Monday, 15 Apr 2024

Berapa Kali Kucing Makan Dalam Sehari?

6 minutes reading
Saturday, 22 Jul 2023 17:02 0 167 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Berapa kali kucing makan dalam sehari? Biasanya ngasih makan kucing tu berapa kali sih? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu penasaran tentang hal itu yang mungkin dapat membantu kamu dalam suatu hal.

Ketika kamu memelihara kucing tapi tidak tau secara detail untuk dikasih makan sebaiknya berapa kali. Dengan begitu kamu hanya sembarangan kasih makan aja nih ke kucing kamu, entah 1, 2, atau bahkan sampai 3 kali dalam sehari.

Sebagai majikan atau pemilik yang bijak, tentu sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu aturan-aturan dalam memelihara kucing saat ingin merawatnya secara menyeluruh. Supaya kamu mengetahui dan mengenalnya dengan baik.

Nah, kebetulan disini akan menjelaskan beberapa informasi mengenai normalnya berapa kali kucing makan dalam sehari yang mungkin dapat memberi sedikit ilmu kepada kamu. Jadi mari simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama!

Berapa Kali Kucing Makan Dalam Sehari?

Berapa Kali Kucing Makan Dalam Sehari?

Sebelum itu perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa kucing akan makan saat mereka memang sedang lapar dan itu tidak menentu! Tapi kamu bisa mengatur jam makannya supaya si kucing bisa makan dengan teratur di bawah pengawasan kamu.

Terkadang si kucing juga akan merasa lapar ketika pada tengah malam dan pasti sering juga membangunkan kamu pastinya saat tidur. Jangan kamu abaikan ya! Beri saja kucing kamu makan tapi secukupnya saja tidak terlalu banyak atau berlebihan.

Selain itu juga memberinya makan harus sesuaikan dengan umur kucing kamu. Harus dapat membedakan untuk kucing dewasa berapa kali, untuk anak kucing berapa kali, dan untuk bayi kucing berapa kali. Memang harus seteliti itu dalam memberinya makan.

Dengan begitu semua kucing kamu akan makan sesuai takarannya, jadi harus pas dan tidak berlebihan. Namun, ada juga kucing yang nafsu makannya besar dan sangat tidak menentu berapa kalinya, maka dari itu kamu harus bisa mengatur makannya.

Nah, berikut dibawah ini akan memberikan penjelasan mengenai berapa kali kucing makan sesuai dengan situasi, kondisi, serta jam-jam nya dengan baik dan menyeluruh agar dapat kamu pahami dan membantu kamu mengatasi hal itu, adalah sebagai berikut:

Bayi Kucing Usia 0-1 Minggu

Untuk kucing yang baru lahir ini biasanya akan disusui oleh induknya langsung, tapi ada juga beberapa kasus yang dimana bayi kucing ini tidak diberi ASI oleh induknya karena suatu hal tertentu atau ada juga yang memang ditelantarkan oleh induknya sehingga dibiarkan saja.

Nah, dengan begitu kamu bisa memberinya susu formula kepada bayi kucing yang baru saja lahir sekitar 0-1 minggu dengan susu formula yang tepat. Dengan berat badannya 50-150 gram kamu cukup memberinya makan atau minum susu 2-6 ml setiap 2 jam sekali.

Bayi Kucing Usia 2-4 Minggu

Sama dengan yang sebelum nya, jika kucing kamu tidak mendapatkan ASI bisa menggantinya dengan susu formula untuk memberinya makan atau minum. Dengan memberinya susu formula ini agar membantu  si bayi kucing menerima asupan nutrisi yang tidak terpenuhi dari induknya.

Bagi bayi kucing yang menginjak usia 1-2 minggu, kamu bisa memberinya susu formula yang tepat dengan berat badan kucing 150-250 gram cukup memberinya makan atau minum susu sebanyak 6-10 ml setiap 2-3 jam sekali secara teratur.

Untuk yang sudah mulai menginjak usia 3-4 minggu dengan berat badan 350-450 gram, cukup memberinya 14-18 ml susu formula setiap 4-5 jam sekali. Lakukan hal ini sampai si bayi kucing mencapai usia 4 minggu dengan rutin memberinya susu formula sebagai makanan dan minum sesuai dengan takaran yang sudah dijelaskan.

