Monday, 15 Apr 2024

10 Manfaat Buah Markisa Kuning Untuk Kesehatan

6 minutes reading
Saturday, 22 Jul 2023 17:15 0 74 Muti Karya

Nesiaverse.com – Buah markisa kuning memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Buah unik satu ini memiliki rasa asam dan sedikit manis, beda dari kebanyakan buah-buahan dimana daging buah yang dikonsumsi. Namun, untuk buah markisa justru bijinyalah yang kita konsumsi. Umumnya buah markisa akan dijadikan bahan pelengkap dalam berbagai jenis minuman dan dessert, mulai dari minuman, puding, es buah dan masih banyak lagi. 

Buah markisa sendiri memiliki 4 jenis, dibalik rasanya yang menyegarkan banyak sekali manfaat buah markisa. Meskipun terlihat kurang gizi dari segi tampilan, justru buah markisa ini kaya akan manfaat, khususnya buah markisa kuning. Dengan Mengetahui manfaatnya kamu bisa mulai mengkonsumsi buah ini, sesuai kebutuhan kamu. 

Manfaat Buah Markisa Kuning Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Markisa Kuning Untuk Kesehatan

Buah markisa yang dalam bahasa latin adalah Passiflora Wuadragularis L adalah buah yang mudah dibudidayakan di Indonesia. Memiliki 4 jenis diantaranya Passiflora edulis var. edulis, passiflora quadrangularis, passiflora edulis var, flecaroa dan passiflora quadrangularis. Keempatnya memiliki perbedaan dari segi warna juga perbedaan ukuran buah markisa tersebut. 

Buah markisa bisa dibudidayakan di daerah mana saja, namun lokasi terbaik adalah daerah pegunungan karena tanaman markisa sendiri memang berhabitat asli di dataran tinggi. Namun, kamu tetap bisa melakukan budidaya buah markisa di dataran rendah juga. Manfaat dari buah markisa ini sangat banyak, sehingga banyak yang membudidayakannya. 

Berikut kami sudah merangkum beberapa manfaat dari buah markisa kuning untuk kesehatan tubuh. 

Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat buah markisa pertama yang bisa kamu dapatkan adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Markisa kuning memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker yang ditakutkan oleh banyak orang. Maka, salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker adalah dengan mengonsumsi buah unik satu ini. 

Buah markisa kuning memiliki kandungan antioksidan didalamnya, kandungan inilah yang mampu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu zat antioksidan dari markisa kuning ini adalahd memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Selain itu buah markisa juga dapat membunuh sel kanker.

Dilansir dari In Vitro University of Florida yang mana dikatakan jika kandungan zat fitokimia pada buah markisa kuning ini mampu membunuh sel kanker, diantaranya ada polifenol, harman, harmol, passiflorine, harmalin. harmine, vitexin, krisin, karotenoid, isovitexin. Maka, kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari buah markisa kuning ini. Ada baiknya mengkonsumsi buah markisa kuning dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan juga. 

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi buah markisa kuning adalah untuk kesehatan tubuh, salh satunya untuk menjaga sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan buah markisa memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, maka bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah markisa kuning. 

Buah markisa kuning akan membantu memperlancar sistem pencernaan, jadi bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan bisa mengatasinya dengan buah markisa. Selain itu usu kamu akan menjadi bersih dan bekerja secara efektif jika kamu mengonsumsi buah markisa secara rutin, kemudian perhatikan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. 

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Setiap orang membutuhkan nutrisi bagi tubuhnya untuk melakukan aktivitas harian. Markisa kuning sendiri selain kaya akan serat, buah unik ini merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan buah markisa kaya akan vitamin dan mineral. Dalam 100 gram buah markisa kuning, memiliki kandungan 30 mg vitamin C, dengan kandungan 1275 IU vitamin A tentukan meme buat kesehatan kulit seseorang akan terjaga. Selain itu buah markisa kuning juga memiliki sumber kalium yang baik, dalam 10 gram buah markisa kamu akan mendapatkan 348 mg kalium. 

