkan cedera. Maka, kami menyarankan untuk melakukan gerakan olahraga squad secara bertahap. Kamu dapat memulainya dari gerakan 3 kali, naik ke 5 kali hingga naik lagi ke 10 kali. Tubuh akan melakukan adaptasi, sekaligus terjadinya proses pembentukan massa otot secara optimal. 

Zumba

Teori, ada jenis olahraga yang menyerupai aerobik, yaitu zumba. Zumba merupakan salah satu cabang senam yang menggabungkan aliran oleharag dengan genre musik tertentu. Gerakan zumba ini akan menuntut banyak energi yang keluar. Namun juga dapat meningkatkan massa otot dalam tubuh. 

Karena pada dasarnya gerakan zumba sendiri akan menggunakan otot dalam tubuh secara maksimal, maka akan terjadi peningkatan massa otot. Dengan demikian jenis olahraga zumba direkomendasikan bagi orang dengan tubuh ectomorph. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis olahraga yang cocok untuk tubuh ectomorph. Selain memperhatikan pola makan dan jenis makanan peningkat berat badan, kamu juga harus memperhatikan jenis aktivitas olahraga yang dilakukan. Sehingga proses peningkatan berat badan akan berlangsung dengan baik dan sehat.