Anak Kucing Usia 5-12 Minggu

Nah, jika si kucing sudah mulai tumbuh hingga menginjak usia 5 minggu ini sudah bisa mengunyah. Dengan begitu kamu boleh memberinya dry food atau wet food sebagai pendamping susu untuk tahap awal memperkenalkannya pada makanan berat.

Berikan dry food atau wet food dengan tekstur yang halus supaya mempermudah untuk mengunyahnya, apalagi yang baru berusia 5-6 minggu ini masih di tahap belajar untuk mengunyah dengan baik, untuk dry food kamu bisa melunakkan nya dahulu pakai air.

Karena di usia 5-12 minggu ini masih dalam tahap pertumbuhan, jadi kamu boleh memberinya makan 3-4 kali sehari secara teratur pagi, siang, sore, dan malam sebelum tidur. Membantu si kucing ini untuk tumbuh dengan lebih optimal.

Anak Kucing Usia 1-6 Bulan

Selanjutnya adalah kucing yang sudah mulai menginjak umur yang sudah remaja mulai dari usia 1 bulan dan sudah lancar untuk mengunyah makanan, seperti dry food. Dengan begitu mereka bisa makan dan mencernanya dengan baik.

Untuk usia 1-4 bulan, anak kucing ini kamu harus memberinya makan 3 kali sehari. Jika sudah lebih dari 4 bulan yaitu 5-6 bulan kamu bisa memberinya makan 2 kali sehari dengan teratur sampai seterusnya hingga menginjak 1 tahun usia kucing dewasa.

Kucing Dewasa

Kucing yang sudah dewasa biasanya sudah mulai terbiasa makan dengan sendirinya nih! Saat dia sudah mulai merasa lapar pasti akan mengeong-ngeong kepada pemiliknya sebagai tanda bahwa kucing kamu lapar dan ingin segera diberi makan.

Biasanya kucing dewasa ini diberi makan bagusnya adalah 2 kali sehari, atau bahkan ada yang cukup dengan 1 kali sehari saja. Tergantung pada bagaimana kamu mengatur jam makannya dan karena itu kucing yang dewasa sudah mulai bisa diberi cemilan juga.

Sehingga makan 1-2 kali sehari pun sudah terbilang cukup normal dan bagus, karena selain makan kamu bisa memberinya berbagai cemilan untuk si kucing atau asupan vitamin lainnya sebagai tambahan nutrisi yang baik untuk kesehatannya.

Kucing Sakit

Saat kondisi kucing kamu sedang sakit, pasti akan membuatnya sulit untuk makan. Sehingga akan membuat keadaannya semakin buruk dan kurus, maka dari itu untuk kucing yang sakit ini harus diberikan banyak asupan makanan yang bergizi supaya cepat sehat kembali.

Dengan begitu jika si kucing susah makan, kamu bisa memberinya vitamin penambah nafsu makan agar membuatnya bisa makan. Kamu harus memberinya makan 6 kali sehari untuk kucing yang sakit supaya bisa ternutrisi dengan baik dan hanya dengan takaran 1 sdm saja.

Kucing Menyusui

Terakhir ada kucing yang dalam masa menyusui. Nah, untuk si kucing atau induk kucing yang sedang menyusui pastinya harus makan yang cukup supaya memperoleh banyak ASI untuk para anak-anaknya agar tercukupi makan atau minumnya.

Dengan begitu kamu bisa memberinya makan 3-4 kali sehari untuk induk kucing yang sedang menyusui, bisa juga kamu memberinya cemilan atau vitamin yang bagus untuk induk yang sedang menyusui. Sehingga induk dan anaknya akan terpenuhi asupan nutrisinya.

Itulah beberapa informasi mengenai berapa kali kucing makan yang mungkin perlu kamu ketahui untuk dapat mengatasi atau merawat kucing kamu dalam persoalan memberinya makan yang baik dan benar serta bisa kamu tiru atau terapkan dalam kehidupan sehari-hari kucing kamu.

Selalu perhatikan setiap takaran yang harus kamu berikan kepada si kucing sesuai dengan usia mereka supaya tidak berlebihan. Harus pas dan berikan secara teratur agar kucing kamu selalu sehat serta asupan gizi dan nutrisinya cukup. Dengan begitu kucing kamu pun akan tumbuh dengan sehat. Good Luck semoga membantu!