Thursday, 18 Jul 2024

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

6 minutes reading
Monday, 26 Dec 2022 12:02 0 319 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Buah Naga pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan buah ini yang memiliki tekstur daging buahnya yang lembut dan rasanya yang enak, selain itu juga buah Naga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan untuk kamu yang masih belum tahu manfaatnya maka bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Buah Naga atau Hylocereus polyrhizus yang merupakan salah satu jenis buah tropis yang sangat unik dan eksotik, hal ini dikarenakan buah Naga yang memiliki kulit dan daging buah yang manis dilengkapi dengan bintik-bintik seperti buah Kiwi dan juga memiliki sirip yang berwarna putih seperti naga.

Untuk di Indonesia ini yang tersedia dua varian yang banyak tersedia yaitu dengan memiliki daging buah Naga yang merah dan yang putih, kedua varian buah Naga ini yang memiliki rasa yang enak dan juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan baik untuk kesehatan.

Untuk kamu yang belum tahu dan penasaran apa saja manfaat buah Naga untuk kesehatan, maka dibawah ini berikut beberapa manfaatnya yang bisa kamu simak.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah Naga yang memiliki bentuk yang sangat unik dengan memiliki warna dominan yang ungu kemerahan dengan rasanya yang enak, selain memiliki bentuk yang unik buah Naga juga yang menyimpan segudang khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Dimana buah Naga ini yang termasuk ke dalam salah satu buah yang rendah kalori namun kaya akan vitamin didalamnya, dimana menurut Data Komposisi Pangan Indonesia buah Naga merah dalam 100 gram terdapat banyak kandungan zat gizi yaitu sebagai berikut:

  • 71 kal energi
  • 9,1 gr karbohidrat
  • 85,7 gr air
  • 3,2 gr serat
  • 3,1 gr lemak
  • 1,7 gr protein
  • 0,4 gr abu
  • 0,5 gr vitamin B1
  • 128 mg kalsium
  • 14 mg fosfor
  • 13 mg kalsium
  • 10 mg natrium
  • 1 mg vitamin C
  • o,5 mg vitamin B3 atau niasin
  • 0,4 mg zat besi
  • 0,4 mg zinc
  • 0,3 mg vitamin B2
  • Vitamin E dan magnesium

Namun selain itu juga buah Naga yang mengandung likopen yang dimana likopen ini merupakan senyawa dari kelompok karotenoid yang akan memberikan warna merah pada buahnya, senyawa ini bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas pada tubuh yang dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Adapun untuk beberapa manfaat buah Naga untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Kesehatan Jantung

Buah Naga yang mengandung betalain di dalamnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu untuk membantu dalam menurunkan kolesterol jahat, buah Naga yang terdapat biji hitam kecil di dalamnya yang kaya akan asam lemak omega 3 dan juga omega 9 yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga membantu mengurangi penyakit kardiovaskular.

Buah Naga yang dimana mengandung karotenoid yaitu senyawa sebagai beta karoten dan juga likopen yang ada pada buah Naga yang terkait bisa membantu dalam menurunkan risiko kanker dan juga penyakit jantung.

Kesehatan Usus

Manfaat buah Naga untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu membantu dalam mengobati masalah usus menjadi tetap sehat, hal ini dikarenakan buah Naga yang mengandung prebiotik berpotensi dalam meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

Dimana dengan mengkonsumsi probiotik yang secara teratur yang bisa membantu dalam mengurangi risiko terjadinya infeksi pada saluran pencernaan dan juga diare, dimana usus ini yang merupakan tempat sekitar 100 triliun mikroorganisme yang sangat beragam dan termasuk dengan spesies bakteri yang terdapat lebih dari 400.

