Monday, 17 Jun 2024

8 Manfaat Jus Terong Belanda Campur Wortel

5 minutes reading
Monday, 5 Dec 2022 17:30 0 1636 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin ada yang pernah mencoba untuk membuat jus yang terbuat dari Terong Belanda yang dicampur dengan wortel, dimana kedua bahan tersebut yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan lalu apa saja manfaat Jus Terong Belanda campur Wortel yuk simak ulasannya dibawah ini.

Terong Belanda yang merupakan salah satu buah dengan memiliki rasa yang khas dan unik berbeda dengan terong sayur yang pada umumnya, dimana Terong Belanda ini yang memiliki rasa asam manis dan buah ini biasanya dijadikan sebagai salah satu hidangan cuci mulut yang ringan.

Mungkin sebagian orang yang belum tahu dengan buah yang satu ini yang ternyata memiliki manfaat di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, apalagi jika dikombinasikan dengan sayuran atau buah yang lainnya yang akan terdapat manfaat yang sangat baik.

Buah ini yang dikenal atau disebut dengan nama Terong Belanda karena awalnya buah ini yang dikenalkan oleh orang Belanda pada zaman penjajahan dan buah ini yang asalnya dari Amazon di benua Amerika, Terong Belanda yang mempunyai bentuk seperti tomat dengan ukurannya yang kecil berwarna  merah marun atau merah keunguan.

Terong Belanda yang memiliki berbagai kandungan nutrisi didalamnya yang dapat memenuhi kebutuhan gizi yaitu terdapat protein, energi, kalsium, serat, lemak, karbohidrat, fosfor, besi, vitamin C, karoten, tiamin (vitamin B1) dan juga riboflavin (vitamin B2).

Sedangkan untuk sayuran Wortel yang memiliki warna yang khas yaitu oranye dengan memiliki banyak sekali kandungan nutrisi didalamnya diantaranya ada beta karoten yang memiliki peran sebagai antioksidan, selain itu juga terdapat nutrisi yang lainnya seperti vitamin C, serat, vitamin K, protein, folat, fosfor, kalium, dna juga kalsium.

Dimana kedua bahan ini yang dapat disatukan dengan diolah menjadi jus, lalu bagaimana dengan dengan manfaat dari Jus Terong Belanda campur Wortel, untuk mengetahuinya bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Jus Terong Belanda Campur Wortel

8 Manfaat Jus Terong Belanda Campur Wortel

Jus Terong Belanda yang dicampur dengan Wortel yang memiliki banyak manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi jus Terong Belanda yang dicampur Wortel.

Mengontrol Diabetes

Manfaat Jus Terong Belanda campur Wortel yaitu mampu membantu dalam menurunkan atau mengontrol gula pada diabetes melitus tipe 2, hal ini dikarenakan terdapat asam klorogenik di dalamnya selain itu juga dengan kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu mengurangi stres oksidatif pada hati dan pankreas.

Mengurangi Resiko Jantung

Dalam jus Terong Belanda campur Wortel yang mengandung komposisi yang baik dari antosianin, serat yang larut hingga dengan karotenoid dimana senyawa tersebut yang sangat bermanfaat untuk kesehatan  jantung, dengan kandungan karotenoid didalamnya yang akan membantu dalam menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner dengan cara menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin pada hati, otot serta jaringan adiposa dan juga mengurangi sitokin serta peradangan.

Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Jus Terong Belanda campur Wortel yang  memiliki kandungan serat dan air didalamnya yang cukup banyak sehingga bermanfaat dalam membantu untuk menjaga pencernaan lebih sehat dan juga mampu membantu dalam mencegah risiko konstipasi, selain itu juga dapat membantu menjaga dalam keseimbangan bakteri yang baik di dalam tubuh.

Mencegah Obesitas

Manfaat Jus Terong Belanda campur Wortel yaitu membantu dalam mencegah atau mengatasi obesitas atau menurunkan berat badan, selain itu juga dengan ekstrak dari Terong Belanda yang mampu membantu dalam menurunkan lipid, anti peradangan, dan juga memperlihatkan pada peningkatan aktivitas antioksidan.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A di dalan jus ini yang cukup tinggi sehingga manfaat Jus Terong Belanda campur Wortel yaitu mampu menjaga kesehatan pada mata, dimana vitamin A yang berperan dalam mengembalikan kelembaban pada selaput mata dan selaput ini yang berfungsi penghalang virus dan bakteri jika selaput semakin lembab maka akan semakin baik dalam mencegah bakteri atau virus yang masuk dalam mata.

Meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh

Dengan mengkonsumsi Jus Terong Belanda campur Wortel terdapat manfaatnya yang bisa kamu dapatkan yaitu mampu membantu dalam meningkatkan sistem daya tahan tubuh, hal ini yang dikarenakan di dalam jus Terong Belanda campur Wortel yang terdapat vitamin B komplek yang memiliki peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh kita.

Dengan kandungan vitamin B didalam jus yang akan membantu dalam proses metabolisme hemoglobin, tetapi juga akan membuat tubuh dalam mendapatkan asupan kalori rendah yang dibantu oleh vitamin B tersebut dalam menjangkau karbohidrat cadangan.

Anti Kanker

Kandungan antioksidan dalam jus Terong Belanda campur Wortel yang tinggi yang mampu membantu dalam menurunkan atau mencegah terjadinya risiko stroke dan mencegah radikal bebas serta melindungi tubuh terkena kanker, dalam jus ini juga yang mempunyai sifat antimikroba dan juga anti inflamasi yang bisa mencegah wabah kanker.

Menjaga Kelembutan Kulit

Manfaat Jus Terong Belanda campur Wortel yang terakhir yaitu mampu menjaga kelembutan pada kulit hal ini karena terdapat vitamin A, C dan juga E di dalam jus ini yang akan membantu dalam memastikan jika kulit tetap sehat, untuk kandungan antioksidan seperti flavonoid, fenol dan antosianin yang akan melindungi kulit dari stres oksidatif atau polusi.

Mungkin ada yang belum tahu dengan cara membuat Jus Terong Belanda campur Wortel, maka dari itu jika kamu ingin  tahu dengan cara membuatnya maka bisa dengan mengikuti langkah-langkah pembuatannya dibawah ini:

Bahan-bahan:

  • 3 biji buah Terong Belanda
  • 2 biji Wortel dengan ukuran yang sedang
  • 3 sendok makan madu
  • 250 ml air

Cara membuat:

  • Terlebih dahulu bersihkan buah Terong Belanda dan Wortel hingga bersih,
  • Lalu kupas Wortel dan potong-potong menjadi beberapa bagian dan belah Terong Belanda menjadi dua belahan.
  • Kemudian masukkan potongan Wortel dan kerok atau ambil isinya dari buah Terong Belanda ke dalam blender tambahkan air lalu haluskan.
  • Jika sudah halus maka saring lalu masukkan madu dan sajikan.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat Jus Terong Belanda campur Wortel yang bisa kamu ketahui dan untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaatnya maka bisa dengan mengkonsumsi jusnya secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.