Monday, 17 Jun 2024

Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

5 minutes reading
Thursday, 23 Feb 2023 02:34 0 117 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Dalam memasuki masa kehamilan untuk ibu hamil tentu saja perlu untuk memperhatikan asupan nutrisi yang baik, dimana selama kehamilan yang terdapat beberapa jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan untuk mengetahuinya bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Pada saat masa kehamilan tentu saja ibu yang ingin memberikan asupan nutrisi yang terbaik untuk calon buah hatinya agar lahir dengan sehat, selamat dan lancar, terdapat berbagai jenis minuman yang menyehatkan ibu hamil yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Namun terdapat juga beberapa jenis minuman yang bahkan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil yang bisa berpotensi membahayakan kesehatan janin didalam kandungan, sehingga untuk ibu hamil yang sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih minuman yang dikonsumsi agar janin didalam kandungan tetap sehat dan tumbuh menjadi lebih baik.

Sehingga untuk ibu hamil yang ingin mengetahui apa saja minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini dengan baik.

Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Menjaga asupan makanan dan juga minuman yang menjadi salah satu hal yang sangat penting perlu kamu perhatikan, hal ini dikarenakan apapun yang dikonsumsi oleh ibu yang nantinya dapat mempengaruhi janin yang ada didalam kandungan.

Apalagi untuk sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil yang menjadi lebih lemah dari umumnya sehingga untuk ibu hamil yang lebih rentan mengalami keracunan makanan atau minuman, adapun untuk beberapa jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Minuman yang Beralkohol

Minuman yang beralkohol menjadi salah satu jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil hal ini bisa beresiko merusak saraf janin didalam kandungan, dengan mengkonsumsi minuman untuk ibu hamil yang bisa menyebabkan janin yang terkena sindrom alkohol atau fetal alcohol syndrome (FAS).

Untuk bayi yang terkena sindrom alkohol ini yang kemungkinan besar mengalami kesulitan belajar, cacat lahir, menderita gangguan perilaku, mengalami gangguan pertumbuhan dan bahkan kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain, minuman alkohol juga yang akan membahayakan kesehatan ibu hamil yang beresiko mengalami tekanan darah tinggi, dehidrasi, diabetes gestasional hingga kekurangan nutrisi.

Minuman yang Bersoda

Untuk jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil yaitu minuman yang bersoda walaupun untuk minuman bersoda ini yang tidak benar-benar dilarang, namun sebaiknya untuk ibu hamil lebih waspada dan tidak sembarangan dalam mengkonsumsinya apalagi untuk minuman bersoda yang mengandung sejumlah kandungan yang dapat berdampak buruk kesehatan tubuh.

Minuman soda yang mengandung kalori dan gula yang tinggi serta pemanis buatan didalamnya yang membuat minuman bersoda ini yang menjadi salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, dengan mengkonsumsi minuman yang bersoda yang dapat meningkatkan risiko bayi prematur, mempengaruhi perkembangan bayi dalam jangka waktu yang panjang.

Olahan Susu yang Belum Dipasteurisasi

Mungkin untuk sejumlah orang yang menganjurkan ibu hamil mengkonsumsi minuman susu murni segar yang dianggap kaya akan kandungan nutrisi, namun ternyata untuk olahan susu murni yang belum dipasteurisasi yang termasuk ke dalam salah satu jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Dimana pasteurisasi sendiri merupakan proses pemanasan berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman yang menjadi penyebab penyakit yang bisa mengkontaminasi makanan atau minuman dan prosesnya yang dilakukan dengan memanaskan susu dalam suhu dengan durasi tertentu, untuk susu yang tidak dipasteurisasi yang memungkinkan patogen di dalamnya yang dapat memasuki tubuh ibu.

Food Safety yang menyatakan bahwa susu murni segar yang kemungkinan besar mengandung Campylobacter, Listeria, E.coli, Salmonella dan juga bakteri lainnya yang menjadi penyebab tuberkulosis, sehingga dengan begitu untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman susu yang belum dipasteurisasi karena bisa saja susu tersebut mengandung bakteri didalamnya yang bisa membahayakan kesehatan janin.

Minuman yang Berenergi

Minuman yang berenergi yang termasuk ke dalam salah satu jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil hal ini karena mengandung kafein cukup tinggi di dalamnya, selain itu juga mengandung gula, kalori, natrium yang bisa berdampak buruk untuk tubuh ibu dan juga janin didalam kandungan.

Kandungan kafein dalam  minuman berenergi ini yang tidak akan  dikeluarkan tetapi efek negatifnya yang tetap akan terjadi, dengan mengkonsumsi minuman yang berenergi pada saat hamil yang dapat mengganggu pola tidur bayi didalam kandungan dan bahkan hingga memicu mengalami keguguran.

Jus Wheatgrass

Tanaman Wheatgrass yang memiliki kandungan aktif berpotensi untuk membantu mengatasi berbagai penyakit dan biasanya tanaman ini yang dikonsumsi dalam bentuk jus dicampur dengan buah lainnya dikarenakan cenderung rasanya hambar, ternyata jus wheatgrass ini menjadi salah satu jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil jika asupannya secara berlebihan.

Karena kondisi rumput gandum yang biasa nya lembab sehingga dengan begitu banyak risiko kontaminasi yang dikaitkan oleh mikroba dan jamur, sehingga dengan begitu minuman yang satu ini tidak disarankan diminum oleh ibu hamil.

Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil lainnya yaitu minuman  yang mengandung kafein didalamnya seperti kopi dan satu cangkir yang merupakan batasan normal kopi untuk dikonsumsi ibu hamil, kandungan kafein ini yang dipercaya bisa menyebabkan pembuluh darah di dalam rahim dan juga plasenta menyempit.

Akibat dari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein uang berakibat suplai darah ke janin yang menjadi berkurang dan juga menghambat pertumbuhan, kandungan kafein juga yang dapat berpotensi mengganggu hormon stres janin dan berisiko mengalami kenaikan berat badan secara cepat setelah lahir, diabetes, obesitas dan bahkan penyakit jantung dikemudian hari.

Teh Hijau

Minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil yang terakhir yaitu teh hijau hal ini dikarenakan teh hijau yang mengandung sedikit kafein apalagi minum teh hijau secara berlebihan selama kehamilan yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin, hal ini yang bisa menyebabkan ibu hamil yang merasakan sulit tidur, merasa tegang atau merasakan heartburn.

Sebenarnya untuk jenis minuman teh hijau ini yang cukup aman dikonsumsi oleh ibu hamil namun perlu memperhatikan juga jumlah asupannya jangan sampai berlebihan, namun jika masih ragu kamu bisa dengan berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mengetahui batas wajar dalam mengkonsumsi yang aman.

Mungkin hanya itu saja beberapa minuman yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.