Thursday, 18 Jul 2024

Pohon Durian Cocok Ditanam Dimana Saja?

6 minutes reading
Wednesday, 9 Aug 2023 18:20 0 271 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Masih banyak pertanyaan yang masih sering di pertanyakan oleh kebanyakan orang salah satu pertanyaannya yaitu mengenai pohon Durian cocok ditanam dimana saja? Mungkin salah satunya kamu yang ingin mengetahui hal tersebut bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Durian adalah salah satu tanaman buah yang berasal dari hutan Malaysia, Kalimantan dan juga Sumatera berupa tanaman liar, dimana sebutan buah Durian ini yang berasal dari istilah Melayu yaitu dari kata “duri” dengan diberi akhiran kata “-an” sehingga sebutan menjadi durian dan kata ini yang dipergunakan untuk menyebut buah dengan memiliki kulitnya berduri tajam.

Untuk penyebaran tanaman pohon Durian ini yang begitu luas ke arah Barat yaitu ke India, Thailand, Burma dan juga Pakistan dan untuk buah Durian ini yang telah dikenal di Asia Tenggara sejak abad ke 7 M, tanaman buah Durian ini dengan memiliki nama lain yaitu suren (Jawa dan Gayo), duluan (Toraja), duriang (Manado), rulen (Seram Timur).

Dimana tanaman Durian ini yang termasuk ke dalam famili Bombaceae sebangsa dengan pohon kapuk-kapukan dan lazim disebut durian yaitu tumbuhan yang dari marga (genus) Durio, Lahia, Nesia, Boschia dan juga Coelostegia, tanaman Durian juga yang terdapat puluhan durian yang telah diakui keunggulan oleh Menteri Pertanian dan sudah disebarluaskan kepada masyarakat untuk lanjut dikembangkan.

Berbagai macam varietas atau jenis Durian diantaranya ada durian sukun (Jawa Tengah) sitokong (Betawi), petruk (Jawa Tengah), sunan (Jepara), simas (Bogor), sihijau (Kalimantan Selatan), sijapang (Betawi), cidodol (Kalimantan Selatan), otong (Thailand) dan juga kai (Thailand), tanaman Durian ini juga yang memiliki manfaatnya selain sebagai makanan buah segar dan juga olahan lainnya saja.

Beragam manfaatnya bisa kamu jumpai saat menanam tanaman Durian yaitu tanamannya yang bisa digunakan sebagai pencegah erosi pada lahan yang miring, batang yang bisa digunakan untuk bahan bangunan atau perkakas rumah tangga karena kayunya yang cenderung lurus dan kayu durian setara dengan kayu sengon, dalam biji buah Durian mengandung pati cukup tinggi berpotensi untuk alternatif pengganti makanan yaitu bisa dibuat bubur atau dengan dicampur daging buahnya.

Kulit tanaman Durian yang bisa digunakan sebagai bahan abu gosok yang bagus dengan menggunakan cara dijemur hingga kering dan dibakar sampai hancur, setelah kamu mengetahui semuanya selanjutnya kamu perlu mengetahui mengenai dengan pohon Durian cocok ditanam dimana?

Pohon Durian Cocok Ditanam Dimana Saja?

Pohon Durian Cocok Ditanam Dimana Saja?

Walaupun buah Durian ini yang tidak menyukai tanaman tersebut tetapi tanaman Durian juga yang menjadi salah satu buah bisa membuat banyak orang akan ketagihan, dengan memiliki aroma yang tajam dan rasa dagingnya begitu sangat khas Durian yang menjadi buah paling digemari sehingga tidak heran jika buah yang satu ini paling digemari dan bahkan banyak juga masyarakat yang rela untuk mengantri dan merogoh uang yang lumayan mahal.

Dimana buah Durian sendiri adalah jenis buah tahunan sehingga tidak akan mudah untuk menemui buah ini setiap hari, bahkan hanya bisa menikmati buah tersebut saat musim dan juga panen raya sudah tiba sehingga tidak heran lagi jika harga buah Durian yang berkualitas baik bisa dibandrol dengan harga yang mahal.

