3 Susu Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

6 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 03:36 0 84 Muti Karya

Nesiaverse.com – Ada beberapa jenis susu yang cocok dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Meskipun banyak informasi yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi susu dapat memicu naiknya kadar asam lambung dengan cepat. Namun, kamu tetap dapat mengkonsumsi beberapa jenis susu yang aman bagi penderita asam lambung. Sehingga kebutuhan dan nutrisi yang didapat dari susu tetap bisa kamu dapatkan dalam porsi dan jumlah yang sama. 

Hal ini diungkapkan oleh ahli gizi klinis MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, yaitu Inge Permadhi yang mengatakan bahwa seseorang yang memiliki masalah asam lambung tetap bisa mengonsumsi susu, namun tidak dalam kondisi perut kosong. Selain itu terdapat beberapa jenis susu yang memang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung

Susu Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung

Asam lambung dikenal juga dengan GERD, merupakan salah satu kondisi dimana cairan asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Kondisi ini terjadi karena bagian cincin otot yang berada di bagian bawah kerongkongan melemah, cincin otot ini disebut dengan sfingter. 

Ketika sfingter melemah, maka asam lambung akan masuk dan naik ke rongga kerongkongan. Sfingter sendiri memiliki fungsi untuk mencegah makanan di perut tidak naik kembali ke kerongkongan hal inilah yang dapat memicu gejala asam lambung. Selain itu salah satu penyebab melemahnya sfingter sendiri adalah pola makan yang tidak baik. 

Ketika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi lemak maka dapat menyebabkan asam lambung naik juga. Hal inilah yang kerap kali menyebabkan seseorang penderita GERD atau asam lambung menghindari konsumsi susu. Susu dianggap dapat memicu dan memperburuk kondisi asam lambung seseorang. Padahal kandungan dan nutrisi susu sendiri sangat baik untuk tubuh seseorang.

Susu Bagi Penderita Asam Lambung

Pada dasarnya penderita asam lambung hanya perlu mengonsumsi susu yang cocok untuknya. Mengingat susu menjadi salah satu sumber kalsium bagi tubuh agar meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu mineral di dalamnya juga penting bagi penderita asam lambung. 

Dalam sebuah studi yang dilansir dari National Library of Medicine, mengkonsumsi kalsium karbonat terbukti dapat menguatkan fungsi dari sfingter. Sehingga risiko munculnya gejala GERD atau asam lambung bisa berkurang. Selain itu kandungan lain pada susu sapi sendiri akan memberikan efek yang baik bagi penderita asam lambung, yaitu protein di dalamnya. 

Karena kandungan protein dalam susu sendiri dapat merangsang produksi hormon gastrin. Gastrin merupakan salah satu hormon yang akan meningkatkan fungsi sfingter lebih kuat lagi. Dengan demikian akan menghambat makanan naik ke kerongkongan., kemungkinan atau resiko makanan naik ke kerongkongan pun akan berkurang. 

Yang ditakutkan dari mengkonsumsi susu bagi penderita asam lambung adalah karena kandungan lemak yang tinggi di dalamnya. Karena lemak sendiri membutuhkan waktu mencerna yang lebih lama lagi. Menurut dr. Theresia Rina Yunita terdapat beberapa orang yang memiliki sensitivitas lebih terhadap lemak susu, sehingga dapat memicu gangguan pencernaan setelah mengkonsumsinya. Hal ini merupakan salah satu permasalahan yang kerap kali dikeluhkan para penderita asam lambung. 

Beriku beberapa jenis susu yang cocok dan baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung. 

Susu Rendah Lemak

Ada beberapa jenis susu yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, salah satunya adalah susu rendah lemak. Susu rendah lemak bisa kamu dapatkan di pasaran. Whole milk yang memiliki kandungan lemak utuh, susu rendah lemak sebanyak 2 % lemak dan susu skim atau bebas lemak. Susu satu ini cocok untuk dikonsumsi seseorang yang memiliki permasalahan asam lambung. 

Susu bebas atau rendah lemak juga bisa menjadi buffer sementara bagi lambung kamu. Karena larutan yang bersifat buffer dari situs ini tidak mudah untuk terpengaruh oleh PH atau perubahan tingkat keasaman lingkungannya. Sehingga nantinya kondisi dan situasi lambung tidak akan bertambah asam atau netral kembali. 

