Saturday, 22 Jun 2024

10 Manfaat dan Khasiat Pisang Kepok

6 minutes reading
Friday, 9 Dec 2022 20:17 0 286 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Pisang Kepok ternyata terdapat banyak manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kamu bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah tersebut, nah untuk kamu yang penasaran dengan apa saja manfaat dari mengkonsumsi buah yang  satu ini dengan dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Pisang Kepok merupakan salah satu jenis pisang yang mudah ditemukan dengan memiliki harga yang terjangkau, dimana untuk jenis pisang ini yang memiliki kulit tekstur yang lumayan tebal dan untuk bagian dagingnya yang padat namun untuk rasanya yang tidak terlalu manis berbeda dengan jenis Pisang yang pada umumnya.

Sehingga dengan begitu Pisang Kepok ini yang kerap sekali diolah menjadi berbagai cemilan karena jarang orang yang memakan pisang ini secara langsung, dimana dijadikan cemilan seperti pisang rebus, keripik pisang, pisang goreng, kolak pisang dan juga yang lainnya.

Hampir semua orang pastinya mengetahui Pisang Kepok ini dan bahkan hampir semua orang sudah mencoba memakannya dari berbagai kalangan, dibalik memiliki rasanya yang sangat lezat terdapat banyak manfaat untuk kesehatan dari Pisang Kepok ini yang dapat kamu dapatkan.

Untuk kamu yang ingin tahu dengan apa saja manfaat dan khasiat Buah Pisang Kepok, maka kamu bisa dengan menyimak ulasannya di bawah ini.

Manfaat dan Khasiat Pisang Kepok

10 Manfaat dan Khasiat Pisang Kepok

Memang Pisang Kepok ini yang yang sama dengan jenis Pisang yang lainnya dimana Pisang jenis ini  yang mengandung berbagai nutrisi didalamnya yaitu seperti protein, serat, vitamin A, vitamin C, zat besi, karbohidrat kompleks, vitamin B6, fosfor, kalium, folat magnesium dan juga beragam antioksidan seperti beta karoten, flavonoid, lutein dan saponin.

Dengan beragam kandungan nutrisi dalam Pisang Kepok ini sehingga terdapat banyak manfaat dan juga khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan, adapun untuk manfaat dan khasiat Pisang Kepok yaitu sebagai berikut.

Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi Pisang Kepok secara rutin yang terdapat manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan jantung hal ini dikarenakan Pisang yang menjadi sumber kalium yang sangat baik, selain itu juga buah Pisang ini yang mengandung sejumlah mineral di dalamnya yang sangat penting dan juga elektrolit dengan senyawa ini yang membantu dalam meningkatkan kinerja saraf.

Sehingga dengan begitu membuat organ jantung bisa berdetak dengan teratur dan juga otot berkontraksi dengan sangat baik, selain itu juga dapat menjaga keseimbangan air di dalam sel, menjaga tubuh dari efek samping dari kelebihan natrium dengan natrium yang tinggi menyebabkan terjadinya hipertensi dan akan memicu terjadinya penumpukan cairan di dalam darah, dan memberikan tekanan pada bagian dinding pembuluh darah.

Kesehatan Tulang

Pisang Kepok yang merupakan salah satu sumber kalsium yang sangat baik dan untuk manfaat dan khasiat dari Pisang Kepok yaitu untuk kesehatan tulang, kandungan kalsium ini yang berfungsi dalam menjaga kesehatan tulang yang termasuk untuk ibu hamil pada janinnya.

Untuk ibu hamil yang  mengkonsumsi Pisang Kepok secara rutin yang akan terhindari dari berbagai gangguan tulang pada kemudian hari yaitu seperti osteoporosis, dan juga membantu dalam menjaga pengaturan kontraksi otot didalam tubuh dan juga untuk mempercepat neurotransmitter dalam proses kontraksi otot untuk perkembangan pada janin.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat dan khasiat Pisang Kepok yaitu membantu melancarkan sistem kerja pencernaan hal ini karena Pisang Kepok yang kaya akan serat di dalamnya sehingga membantu dalam mencegah konstipasi dan melancarkan pencernaan, dimana serat di dalam buah Pisang Kepok ini yang bersifat prebiotik yang bisa menunjang adanya pertumbuhan bakteri baik di dalam organ pencernaan.

