Monday, 17 Jun 2024

10 Masker Alami Untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

7 minutes reading
Thursday, 6 Jul 2023 22:11 0 145 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Lagi gak punya duit nih buat perawatan, terus takut juga sih memakai produk yang mengandung banyak bahan kimia. Tapi pengen perawatan wajah juga, gimana dong caranya disaat kondisi bokek dan biar aman buat ngilangin kerutan di muka? Ya, tinggal perawatan pake masker alami aja! Pakai bahan alami segar adalah solusinya. Kali ini akan membahas secara menyeluruh mengenai masker alami untuk menghilangkan kerutan di wajah.

Jangan salah mengira, kalau pakai bahan alami juga bisa membantu kamu yang sedang mengalami berbagai macam masalah kondisi wajah sesuai yang kamu inginkan dan butuhkan. Contohnya disini adalah untuk mengatasi kerutan di wajah secara alami dan cukup efektif tentunya. Bahannya juga sangat mudah ditemukan dan sangat terjangkau, sehingga dapat menolong kamu yang ingin melakukan rutinitas perawatan yang aman-aman saja di rumah.

Emang bahan alami itu bisa berupa apa saja sih? Tentu saja banyak! Ada berupa buah-buahan, sayuran dan tumbuhan yang dapat diekstrak kandungannya guna bermanfaat untuk di jadikan bahan alami di bidang perawatan kecantikan. Banyak produk skincare yang mengandung bahan alami sebagai kandungan utamanya dan mensupport bahan aktif lainnya agar bekerja lebih efektif lagi. Nah, disini akan membahas bahan alami untuk dijadikan masker guna menghilangkan kerutan.

Masker Alami Untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

Banyak kandungan yang baik dan bagus terdapat dalam bahan-bahan alami seperti vitamin A, C, E, mineral, beta karoten, antioksidan dan lain sebagainya yang bekerja sesuai perannya masing-masing. Cocok nih buat kamu jadiin masker yang bisa dibuat di rumah dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan alami untuk membuat masker alami mengatasi kerutan di wajah:

Masker Nanas

Pertama, ada buah nanas nih. Nanas dikenal bisa menyembuhkan luka di kulit juga lho! Disisi lain ternyata nanas memiliki kegunaan dalam bidang kecantikan. Hal itu karena kandungan enzim bromelain yang bersifat anti-inflamasi, antioksidan dan anti-bakteri. Sehingga mampu membuat kulit wajah kamu lembab, menghilangkan sel kulit mati serta kerutan di wajah.

Terus gimana cara membuat maskernya? Cukup hancurkan berapa potong kecil nanas hingga halus lalu oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas pakai air bersih. Wajah akan tampak cerah karena ada kandungan vitamin C juga di dalamnya.

Masker Pisang

Selanjutnya ada pisang, buah satu ini bisa dikonsumsi dengan berbagai macam variasi dalam memakannya. Pisang yang kaya akan berbagai macam vitamin dapat bermanfaat juga dalam bidang  kecantikan. Itu karena kandungan provitamin A, vitamin B, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin C dan B6 guna menjaga serta memperbaiki kondisi kulit wajah seperti kerutan salah satunya.

Yuk bikin maskernya dengan cara haluskan 1 potong pisang dalam wadah bersih menggunakan garpu bisa juga kamu tambahkan madu sedikit ke dalamnya. Lalu aduk rata agar menyatu dengan baik dan oleskan pada seluruh wajah, diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Wajah akan terasa lembab dan kenyal karena ada kandungan minyak alami di dalamnya.

Masker Lemon

Kalau lemon ini sangat enak saat dibuat jus dengan es batu yang membuat kamu segar. Kandungan vitamin C yang melimpah di dalamnya memiliki segudang manfaat dalam kesehatan maupun kecantikan. Berbagai kandungan asam seperti asam sitrat juga dapat mengurangi kerutan serta mencerahkan kulit wajah secara alami, lho!

Kamu hanya perlu memeras airnya saja untuk dijadikan masker. Peras air lemon ke wadah yang bersih lalu tambahkan sedikit air mineral, aduk-aduk dan ambil beberapa kapas terus masukan kedalam agar airnya meresap ke kapas. Tempelkan kapas itu pada wajah dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Masker Wortel

Selanjutnya ada sayuran nih, yaitu wortel. Sayuran satu ini dikenal karena dapat menjaga kesehatan mata, lho! Tapi siapa sangka, kalau ternyata kandungan likopen dan beta-karoten yang ada di dalam wortel ini dapat membantu kamu mengatasi kerutan serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Di jus bisa, dijadikan masker juga tentu bisa! Caranya ambil beberapa wortel lalu parut hingga halus. Aplikasikan parutan wortel tadi pada seluruh wajah hingga merata, diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih. Wajah akan terasa cerah alami dan segar kembali.

