Monday, 17 Jun 2024

Reaksi Efek Samping Setelah Minum Jus Buah Bit

4 minutes reading
Wednesday, 16 Nov 2022 13:43 0 292 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Walaupun buah Bit ini yang memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh, namun apakah kamu tahu jika mengkonsumsi buah Bit ini yang ternyata ada reaksi efek sampingnya dan salah satunya setelah minum jus buah Bit.

Memang tidak dapat dipungkiri jika buah Bit ini menjadi salah satu sayuran yang sangat menyehatkan namun jika kita mengkonsumsi buah Bit ini yang terlalu sering atau berlebihan, hal ini yang akan ada efek sampingnya baik itu buah Bit diolah dengan menjadikannya jus, atau olahan yang lainnya.

Reaksi Efek Samping Setelah Minum Jus Buah Bit

Reaksi Efek Samping Setelah Minum Jus Buah Bit

Untuk mengetahuinya berikut dibawah ini ada beberapa reaksi efek samping setelah minum jus buah Bit yang bisa kamu ketahuinya yaitu sebagai berikut.

Ruam

Reaksi alergi akibat dari mengkonsumsi buah Bit ini yang bisa muncul seperti biduran, ruam, gatal, demam atau bahkan hingga menggigil, bahkan ada beberapa orang yang mengeluh merasa sesak nafas setelah mengkonsumsi buah Bit ini, selain itu juga ada hematuria atau ada darah di dalam urin.

Gangguan pada Lambung

Dengan mengkonsumsi buah Bit yang ternyata bisa memperparah pada kondisi gangguan lambung yang telah ada yaitu bisa menyebabkan kram, kembung dan bahkan memicu konstipasi atau diare, selain itu juga dapat menyebabkan perut menjadi sakit karena di dalamnya yang terlalu banyak gas.

Gula Darah yang Naik

Untuk mereka yang sebelumnya sudah memiliki masalah dengan kadar gula darahnya dan mengkonsumsi buah Bit maka akan ada reaksi efek sampingnya salah satunya dengan mengkonsumsi buah Bit yang dijadikan minuman jus yaitu membuat gula darah naik, karena akar pada buah Bit yang memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga akan menimbulkan masalah untuk mereka yang bermasalah kadar gula darah.

Asam Urat

Buah Bit yang memiliki kandungan oksalat di dalamnya ternyata bisa memberikan reaksi efek samping setelah minum jus buah Bit ini yaitu memicu asam urat, dimana penyakit asam urat ini yang muncul karena timbunan yang berlebih asam urat di dalam sendi dan gejala yang dialami asam urat ini yaitu nyeri sendi, pada area sendi yang terlihat kemerahan, demam tinggi dan juga sensasi seperti ditusuk-tusuk.

Batu Ginjal

Untuk akar pada buah Bit ini yang kaya akan kandungan oksalat yang bisa menyebabkan batu ginjal, terbentuknya batu ginjal yang pada umumnya disebabkan oleh kalsium tetapi mineral yang telah bercampur dengan substansi yang lain dan terkhususnya oksalat yang bisa membentuk batu ginjal.

Apalagi dengan mengkonsumsi buah Bit ini yang bisa meningkatkan konsentrasi oksalat di dalam urin sehingga hal ini yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal karena kalsium dan oksalat, sehingga untuk para penderita batu ginjal untuk mengurangi atau berhenti mengkonsumsi buah Bit.

Dapat Berbahaya untuk Hati

Buah Bit yang kaya akan zat besi, tembaga, magnesium dan juga fosfor yang memang sangat baik untuk kesehatan tetapi jika mengkonsumsi logam yang berlebihan bisa menyebabkan akumulasi pada bagian organ hati atau liver, dengan timbunan lohan secara otomatis yang sangat berbahaya bagi hati atau pankreas.

Tekanan Darah Menjadi Rendah

Reaksi efek samping setelah minum jus buah Bit untuk para penderita hipertensi mungkin sangat membantu dan menguntungkan, tetapi untuk penderita tekanan darah rendah atau berfluktuasi maka efek sampingnya yang sangat berbahaya untuk kesehatan karena kandungan nitrat yang terdapat di dalam buah Bit ini yang bisa menurunkan tekanan darah walaupun orang sehat sekalipun yang mengkonsumsinya.

Beeturia

Beeturia merupakan salah satu kondisi yang berubahnya warna urin menjadi berwarna merah keunguan seperti buah Bit, dengan mengkonsumsi buah Bit yang berlebihan bisa membuat warna urin yang pada biasanya berwarna kuning bening namun menjadi berwarna pink atau merah keunguan.

Untuk beeturia ini memang sebenarnya tidak berbahaya tetapi untuk para penderita gangguan metabolisme zat besi mungkin beeturia ini berbahaya, karena pada umumnya efek ini sering dialami oleh mereka yang dalam kondisi kekurangan zat besi.

Masalah untuk Kehamilan

Buah Bit tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena terdapat salah satu komponen di dalam buah Bit ini yaitu betain yang bisa menimbul masalah pada kehamilan, selain ibu hamil yang lebih cenderung lebih sensitif terhadap efek nitrat atau nutrisi yang memiliki kadarnya yang tinggi di dalam buah bit dan bahkan janin juga sensitif terhadap sifat yang beracun nitrit dan stres oksidatif ini yang akan mengalami peningkatan khususnya usia kehamilan selama minggu ke 30.

Feses yang Berubah Warna

Buah Bit yang memiliki kandungan antosianin di dalamnya sehingga membuat warna sayuran yang satu ini sangat intens dan betasianin yang bisa menyebabkan feses yang berubah warna, untuk perubahan warna feses ini yang tergolong tidak berbahaya tetapi jika kamu mengalaminya alangkah lebih baiknya untuk langsung konsultasi dan periksa ke dokter.

Mungkin hanya itu saja beberapa reaksi efek samping setelah minum jus buah Bit yang perlu kamu ketahui dan pastikan untuk mengkonsumsi buah Bit ini seperlunya saja jangan sampai berlebihan untuk menghindari yang tidak diinginkan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.