Untuk Diet

Untuk kamu yang sedang melakukan diet atau menurunkan berat badan maka bisa dengan mengkonsumsi buah Pisang Kepok ini yang akan membantu dalam menurunkan berat badan, dimana Pisang Kepok yang mengandung karbohidrat kompleks di dalamnya yang bisa menunjang proses penurunan berat badan.

Dimana dengan kandungan karbohidrat kompleks di dalam Pisang Kepok yang akan membuat seseorang merasa kenyang yang lebih lama sehingga dengan begitu kamu tidak perlu untuk mengkonsumsi makanan yang berlebih pada saat makan tiba.

Sumber Asam Folat

Pisang Kepok yang memiliki kandungan tinggi asam folat yang terdapat di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, dimana asam folat yang akan membantu dalam menunjang perkembangan janin didalam kandungan dan juga untuk menunjang pertumbuhan pada saraf dan tulang belakang pada janin didalam kandungan.

Menangkal Radikal bebas

Manfaat dan khasiat Pisang Kepok selanjutnya yaitu membantu dalam menangkal radikal bebas hal ini dikarenakan buah Pisang Kepok yang mengandung antioksidan, dengan antioksidan ini yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit efek dari paparan radikal bebas.

Selain itu juga dengan kandungan antioksidan didalam buah Pisang Kepok yang mampu membantu meredakan peradangan, mencegah terjadinya atau perkembangan sel tumor atau kanker di dalam tubuh, dan kamu bisa merasakan manfaatnya dengan mengkonsumsi buah Pisang Kepok ini secara teratur.

Mencegah Anemia

Manfaat dan khasiat Pisang Kepok yaitu membantu mencegah terjadinya anemia yang dimana anemia ini yang merupakan salah satu penyakit yang muncul diakibatkan tubuh yang kekurangan sel darah merah, dengan kondisi ini yang akan membuat oksigen yang tidak bisa diedarkan dengan maksimal pada seluruh tubuh.

Dimana untuk anemia ini yang pada awalnya tidak ada tanda-tandanya dan gejala ini yang akan muncul pada saat anemia yang telah masuk dalam intensitas parah, gejala yang dialami anemia yaitu lelah, lemas, sulit konsentrasi, kepala terasa pusing hingga wajah pucat dan untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi Pisang Kepok saja.

Menurunkan Gula Darah

Pisang Kepok yang kaya akan mineral dan juga antioksidan didalamnya yang mampu membantu dalam menurunkan kadar gula darah dan akan membantu hormon insulin untuk bekerja menjadi lebih maksimal, hal ini yang akan menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes dan kamu bisa merasakan manfaatnya dengan mengkonsumsi buah Pisang Kepok yang masih belum matang yang diolah dengan dipanggang atau dikukus.

Meredakan Mual Untuk Ibu Hamil

Ternyata dengan mengkonsumsi buah Pisang Kepok ini juga yang bermanfaat untuk membantu meredakan mual pada ibu hamil pada trimester pertama kehamilan, hal ini yang bisa dikenal dengan morning sickness dan untuk gejala umumnya yaitu berupa muntah, sakit kepala, mual dan juga kelelahan.

Buah Pisang Kepok yang memiliki kandungan vitamin B6 didalamnya yang dipercaya mampu untuk membantu mengatasi sejumlah gejala tersebut, untuk meredakan mual ini kamu juga bisa dengan mengkonsumsi banyak air putih dan juga untuk melakukan pemeriksaan dengan rutin.

Mungkin hanya itu saja beberapa manfaat dan khasiat Pisang Kepok yang dapat kamu ketahui dan kamu bisa merasakan manfaatnya dengan mengkonsumsi buah Pisang ini dengan mengkonsumsinya secara rutin, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa bermanfaat dan membantu.