Tidak hanya itu saja ternyata dalam menanam pohon Durian sendiri tidak bisa sembarangan oleh karena itu terdapat syarat tumbuh pohon Durian yang bisa kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Iklim

  • Untuk tanaman durian yang memiliki curah hujan maksimal sekitar 1500 hingga 300 mm per tahun dan maksimum sekitar 3000 hingga 3500 mm per tahun, dengan curah hujan merata sepanjang tahunnya dengan musim kemarau sekitar 1 hingga 2 bulan sebelum berbunga lebih baik dibandingkan hujan terus menerus.
  • Tanaman durian yang membutuhkan intensitas cahaya matahari sekitar 60 hingga 80%, pada saat masih kecil atau baru ditanam pohon Durian di kebun, tanaman Durian yang tidak akan tahan terik sinar matahari di musim kemarau sehingga dengan begitu untuk tanaman Durian yang masih kecil perlu dilindungi.
  • Tanaman Durian biasanya cocok dengan suhu rata-rata sekitar 20 hingga 30 derajat celcius, pada saat suhu 15 derajat celcius maka tanaman Durian yang bisa tumbuh tetapi pertumbuhannya yang tidak optimal sedangkan jika suhu mencapai 35 derajat celcius maka daun pohon Durian yang akan terbakar.

Media Tanam

  • Untuk tanaman Durian yang menghendaki tanah subur yang kaya akan bahan organik didalamnya, partikel penyusunan tanah yang seimbang antara pasir liat dan juga debu sehingga akan lebih mudah dalam membentuk remah.
  • Memiliki derajat keasaman tanah yang akan digunakan untuk tanam pohon Durian yaitu p(H) 5 hingga 7 dengan pH optimum sekitar 6 hingga 6,5.
  • Untuk  tanaman Durian ini yang termasuk tanaman tahunan dengan perakaran dalam sehingga membutuhkan kandungan air tanah yang kedalam cukup sekitar 50 hingga 150 cm dan 150 hingga 200 cm, apalagi kedalaman air tanah terlalu dangkal atau dalam maka rasa buah Duriannya yang tidak manis, tanaman yang akan kekeringan dan juga akarnya membusuk akibat tergenang.
  • Jenis tanah yang cocok untuk pohon Durian yaitu jenis tanah andosol dan juga grumosol, untuk penjelasan kedua jenis tanah ini yang akan dibahas di bawahnya.

Tanah Grumosol

Tanah grumusol adalah tanah terbentuk dari batuan kapur dan tuffa vulkanis dan umumnya tanah grumosol bersifat basa dan memiliki kandungan unsur hara didalamnya sedikit, sehingga dapat memaksimalkan pertumbuhan serta perkembangan tanaman yang diperlukan pemeliharaan serta perawatan secara intensif dan untuk tanah jenis ini mampu mengikat air yang kuat dan ini menjadi poin penting dalam budidaya tanaman Durian, karena tanaman durian menghendaki tanaman derajat keasamannya berada dibawah angka 5 dan mampu mengikat air dengan baik.

Untuk struktur tanah grumosol yang memiliki perbedaan antara bagian atas dan bawahnya untuk bagian atas yang memiliki ukuran butiran granular lebih besar dari pasir sedangkan pada bagian dalamnya sedikit pejal dan bergumpal, dengan memiliki warna tanah hitam keabu-abuan hal ini bisa membuat sedikit merasa kesulitan di dalam melakukan pengolahan dan untuk kondisi struktur tanah seperti ini sangat cocok untuk tanaman Durian karena bisa menancap dengan kokoh dan tegak sehingga tidak akan mudah rebah nantinya.

Tanah Andosol

Tanah Andosol merupakan tanah berasal dari sisa aktivitas vulkanis gunung berapi dan jenis tanah ini memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, karena sisa dari aktivitas gunung berapi yang telah menjadi tanah memiliki kandungan dan material bahan organik yang banyak sekali dan tentunya mengandung banyak unsur hara didalamnya yang dibutuhkan oleh tanaman seperti tanaman Durian yang membutuhkan banyak asupan unsur hara untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman Durian tersebut.

Warna tanah andosol sendiri yang berwarna hitam kecoklatan hal ini karena kandungan humus dan bahan organik di dalamnya yang tinggi dan struktur tanah yang bisa ditemukan pada bagian lapisan tanah horizon lebih dalam dengan kondisi tanah yang remah,selain itu kandungan bahan mineral yang pas sehingga termasuk jenis tanah paling ideal untuk tanaman Durian.

Ketinggian Tempat

Untuk ketinggian tempat yang cocok dalam bercocok tanam tanaman Durian yaitu tidak boleh lebih dari 800 meter dari permukaan laut, ada juga jenis tanaman Durian cocok ditanam di berbagai ketinggian, tanah yang berbukit atau dengan kemiringannya kurang dari 15 kurang praktis daripada untuk lahan datar rata.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan pohon Durian cocok ditanam dimana yang dapat kamu ketahui dimulai dari iklim, media tanah hingga ketinggian tempat yang sangat cocok untuk ditanam Durian agar mendapatkan hasil  yang optimal, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.