Thursday, 20 Jun 2024

4 Perawatan Kucing Setelah Vaksin

6 minutes reading
Thursday, 14 Sep 2023 02:07 0 68 Sela Rahma

Nesiaverse.com – Apa saja perawatan kucing setelah vaksin? Perawatan seperti apa saja yang harus dilakukan setelah kucing divaksin? Kalau begitu langsung saja baca artikel ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahui terkait perawatan apa saja untuk kucing setelah divaksin.

Kucing banyak sekali digemari atau disukai banyak orang dan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Karena kucing adalah hewan yang sangat menggemaskan dengan tingkahnya yang lucu, cukup membuat kamu terhibur dengan segala tingkah lakunya yang random banget.

Namun, walaupun begitu dalam perawatannya pun harus benar-benar terjaga supaya si kucing selalu tetap sehat, bisa bertahan hidup lebih lama dan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu upaya untuk terhindar dari hal tersebut adalah dengan suntik vaksin pada kucing kamu.

Lalu kalau begitu apa saja perawatan kucing setelah vaksin? Nah, disini akan memberikan beberapa informasi tentang perawatan apa saja untuk kucing setelah vaksin agar dapat kamu pahami cara perawatannya. Jadi simaklah penjelasannya di bawah ini dengan seksama!

Perawatan Kucing Setelah Vaksin

Perawatan Kucing Setelah Vaksin

Sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai vaksinasi untuk kucing dan apa manfaat memvaksin kucing. Penting untuk mengetahui hal tersebut, supaya kamu tau betapa pentingnya memvaksin kucing dan bagaimana perawatan untuknya nanti.

Bukan hanya perawatan luar saja yang harus dilakukan, tapi perawatan dalam juga harus kamu lakukan untuk menjaga tubuh kucing tetap sehat, terhindar dari berbagai virus dan penyakit. Jika kamu membeli kucing yang belum divaksin, berarti kamu harus memvaksin kucing segera.

Kamu bisa membawanya ke dokter untuk di vaksin, biasanya vaksin pertama diberikan saat kucing masih berusia sekitar 6-8 minggu untuk seukuran anak kucing. Jika umur kucing kamu masih di bawah 6 minggu, usahakan untuk hindari memvaksin mereka karena masih rentan.

Sebab anak kucing di bawah umur 6 minggu masih tidak begitu kuat serta mereka sudah memiliki antibodinya tersendiri dari ASI induknya. Vaksin selanjutnya untuk seukuran kucing yang sudah cukup dewasa, yaitu saat kucing sudah berusia 3 bulan baru dilakukan vaksin ke-2.

Memvaksin kucing bertujuan untuk menghindari kucing dari serangan berbagai virus atau bakteri penyebab penyakit, dengan meningkatkan kekebalan tubuh si kucing atau sistem imun tubuhnya. Vaksinasi akan dilakukan dengan menyuntikkan 3 virus yang non aktif, diantaranya:

  1. Feline Herpes Virus (FHV) dan Feline Calicivirus (FCV), biasanya virus ini penyebab kucing flu.
  2. Feline Panleukopenia Virus (FPV)
  3. Feline Leukemia Virus (FeLV)

Kucing setelah vaksin biasanya akan mengalami gejala ringan yang sudah sering terjadi ketika divaksin seperti, pembengkakkan pada area yang disuntik, menjadi lebih lesu atau lemas, demam, gatal di area suntikan, namun tenang saja hal itu akan hilang dengan sendirinya.

Buat kucing peliharaan kamu yang belum vaksin, ayo segera memvaksin mereka, untuk perawatan kucing setelah divaksin, kamu bisa ikutin cara atau langkah-langkah berikut ini:

Berikan Makanan Yang Berkualitas

Makanan adalah hal yang paling penting untuk pertumbuhan serta kesehatan si kucing dengan merawatnya dari dalam. Asupan nutrisi dan gizi yang seimbang untuk tubuh si kucing agar tetap sehat serta memenuhi kebutuhan tubuhnya, penting untuk kucing apalagi habis divaksin.

Kamu bisa memberi makanan dengan kandungan yang lengkap untuk kucing, mulai dari vitaminnya, tinggi protein sebagai sumber energi mereka agar si kucing cepat pulih, serat, dan sebagainya. Membantu menstabilkan kesehatan serta pertumbuhan kucing dari dalam.