Masker Lidah Buaya

Bukan lidah buaya yang diambil dari hewan buaya nya langsung ya guys! Ini tuh tumbuhan lidah buaya atau sering dikenal dengan sebutan aloe vera. Kandungan vitamin A, C, dan E ini berperan sebagai antioksidan yang dapat menghalangi radikal bebas masuk dan menempel pada kulit kamu. Serta asam malat yang membantu meningkatkan elastisitas kulit kamu agar mengurangi kerutan.

Cara membuat maskernya cukup gampang kok! Keruk lidah buaya menggunakan sendok, taruh di wadah bersih lalu campurkan juga madu ke dalamnya aduk-aduk hingga menyatu dan teraduk rata. Oleskan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih. Wajah akan terasa halus, lembut dan sehat secara alami.

Masker Minyak Zaitun

Kamu berani gak meminum langsung minyak zaitun? Menurut penelitian, katanya mengkonsumsi minyak zaitun secara langsung dapat mengurangi kerutan di wajah, lho! Ini terjadi karena efek antioksidan yang berasal dari kandungan squalene, oleocanthal serta vitamin E membantu melembabkan hingga dapat meningkatkan kadar kolagen di dalam kulit kamu.

Untuk kamu yang gak suka konsumsi secara langsung, bisa kamu jadikan sleeping mask kok! Caranya hanya oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke wajah lalu pijat-pijat secara perlahan agar wajah kamu lebih rileks dan membuat otot-otot di wajah tidak tegang. Kamu bisa diamkan semalaman sembari tidur agar saat bangun kulit akan terasa lebih lembab.

Masker Putih Telur

Selain ada buah dan sayuran, disini juga terdapat telur yang bisa kamu jadikan masker. Tepatnya bagian putih telur, yang memiliki vitamin serta mineral guna mengurangi pori-pori dan menghilangkan kerutan dengan efek mengencangkan kulit pada wajah yang diperoleh dari kandungan zat astringent.

Cara membuatnya cukup dengan ambil bagian putih telur pada wadah bersih, campurkan juga sedikit air lemon aduk hingga tercampur dan oleskan pada seluruh wajah hingga merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat serta dengan air dingin sesudahnya. Wajah akan terasa lebih kencang.

Masker Yogurt

Saat pencernaan kamu merasa terganggu, pasti akan terpikir untuk mengkonsumsi yogurt kan? Yogurt memang bisa membantu kamu dalam memperbaiki masalah pencernaan. Namun, ternyata yogurt juga dijadikan masker perawatan kulit wajah, lho! Kandungan yang ada di dalamnya seperti protein, mineral, vitamin A serta vitamin B kompleks membantu menghilangkan kerutan, mencegah jerawat dan mencerahkan.

Lets go! kita bikin maskernya. Kamu cukup tuangkan beberapa sendok makan yogurt ke wadah yang bersih, lalu kamu juga bisa mencampurkannya dengan 1 sdt lemon dan madu. Campurkan hingga rata, aduk-aduk terus jika sudah selesai oleskan pada seluruh permukaan kulit wajah kamu dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat menggunakan handuk dan bilas juga menggunakan air dingin sesudahnya.

Masker Oatmeal

Oatmeal yang biasa kita jadikan sarapan sereal ternyata berguna untuk membuat kulit wajah kita dari berbagai masalah, lho! Seperti jerawat, kerutan, juga dapat membuat kulit wajah kita lembab, cerah, terlindungi dari pancaran sinar UV serta kandungan nutrisi yang ada di dalamnya membantu menjaga keseimbangan pH kulit di wajah.

Cara membuat maskernya cukup simpel, kamu hanya perlu mengambil beberapa sendok oatmeal ke wajah bersih dan campurkan air mineral kedalamnya aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada seluruh wajah diamkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

Masker Bubuk Kakao

Terakhir ada bubuk kakao atau bubuk coklat asli. Bubuk kakao ini kaya akan kandungan polifenolnya yang merupakan zat alami senyawa aktif memiliki efek antioksidan guna untuk merawat kulit kamu yang rusak akibat radikal bebas yang membuat kulit kamu mengalami kerutan.

Yuk langsung saja bikin maskernya! Campurkan 1 sdt bubuk kakao bersama 1 sdt madu hingga tercampur rata, lalu oleskan pada wajah diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat diikuti dengan air dingin sesudahnya. Wajah akan terasa tampak cerah dan lembab.

Semua yang tertulis di atas adalah masker alami untuk menghilangkan kerutan di wajah menggunakan beberapa bahan alami juga tentunya. Selalu gunakan secara rutin dan di barengi dengan pola hidup sehat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selalu ingat setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda, jadi selalu hati-hati dalam memakainya agar tidak iritasi apalagi untuk kulit yang sensitif. Selalu konsisten dan bersabar dengan hasilnya, hindari juga pemakaian bila terjadi iritasi atau reaksi alergi lainnya. Goodluck and stay safe!