Thursday, 18 Jul 2024

10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

6 minutes reading
Friday, 9 Dec 2022 20:26 0 284 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pastinya sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun yang satu ini yang dapat digunakan untuk olahan makanan maupun untuk kecantikan, dengan memiliki banyak manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi.

Minyak zaitun atau biasa dikenal dengan olive oil yang merupakan salah satu minyak alami yang dihasilkan oleh buah zaitun, dimana berdasarkan dengan proses ekstraksi yang telah dilalui dengan jumlah kandungan asam oleat dalam minyak ini yang terdapat dari extra virgin, virgin dan juga refined atau light.

Dimana minyak zaitun ini yang tidak hanya baik untuk kesehatan pada tubuh saja melainkan untuk wajah sehingga sudah tidak heran jika banyak orang yang sudah menggunakan minyak zaitun untuk digunakan sebagai campuran bahan makan atau yang lainnya.

Untuk kamu yang penasaran apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, maka kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang sangat sehat dan baik untuk kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan minyak zaitun yang memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya dan juga antioksidan sehingga minyak zaitun ini yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dimana dalam 1 sendok makan atau 15 ml minyak zaitun yang terdapat beragam kandungan nutrisi didalamnya yaitu terdapat 120 kalori, 13,5 – 14 gram lemak, 8 mikrogram vitamin K, 1,9 miligram vitamin E, 0,1 miligram kalsium, 0,3 miligram natrium dna juga 0,1 miligram kalium.

Walaupun terdapat banyak mengandung lemak didalam minyak zaitun tetapi untuk lemak ini yang merupakan jenis lemak sehat yaitu seperti lemak tak jenuh tunggal, asam oleat, lemak tak jenuh ganda, omega 3 dan juga omega 6, selain itu juga minyak zaitun yang mengandung antioksidan dan juga kolin seperti polifenol dan juga flavonoid.

Dengan begitu banyak kandungan nutrisi didalam minyak zaitun sehingga minyak zaitun ini yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, dimana minyak zaitun ini yang baik dikonsumsi dimulai dari anak-anak hingga dengan ibu hamil atau ibu menyusui.

Adapun untuk beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yaitu sebagai berikut.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Minyak zaitun yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang memiliki peran yang sangat penting dalam mengurangi atau mencegah risiko penyakit jantung, hal ini dikarenakan minyak zaitun yang yang tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh sehingga dengan begitu tidak akan menumpuk di pembuluh darah.

Dimana minyak zaitun ini yang sangat baik dikonsumsi untuk membantu dalam mencegah penumpukan kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular yaitu seperti terjadinya serangan jantung dan juga stroke.

Memperbaiki Kerusakan Sel

Salah satu manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan yaitu membantu dalam memperbaiki kerusakan sel yang diakibatkan dari paparan radikal bebas, dengan pola makan yang sehat dengan menggunakan minyak zaitun yang bisa membantu meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh kita.

Dimana untuk antioksidan sendiri yang merupakan salah satu zat yang bisa mencegah dan juga memperbaiki kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas, selain itu juga dengan antioksidan yang diketahui mampu mencegah dan hifa menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan selanjutnya yaitu membantu dalam mengontrol tekanan darah agar tetap normal dan terkontrol, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan juga asam lemak sehat di dalam minyak ini yang akan membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks dan juga membantu mengurangi peradangan di pembuluh darah.

Untuk bisa mendapatkan manfaat ini kamu bisa dengan mengkonsumsi minyak zaitun murni sekitar 50 hingga 60 ml atau setara dengan kurang lebih 4 sendok makan secara rutin setiap harinya.

Melembapkan Kulit

Manfaat dari menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan yaitu membantu mengunci kelembaban kulit, sehingga tidak heran jika banyak orang yang menggunakan minyak zaitun ini digunakan untuk perawatan kulit agar tetap lembab dan untuk cara menggunakannya kamu bisa dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah, kaki atau wajah yang sedang mengalami kering.

Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang dapat kamu rasakan yaitu mampu menjaga kesehatan dan juga fungsi otak manfaat ini menjadi salah satu hal yang sangat penting, dengan kandungan zat antioksidan dan juga anti radang didalam minyak zaitun ini yang berperan dalam mengurangi atau mencegah risiko terjadinya penyakit pada otak yaitu seperti demensia dan stroke.

Kesehatan Mulut

Minyak zaitun yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan anti radang yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan juga kebersihan gigi, dengan berkumur menggunakan minyak zaitun yang secara rutin yang bisa mengatasi bau mulut.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yaitu mampu mengontrol kadar gula darah, hal ini penelitian yang mengatakan bahwa orang yang melakukan atau menjalani pola makan yang sehat secara rutin dan termasuk juga dengan mengkonsumsi minyak zaitun, bermanfaat untuk membantu kadar gula darah tetap terkontrol dengan normal.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, dimana minyak zaitun  yang dapat menjadi pengganti asupan lemak jenuh atau lemak berasal dari hewan dan ini yang akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL untuk para penderita kolesterol tinggi.

Selain itu juga dengan minyak zaitun yang dapat membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL sehingga hal ini yang sangat baik untuk kesehatan jantung, untuk manfaat ini juga yang dapat didapatkan dengan minyak sehat yang lainnya selain minyak zaitun yaitu seperti minyak kelapa murni dan juga minyak kanola.

Membantu Mengatasi Sembelit

Minyak zaitun yang terdapat manfaatnya untuk kesehatan dalam membantu untuk mengatasi sembelit karena dapat membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan di tubuh, sembelit ini yang pada umumnya terjadinya dikarenakan pola makan yang kurang sehat.

Membantu Menjaga Berat Badan

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang terakhir yaitu membantu menjaga berat badan dan minyak zaitun ini sangat baik dan cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjalankan diet termasuk juga untuk kamu yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal atau diet paleo.

Selain itu juga minyak zaitun murni ini yang sangat baik dikonsumsi untuk membantu mencegah obesitas, untuk kamu yang ingin merasakan atau mendapatkan manfaatnya maka kamu bisa mengkonsumsi minyak zaitun yang dibarengi dengan pola hidup sehat dengan berolahraga, pola makan sehat dan juga membatasi asupan kalori.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang dapat kamu ketahui dan untuk mengetahuinya kamu bisa dengan mengkonsumsi minyak zaitun ini secara rutin dilengkapi dengan pola hidup sehat, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.