Monday, 17 Jun 2024

Manfaat Air Rendaman Kurma untuk Asam Lambung

5 minutes reading
Sunday, 30 Apr 2023 08:14 0 209 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Menjelang Ramadan buah Kurma ini yang sering dikonsumsi pada saat berbuka puasa dan juga sahur, selain dengan dikonsumsi secara langsung buah Kurma juga yang bisa dengan membuat air rendaman Kurma dan ini bisa memberikan manfaat untuk asam lambung.

Buah Kurma (Phoenix dactylifera L) merupakan salah satu jenis tumbuhan palem dengan memiliki buah berbentuk kecil yang rasanya yang manis, tanaman tradisional yang penting di Arab, Turki, Irak, Afrika Utara hingga ke Maroko.

Namun sekarang buah Kurma ini yang sudah tersebar di berbagai negara di pasaran dengan memiliki harga yang murah, selain rasanya yang manis namun buah ini juga yang memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh.

Kurma ini yang memberikan manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh dan ini memang sudah banyak orang yang mengetahuinya, manfaat ini yang tentu saja berasal dari kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah ini yang berperan untuk memenuhi asupan nutrisi harian.

Untuk kandungan yang terdapat didalam buah Kurma ini yang sangat beragam, dalam porsi 3,5 ons atau setara 100 gram buah Kurma ini yang mengandung nutrisi didalamnya seperti tinggi kalori, karbohidrat, gula, serat, protein, tembaga, kalium, vitamin B6, magnesium, zat besi, selenium dan juga folat.

Manfaat Air Rendaman Kurma Untuk Asam Lambung

Manfaat Air Rendaman Kurma untuk Asam Lambung

Sudah bukan rahasia lagi jika buah Kurma ini yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan hanya dengan mengkonsumsinya secara langsung, namun air rendaman kurma juga yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan terutama untuk asam lambung.

GERD atau asam lambung sendiri yang merupakan salah satu kondisi tubuh yang disebabkan oleh kegagalan sfingter esofagus untuk menutup dengan benar, dengan kurangnya penutupan ini sehingga memungkinkan asam di dalam lambung yang naik ke tenggorokan.

Beberapa orang yang menganggap jika buah Kurma ini yang dijadikan sebagai salah satu pilihan yang sangat bagus untuk penderita asam lambung atau GERD, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat didalam buah Kurma ini yang digunakan untuk memudahkan dan juga pilihan aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

Untuk bisa mengkonsumsi buah Kurma ini yang dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan merendamnya di dalam air selama semalaman, hal ini yang tentu saja akan memberikan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Dimana air rendaman Kurma atau air nabeez ini yang mirip dengan infused water yang pada umumnya hal ini karena air nya yang menggunakan buah yang direndam didalam air tersebut selama semalaman untuk dapat memberikan rasa dan aroma pada air tersebut.

Dengan minum air rendaman kurma ini yang dipercaya bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan juga segar, selain itu juga mengandung nutrisi yang mengandung banyak manfaatnya untuk kesehatan adapun untuk beberapa manfaat air rendaman Kurma untuk asam lambung yaitu sebagai berikut:

Mengandung Serat yang Tinggi

Air rendaman kurma ini yang memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya yang dibutuhkan untuk membantu menjaga sistem pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik, serat larut yang berfungsi untuk memperlambat sistem pencernaan dan bisa membantu untuk menyerap asam berlebih untuk mengurangi risiko refluks.

Selain itu juga buah Kurma ini yang rendah kalori dan lemak sehingga air rendaman kurma yang bisa dikonsumsi secara rutin yang akan memberikan manfaat, manfaatnya untuk membantu menurunkan berat badan dan juga untuk mengendalikan asam lambung yang terkait dengan obesitas.

Membantu Meredakan Gejala GERD

Air rendaman Kurma ini yang menjadi salah satu minuman sunnah dan favorit Nabi Muhammad S.A.W, dimana secara tradisional air rendaman kurma atau air nabeez ini  yang dibuat dengan kurma dan kismis dan tidak pernah dicampur dan minuman ini yang mempunyai manfaat yang melimpah untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat membantu meredakan gejala asam lambung atau GERD.

Manfaat ini yang berasal dari kandungan tonik alkali yang dapat membantu menghilangkan keasaman dari perut dan juga sisa metabolisme lainnya pada tubuh, bahkan selain itu juga dengan minum air rendaman kurma yang akan memberikan energi dan juga meremajakan  tubuh.

Membantu Menghilangkan Keasaman Lambung

Manfaat air rendaman Kurma untuk asam lambung lainnya yaitu bisa membantu untuk menghilangkan keasaman dari lambung dan juga sistem pencernaan, dengan air rendaman kurma ini yang akan membantu dalam membuang sisa metabolisme yang lainnya di dalam tubuh, Sehingga dengan minum air rendaman kurma mampu membantu meningkatkan pencernaan berasal dari kandungan serat larut yang tinggi dan juga memperkuat memori

Selain itu juga membantu fungsi limpa, tenggorokan, hati, prostat dan dada tetap normal dan sangat baik untuk pria, bahkan air rendaman kurma juga yang sangat baik dan bermanfaat untuk penderita Arthritis yang akan meningkatkan kadar asam urat.

Setelah kamu mengetahui dengan manfaat air rendaman Kurma untuk asam lambung dan ingin mencoba untuk membuat air rendaman kurma untuk mendapatkan manfaatnya, maka berikut ini beberapa cara pembuatan air rendam kurma yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

  • Terlebih dahulu ambil 3 buah Kurma lalu buang bijinya.
  • Masukkan buah Kurma tersebut ke dalam gelas atau botol.
  • Lalu tuangkan air  matang sekitar 500 ml sampai 1 liter ke dalam gelas berisikan kurma.
  • Tutup gelasnya.
  • Rendam kurma selama semalaman.
  • Setelah di rendam seharian maka air sudah dapat diminum.

Untuk penderita asam lambung atau GERD selain dengan minum air rendaman kurma yang sebaiknya juga dilengkapi dengan mengkonsumsi sayuran dan juga buah-buahan lainnya, pastikan untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan gas atau berpotensi asam lambung dan mulas untuk penderita GERD.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai beberapa manfaat air rendaman Kurma untuk asam lambung yang perlu kamu ketahui, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal maka minum air rendaman kurma ini secara rutin semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.