Mengurangi Penyakit Kanker

Buah Naga yang memiliki kandungan betalains didalamnya yang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu untuk membantu dalam memerangi stres oksidatif dan juga membantu menekan sel kanker, selain itu juga kandungan vitamin C yang memiliki peran penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan senyawa ini yang membantu mencegah dari penyakit kronis seperti kanker alzheimer, diabetes dan yang lainnya.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah Naga untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu membantu dalam melancarkan sistem pencernaan, hal ini dikarenakan buah Naga yang kaya akan karbohidrat atau polisakarida yang akan membantu pertumbuhan bakteri yang baik.

Untuk pertumbuhan bakteri baik yang seperti flora yang berguna untuk membantu dalam melancarkan sistem pencernaan, selain itu juga buah Naga ini yang mengandung serat yang tinggi yang akan membantu dalam menyehatkan pencernaan.

Kaya Akan Antioksidan

Buah Naga yang mengandung beberapa jenis antioksidan didalamnya diantaranya ada betakains, hydroxycinnamates dan juga flavonoid, dimana senyawa ini yang bisa melindungi sel dari molekul yang tidak stabil atau radikal bebas yang menjadi penyebab dari berbagai penyakit kronis dan juga penuaan,

Dimana senyawa betalains ini yang merupakan pigmen merah tua yang akan membantu melindungi kolesterol jahat (LDL) agar tidak teroksidasi, untuk senyawa hydroxycinnamates yang merupakan sekelompok senyawa bersifat antikanker sedangkan untuk flavonoid yang merupakan kelompok antioksidan yang terkait dengan kesehatan otak dan juga membantu menurunkan penyakit jantung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat mampu untuk melawan penyakit dan infeksi dan manfaat dari buah Naga untuk kesehatan yaitu untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh , hal ini dikarena buah Naga yang mengandung vitamin C dan karotenoid yang bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah infeksi.

Hal ini yang dilakukan dengan cara melindungi pada sel darah putih dari kerusakan, dimana dalam sistem kekebalan  tubuh sel darah putih ini yang dapat menyerang dan juga menghancurkan berbagai zat yang berbahaya tetapi sensitif terhadap kerusakan disebabkan oleh radikal bebas.

Sumber Magnesium

Dimana buah Naga ini yang menjadi salah satu sumber magnesium dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu sekitar lebih dari 600 reaksi biokimia, dimana buah Naga ini yang mengandung 18% magnesium didalamnya.

Kandungan magnesium yang memiliki peran untuk mengambil bagian pada reaksi diperlukan dalam pemecahan makan yang akan menjadi energi, pembentukan tulang, kontraksi otot dan juga untuk pembentukan DNA.

Mengurangi Diabetes

Membantu dalam mengurangi terjadinya risiko diabetes menjadi salah satu manfaat dari buah Naga untuk kesehatan hal ini dikarenakan buah Naga yang mengandung serat yang tinggi, dengan serat yang tinggi akan membantu menjaga kadar gula darah sehingga kadar gula darah tetap seimbang.

Kesehatan Rambut

Dimana ekstrak bubuk buah Naga juga yang diyakini bisa membantu dalam memperbaiki tekstur rambut dan juga mengurangi berbagai kerusakan pada rambut, dimana bubuk ekstrak dari buah Naga ini yang dicampur segelas susu yang akan membantu rambut menjadi berkilau, hitam dan tebal.

Mencegah Penuaan Kulit

Manfaat buah Naga untuk kesehatan yang terakhir yaitu membantu mencegah atau melawan penuaan kulit yang diakibatkan oleh berbagai faktor, hal ini karena buah Naga yang sebagai sumber antioksidan yang akan membantu mengatasi permasalahan pada kulit seperti kulit kering, terbakar dan juga berjerawat.

Selain itu juga buah Naga ini yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang bisa membantu dalam membuat kulit menjadi lebih cerah, untuk kamu  yang ingin mendapatkan kulit yang sehat maka bisa dengan mengkonsumsi buah Naga.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat buah Naga untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui dan untuk merasakan manfaatnya kamu bisa dengan mengkonsumsi buah Naga secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.