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Semua buah memanglah memiliki manfaat bagi kesehatan, begitupun buah markisa kuning. Pasalnya buah markisa kuning ini mampu meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Selain untuk mengoptimalkan sistem imunitas tubuh seseorang, buah markisa juga akan menjaga kekebalannya. 

Buah markisa yang kaya akan vitamin C, karoten dan cryptoxanthin ini bekerja sangat baik dalam sistem imunitas tubuh. Sehingga kamu akan rentang terserang penyakit apapun. Maka, penting untuk mengkonsumsi buah markisa agar tubuh kamu selalu bugar dan terhindar dari ancaman berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh. 

Mengatasi Gangguan Tidur Seperti Insomnia

Gangguan tidur seperti insomnia sangatlah mengganggu bahkan dapat mempengaruhi produktivitas sehari-hari. Dengan mengkonsumsi buah markisa kuning kamu akan  bisa mengatasi gangguan tidur ini. Sebab, buah markisa sangat baik untuk penderita insomnia karena dapat membuat sistem saraf menjadi tenang. Kamu bisa mengkonsumsi buah markisa dalam bentuk jus saat kesulitan tidur, sehingga dapat beristirahat pada malam hari dengan tenang juga. 

Mengontrol Tekanan Darah

Buah markisa memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga memiliki peranan penting dalam vasodilator darah. Maksudnya kandungan kalium dalam buah markisa kuning dapat menenangkan, pembuluh darah yang dengannya aliran darah akan meningkatkan. Perlu kamu ketahui juga jika gerakan antara mrna terjadi pada saluran yang memang diatur oleh kalium langsung. Dengan mengkonsumsi markisa kuning, kamu bisa mengatasi berbagai gejala tekanan darah rendah maupun tekanan darh tinggi. 

Buah Yang Cocok Untuk Diet

Buah markisa kuning sangat cocok untuk dijadikan salah satu menu dalam program diet. Hal ini dikarenakan dalam buah markisa memiliki kandungan kalori yang sangat rendah yaitu hanya 97 kalori untuk 100 gramnya buah markisa. Selain itu memeiliki kadars odium yang kemag akan cocok untuk melakukan diet. 

Buah markisa juga memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang cukup banyak. Sehingga kebutuhan nutrisi harian kamu bisa didapatkan melalui buah markisa kuning. Kandungan serta yang tinggi dari buah markisa kuning akan membantu program penurunan berat badan kamu loh.

Baik Untuk Kesehatan Kulit

Buah markisa memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan, sehingga berguna untuk membuat kulit kamu menjadi lebih muda. Selain itu kandungan dalam buah markisa kuning dapat merangsang proses pertumbuhan sel baru atau sel muda pada kulit wajah seseorang,sehingga akan terlihat lebih awet muda dan segarnya alami.

Kaya Kandungan Zat Besi

Buah markisa kuning memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak. Dalam satu cangkir buaha markisa memiliki kandungan zat besi sebanyak 4 mg. Hal ini tentunya merupakan suatu hal yang baik karena dengannya mudah untuk memenuhi gizi tubuh dan untuk menjaga kesehatan dalam jangka panjang, jika dilakukan secara rutin.

Baik Untuk Kesehatan Mental dan Otak

Markisa kuning memiliki manfaat untuk kesehatan mental dan otak, hal ini dikarenakan kandungan asam folat yang tinggi dan baik di dalamnya. Maka, kamu bisa mengkonsumsi buah kuning markisa dengan baik dan benar. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat dari buah markisa kuning yang bisa kamu dapatkan. Selain rasanya yang asam dan manis, buah markisa memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Dalam mengkonsumsi buah markisa tidak boleh berlebihan, konsumsilah dalam jumlah yang tepat, karena jika berlebihan dapat memicu efek samping.