Monday, 17 Jun 2024

10 Tempat Wisata di Banjar Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

8 minutes reading
Monday, 3 Jul 2023 13:09 0 201 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Provinsi Jawa Barat yang tidak pernah habis dengan menyajikan berbagai pesona alam mampu menghipnotis mata salah satunya kota Banjar, inilah beberapa rekomendasi tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits wajib kamu ekspor pada saat memilih liburan ke kota Banjar.

Kota Banjar merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia dan kota Banjar tersedia di perbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Cilacap, Banjar sendiri menjadi pintu gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat dan kota ini disebut juga Banjar Patroman (Banjar Patroman).

Untuk nama Banjar Patroman tersebut yang menjadi pembeda antara kota Banjar dengan kabupaten Banjarnegara di Provinsi Jawa Tengah, walaupun demikian Banjar tersebut memiliki wilayah yang tidak terlalu luas tetapi wilayah tersebut tetap memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik.

Kota Banjar tersedia berbagai wisata alam dengan memiliki suasana yang menyejukkan dapat kamu temukan dan salah satu wilayah yang dapat kamu kunjungi untuk bisa mengeksplorasi keindahan alam yaitu Kabupaten Banjar, bahkan tidak hanya tempat wisata alam saja namun ada beberapa wisata lainnya tersedia di Banjar yang memiliki pemandangan instagramable dan pengunjung bisa mengambil berbagai foto dengan berlatar pemandangan yang indah.

Penasaran bukan apa saja tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits, untuk mengetahuinya maka bisa dengan menyimak penjelasan dibawah ini dengan mengetahui hal tersebut maka sangat berguna pada saat kamu berkunjung ke Banjar.

Tempat Wisata di Banjar Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Untuk tempat wisata di Banjar yang memiliki keunikan dan sangat eksotis untuk membantu dalam mengisi liburan kamu bersama anak-anak dan keluarga menjadi semakin berkesan, tidak berbeda jauh dengan beberapa wilayah lainnya yang ada di Provinsi Jawa Barat kota Banjar juga menawarkan pemandangan yang indah dan sangat cocok untuk melengkapi liburan kamu.

untuk kamu yang belum pernah mendatangi kota Banjar mungkin akan bingung dalam memilih tempat wisata terbaik bisa dikunjungi pada saat di Banjar bersama keluarga, namun jangan khawatir di bawah ini ada beberapa tempat wisata di Banjar yang bisa dikunjungi untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits yaitu sebagai berikut:

Wisata Rest Area Banjar

10 Tempat Wisata di Banjar Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Rest Area Banjar merupakan salah satu tempat istirahat untuk para pengendara jarak jauh yang ingin melepaskan lelah dan penat dalam berkendara jauh, tetapi berbeda dengan rest area pada tempat lainnya karena di tempat rest area Banjar pengunjung yang dapat menikmati suasana yang sangat nyaman karena tersedia pepohonan yang besar dan tinggi terlihat sangat rindang sehingga menjadikan rest area ini menjadi tempat wisata yang menarik.

Untuk rest area Banjar yang berlokasi di Jalan. Raya Ciamis No. 144, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar dan biasanya di tempat wisata rest area Banjar banyak anak-anak muda yang sedang nongkrong setiap harinya, bahkan pengunjung tidak hanya dapat menikmati suasana yang sejuk dan nyaman namun pengunjung juga yang dapat menikmati sajian kuliner yang nikmati di rest area tersebut yang telah disediakan di warung-warung sekitar sana.

Wisata Tembok Hijau Sumanding

10 Tempat Wisata di Banjar Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Salah satu tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa kamu kunjungi yaitu ada tembok hijau Sumanding untuk tembok satu ini dijuluki dengan sebutan tembok hijau dikarenakan terdapat tumbuhan yang merambat di tembok tersebut, sehingga tidak heran jika tembok tersebut dapat menjadi daya tarIk para wisatawan dikarenakan keindahan tembok hijau berhiaskan dengan tanaman sehingga menjadi spot foto.

Untuk kamu yang ingin mencoba datang dan penasaran dengan tempat wisata tembok hijau sumanding maka bisa langsung datang ke kelurahan Mekarsari, Banjar, bahkan keindahan dari tembok hijau sumanding tersebut disebutkan tidak kalah indahnya dari tembok terdapat di Jogja.

Wisata Situ Mustika

10 Tempat Wisata di Banjar Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Situ Mustika menjadi salah satu tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits berlokasi di hutan lindung Kaki Gunung Babakan Desa Karangpanimbal, Purwaharja, Banjar, dengan lokasi tempat wisata ini yang berada di hutan jati yang sangat rimbun dilengkapi dengan udara yang sejuk akan membuat pengunjung semakin nyaman dan betah.

Tempat wisata Situ Mustika mempunyai nama yang sangat unik dikarenakan danau tersebut digunakan sebagai lokasi untuk meruwat mustika atau pusaka peninggalan zaman dahulu terutama untuk peninggalan Kerajaan Galuh dan juga Panjalu, dengan memiliki pesona keindahan yang tidak terbantahkan lagi ditambah terdapat pulau kecil pada bagian tengah danau dan untuk bisa mencapai pulau kecil ini terdapat jembatan gantung bisa mengantarnya ke pinggir daratan.

