Thursday, 18 Jul 2024

4 Pantangan Diet Golongan Darah A, B, AB dan O

5 minutes reading
Thursday, 31 Aug 2023 04:29 0 183 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Masih banyak orang yang mencoba untuk melakukan diet golongan darah, namun sedikit orang yang tahu dengan beberapa pantangan diet golongan darah A, B, AB dan O dan pantangan tersebut yang tentu saja harus diketahui sebelum memulai melakukan diet.

Diet golongan darah yang pertama kalinya di ciptakan oleh Peter  D’Adamo yaitu seorang dokter naturopati, dimana dia yang telah mengklaim bahwa makanan yang dikonsumsi yang akan bereaksi secara kimiawi dengan golongan darah.

Untuk kamu yang mungkin sudah melakukan dan mengikuti berbagai macam diet tetapi tidak berhasil menurunkan berat badan yang sesuai dengan keinginan, maka salah satunya caranya dengan mencoba untuk melakukan diet golongan darah.

Telah dilansir dari laman Web MD yang menyatakan bahwa diet golongan darah yang dirancang sesuai dengan  golongan darah, sehingga tubuh yang akan mencerna makanan menjadi lebih efisien dan juga bisa menurunkan berat badan dan dengan memiliki energi yang lebih banyak juga dapat mencegah berbagai penyakit.

Nah untuk kamu yang ingin mencoba menerapkan diet golongan darah maka hal pertama yang harus diketahui yaitu dengan beberapa pantangan diet golongan darah A, B, AB dan O, untuk mengetahui beberapa pantangannya bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Pantangan Diet Golongan Darah A, B, AB dan O

Pantangan Diet Golongan Darah A, B, AB dan O

Pada setiap manusia yang lahir tentu saja membawa keunikannya masing-masing dan tidak ada orang yang mempunyai kesamaan yang sama persis dan bahkan sekalipun untuk mereka yang kembar, untuk fenomena tersebut seperti pertanda bahwa manusia yang harus lebih menghargai perbedaan yang dimulai dari diri sendiri.

Tetapi dibalik itu semuanya yang memiliki sesuatu yang menghubungkan antara kita sesama ras manusia yaitu golongan darah seperti yang telah kita ketahui terdapat 4 jenis golongan darah yaitu A, B, AB dan O, pada setiap golongan darah yang membawa identitas dan keunikan yang berbeda-beda.

Dengan melalui golongan darah pada setiap individu yang memiliki kesamaan dengan nenek moyang, karakteristik yang sama membentuk kelompok darah yang tertentu, dengan latar belakang warisan genetik tersebut perbedaan sudah terlihat pada orang dengan golongan darah yang berbeda.

Tahukah kamu bahwa ternyata terdapat jenis makanan yang tertentu yang baik untuk golongan darah yang tertentu, disamping itu juga yang terdapat jenis makanan yang seharusnya dan sebaiknya untuk dihindari oleh mereka yang memiliki golongan darah tertentu dan prinsip ini disebut sebagai diet golongan darah.

Adapun untuk beberapa cara diet dan juga pantangan diet golongan darah A, B, AB dan O yang perlu kamu lakukan menurut dr. D’Adamo untuk setiap jenis darah yaitu sebagai berikut:

Diet Golongan Darah Tipe A

Untuk mereka yang memiliki golongan darah tipe A idealnya biasanya mengkonsumsi makanan yang organik dan juga segar atau diet vegetarian yaitu seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan.

Namun untuk pantangan diet golongan darah tipe A yaitu sebaiknya untuk menghindari daging merah hal ini dikarenakan untuk mereka yang memiliki golongan darah tipe A ini yang memiliki sistem kekebalan yang sangat sensitif, dan golongan darah tipe A ini yang dapat melakukan olahraga yang sifatnya terpusat dan menenangkan seperti yoga.

Diet Golongan Darah Tipe B

Untuk kamu yang memiliki golongan darah tipe B yang dimana dr. D’Adamo yang telah mengatakan bahwa diet yang perlu dilakukan oleh golongan darah tipe B dianjurkan untuk makan telur, sayuran hijau, susu rendah lemak dan juga daging tertentu, dan golongan darah tipe B yang memiliki sistem kekebalan tubuh kuat, lebih mudah beradaptasi daripada golongan darah yang lainnya serta sistem pencernaan toleran.

Sedangkan untuk pantangan diet golongan darah tipe B ini yang harus menghindari mengkonsumsi gandum, jagung, lentil, kacang tanah, soba, tomat, dan juga biji wijen. selain itu golongan darah tipe B yang lebih rentan terhadap gangguan autoimun seperti lupus, kelelahan kronis dan juga multiple sclerosis.

Diet Golongan Darah Tipe AB

Untuk mereka yang memiliki golongan darah tipe AB yang secara biologis lebih kompleks daripada golongan darah tipe lainnya, berdasarkan dengan kepercayaan ini untuk orang-orang dengan golongan darah tipe A seharusnya melakukan terbaik dengan kombinasi diet golongan darah tipe A dan B walaupun harus membatasi mengkonsumsi daging.

Untuk makanan yang perlu diperhatikan yaitu termasuk makanan laut, tahu, susu dan juga sayuran hijau, untuk pantangan diet golongan darah tipe AB yaitu harus menghindari mengkonsumsi daging asap yang diawetkan, kafein dan alkohol.

Dimana menurut dr. D’Adamo juga yang mengatakan golongan darah AB akan cenderung memiliki asma lambung dan alergi yang rendah, tetapi untuk mereka yang memiliki golongan darah tipe AB yang sering terjadi penyakit jantung dna juga anemia.

Diet Golongan Darah Tipe O

Terakhir yaitu diet untuk mereka yang memiliki golongan darah O yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein, daging tanpa lemak, sayuran, ikan, unggas dan juga sedikit mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan serta susu.

Dimana dr. D’Adamo yang juga telah merekomendasikan dengan berbagai suplemen untuk membantu dalam mengatasi masalah perut dan juga masalah yang lainnya cenderung dialami oleh mereka yang memiliki golongan darah tipe O ini.

Dilansir dari laman Very Well Fit sedangkan untuk pantangan diet golongan darah O yang sebaiknya dihindari yaitu makanan yang mengandung gluten, kacang merah, lentil, kubis dan juga jagung, hal ini yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, kemudian untuk kondisi kesehatan kerap dialami golongan darah tipe O yaitu demam, asma, radang sendi dan juga alergi lainnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa cara diet dan juga pantangan diet golongan darah A, B, AB dan O yang perlu kamu ketahui agar proses diet dapat berjalan dengan baik, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.