Memiliki kandungan lemak yang rendah, membuatnya memiliki risiko asam lambung yang kecil ini mengalami penurunan dan dapat dicegah. Dalam sebuah studi yang dilansir dari Gastroenterology Research and Practice, dikatakan bahwa penderita asam lambung akan mengalami pengurangan gejala ketika melakukan diet rendah lemak, begitupun dengan susu rendah lemak. 

Susu Kedelai

Susu kedelai juga menjadi salah satu pilihan yang aman dan cocok bagi seseorang yang memiliki permasalah asam lambung atau GERD . Namun susu kedelai yang rendah lemak ini baik dikonsumsi karena memiliki kadar lemak yang aman untuk dikonsumsi dan dapat menghindari risiko asam lambung naik hingga ke kerongkongan. 

Dalam satu gelas susu kedelai atau 200 mL terdapat kandungan 5 gram lemak di dalamnya, yang mana lebih rendah daripada kandungan lemak dalam susu sapi dengan jenis whole milk sekalipun. Sehingga bermanfaat dan baik dikonsumsi penderita asam lambung 

Dilansir dari Universidad Nueva San Salvador, dikatakan bahwa susu kedelai memiliki sifat basa yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu makanan alkali. Makanan alkali merupakan salah satu jenis makanan yang baik dan dapat mengatasi asam lambung. 

Menurut dr. Muhammad Iqbal .R, susu kedelai memiliki kandungan yang bermanfaat bagi sistem pencernaan, yaitu kandungan kalsium, mineral dan vitamin di dalamnya. ” Susu Kedelai dapat melapisi esofagus dan lambung, dengan demikian dapat membantunya mencegah iritasi dan peradangan yang disebabkan naiknya cairan asam lambung dalam tubuh “.

Sehingga susu kedelai menjadi adalah salah satu jenis susu alternatif yang dapat kamu jadikan opsi untuk mendapatkan sumber kalsium, mineral dan vitamin yang baik bagi kesehatan tulang. Karena kadar lemak di dalamnya yang rendah sehingga tidak akan membuat perut kamu merasa tidak nyaman setelah mengkonsumsinya. 

Susu Almond

Terakhir, ada jenis susu almond yang diklaim sebagai salah satu jenis susu yang sangat cocok untuk penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan susu almond dinilai aman karena sifatnya yang basa. Almond memiliki pH 8,4 yang termasuk dalam golongan basa tinggi jika dibandingkan jumlah pH dalam kandungan susu lain seperti susu sapi yang memiliki pH 6,8. 

Nilai pH dalam susu tersebut dapat membantu untuk menetralisir kadar asam lambung. Sebagai salah satu jenis susu nabati, susu almond memiliki sifat basa yang sangat baik, berdasarkan pH diatas. Dilansir dari Food Fad, bahwa ketika gejala asam lambung muncul, maka susu almond akan mengencerkan asam lambung di dalamnya dan mencegah naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. 

Kandungan lemak susu yang rendah dalam susu almond ini sangat baik. Karena tidak akan memperburuk gejala asam lambung, seperti sensasi burn heart yang membuat area dada tidak nyaman hingga sesak nafas. Sehingga susu almond ini baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Hanya saja jika membahas soal pH dan proses netralisasi asam lambung dan lajunya, harus menjalani penelitian lebih lanjut. Hal ini bertujuan memastikan bahwa kandungan dalam susu almond ini memang sangat aman dari segi pH, khususnya bagi penderita asam lambung.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis susu yang cocok dan baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung atau GERD. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dan promosi yang baik, maka kamu bisa mendapatkan nutrisi dan gizi dari susu tersebut secara maksimal. 

Namun, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa perut kamu tidak dalam keadaan kosong sebelum mengonsumsi susu. Selain itu kamu harus menyertai konsumsi susu dengan makanan yang sehat dan seimbang. Dengan demikian dapat meredakan gejala asam lambung secara maksimal dan tidak akan memicu munculnya gejala asam lambung dikemudian hari juga.

x