Selain itu sehabis divaksin nafsu makan kucing akan menurun, jadi penting sekali untuk kamu memilih produk makanan yang berkualitas guna meningkatkan nafsu makan si kucing agar mau makan banyak untuk pemulihan energinya supaya tidak semakin sakit nantinya.

Jangan Memandikan Kucing Terlebih Dahulu

Perlu untuk kamu ketahui kalo kucing yang habis divaksin itu jangan dimandikan selama 1 minggu, beserta jangan membiarkan kucing kamu groming sendiri atau menjilat-jilati tubuhnya terlebih dahulu sehabis divaksin. Makanya harus dipasang alat atau penghalang di lehernya.

Hal itu dilakukan untuk menghindari kucing dari stress, ternyata kucing habis disuntik vaksin ini dapat memicu stress. Apabila kamu memandikan kucing sehabis divaksin itu hanya akan membuat kucing semakin stress, karena saat tubuh kucing basah akan membuat kedinginan.

Jika kucing kamu habis mandi kedinginan itu akan membuat sistem imun tubuh kucing menurun atau melemah. Jadinya besar kemungkinan kucing menjadi stress dan pada akhirnya menjadi sakit, hal itu akan memperburuk keadaan kucing setelah disuntik vaksin.

Tidak Mengajak Kucing Untuk Main Keluar

Selain tidak boleh dimandikan, kucing yang habis divaksin juga tidak boleh diajak main keluar jauh-jauh terlebih dahulu. Karena kucing memerlukan istirahat yang cukup setelah divaksin, supaya sistem kekebalan atau imun tubuhnya dapat terbentuk dengan baik setelah divaksin.

Selain itu hal ini untuk menghindari kucing dari berbagai radikal bebas yang masuk atau nempel di tubuh kucing dan itu akan mengganggu pembentukan imun tubuh si kucing. Makanya usahakan untuk tidak mengajaknya bermain keluar atau jauh-jauh terlebih dahulu.

Anggap saja untuk memberi waktu mereka istirahat yang cukup, walaupun memang akan cukup membuat kucing jenuh dan bosan karena tidak bisa main keluar, kamu perlu ajak main di dalam rumah saja. Seperti bermain dengan catnip tumbuhan kesukaan kucing biar rileks.

Selalu Jaga Kebersihan Kandang Serta Lingkungan Sekitarnya

Kucing setelah disuntik vaksin memang akan sangat rentan sekali dan harus hati-hati dalam perawatannya atau menjaga si kucing dari berbagai gangguan yang dapat menghambat proses kerja vaksin tersebut. Selain menghindari kucing dari radikal bebas di luar, dari dalam juga iya.

Caranya seperti apa? Yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kandangnya dan lingkungan rumah kamu. Karena kucing juga pastinya akan selalu berada di dalam rumah untuk beberapa waktu, sebab bakteri atau debu tidak hanya ada di luar saja tapi dari dalam rumah juga ada.

Rutinlah membersihkan kandang si kucing serta tempat pup atau litter box kucing agar bersih. Pastinya kedua hal itu akan menjadi sarang bakteri jika dibiarkan kotor terus atau tidak dibersihkan. Ganti juga alas tempat tidur kucing dengan yang bersih, supaya kucing nyaman.

Jangan lupa juga rutin membersihkan rumah kamu atau setiap area dan ruangan yang sering ditempati si kucing supaya bersih. Selain untuk kesehatan kucing, bagus juga dilakukan biar kamu juga nyaman dengan lingkungan rumah yang bersih tidak ada debu dan kotoran.

Itulah beberapa perawatan kucing setelah vaksin yang mungkin perlu untuk kamu ketahui, agar bisa merawat si kucing dengan lebih baik lagi setelah kucing divaksin. Dengan begitu kucing akan cepat pulih serta dapat beraktivitas kembali seperti biasanya dan bisa bermain lagi.

Usahakan untuk tidak melakukan perawatan berlebihan yang tidak diperlukan, cukup dengan selalu menjaganya dan memperhatikan kondisi serta asupan makanan bernutrisi yang cukup pada kucing karena itu sangat perlu sekali untuk pemulihannya. Good Luck semoga membantu.