Wisata Taman Cinta

10 Tempat Wisata di Banjar Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Untuk tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits yang lainnya bisa dengan berkunjung ke Taman Cinta berlokasi di pusat kota Banjar, tempat wisata yang satu ini juga sangat cocok untuk mereka yang ingin nongkrong karena taman ini yang telah menyajikan pemandangan yang indah dan terdapat juga fasilitas cukup lengkap.

Sebenarnya Taman Cinta ini merupakan taman terbuka yang telah dijadikan sebagai salah satu tempat wisata masyarakat Banjar, tetapi dikarenakan kurangnya kesadaran para pengunjung sehingga membuat Taman Cinta ini yang kurang terawat dan pada akhirnya terlihat banyak coretan pada sekitarnya.

Wisata Gunung Mandalare

Untuk tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits terakhir bisa dikunjungi yaitu ada wisata Gunung Mandalare berlokasi di Desa Mandalare, Kecamatan Pataruman, Kabupaten Banjar, disini pengunjung yang bisa melihat pemandangan yang indah ditambah lagi suasananya yang nyaman dan segar.

Gunung Mandalare yang berlokasi di Gunung Sawal atau berada di kilometer dari pusat kota Banjar, dimana untuk tempat wisata ini sesuai dengan namanya terdapat gunung memang menjadi salah satu destinasi wisata pilihan pariwisata sejak tahun 90-an terlebih lagi kawasan di gunung terdapat kolam cadas gantung yang sangat indah yang berada di antara rimbunan hutan jati.

Wisata Situ Leutik

Untuk kamu yang ingin melepaskan penat atau lelah setelah melakukan aktivitas yang cukup memakan pikiran maka bisa dengan mengunjungi tempat wisata Situ Leutik, Situ Leutik ini yang sebenarnya waduk kecil berada di Desa Pasirnagara, Babakan pance-Cibeureum, Banjar dengan menyediakan lokasi untuk memancing sehingga sangat cocok untuk mereka yang memiliki hobi memancing.

Tetapi menurut masyarakat setempat yang menyatakan bahwa danau tersebut terkenal cukup angker sehingga untuk pengunjung yang kesini sebaiknya harus bersikap baik dan menjadi perkataan, untuk kedepannya danau ini yang akan dikembangkan menjadi objek wisata terpadu dimana dibuat kios cinderamata, kantin, sarana outbond, sepeda air hingga perahu duyung terdapat juga tempat untuk jogging menjadi tempat favorit dalam kegiatan jogging atau hanya bersantai menikmati pemandangan alam sekitar yang cantik.

Wisata Taman Kota Lapang Bakti

Taman Kota Lapang Bakti menjadi salah satu tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits sangat cocok dikunjungi pada saat liburan akhir pekan dan untuk taman kota di ruang publik merupakan milik pemerintah Kota Banjar, biasanya tempat wisata ini dijadikan sebagai lokasi rekreasi, bermain, olahraga dan bahkan banyak orang yang hanya untuk menongkrong.

Dengan berbagai hal tersebut tentu saja tidak bisa terlepas dari fasilitas yang telah ditawarkan di tempat wisata tersebut terdapat wahana panjat tebing, arena bermain anak, jogging track dan masih banyak lagi yang lainnya, pada sekitar taman Kota Lapang Bakti juga tersedia banyak pedagang kaki lima menawarkan berbagai aneka jajanan lezat untuk para pengunjung.

Wisata Banjar Waterpark

Kota Banjar memiliki waterpark yang tidak kalah menariknya dengan daerah lainnya bernama Banjar Waterpark yang berlokasi di Jl. Didi Kartasasmita, Banjar, Kota Banjar, Banjar Waterpark ini menjadi salah satu tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa kamu kunjungi dengan memiliki berbagai permainan wahana air  yang seru dan menyenangkan bisa digunakan untuk semua kalangan usia baik anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk Waterpark yang satu ini telah berdiri sejak tanggal 21 Februari 2010 yang telah diresmikan oleh Dr. dr. H. Herman Sutrisno dengan memiliki suasana yang sejuk dari air kolam dipadukan dengan permainan wahana air yang seru yang akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan, terdapat seluncuran yang berliku-liku  cukup ekstrim dan Lazy River yaitu kolam renang untuk mereka yang ingin bermalas-malas berenang hanya dengan menaiki pelampung dan masih banyak lagi wahana lainnya.

Wisata Taman Dobo

Untuk tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa kamu kunjungi yaitu ada Taman Dobo berlokasi di Pataruman, Kota Banjar, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu ingin pergi liburan ke kota Banjar dengan budget terbatas walaupun harga tiket terjangkau namun taman Dobo menyajikan suasana taman yang sejuk dan teduh.

Bahkan tidak hanya itu saja terdapat pemandangan sungai Citanduy membelah Jawa Barat dan Jawa Tengah para pengunjung yang dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah, terdapat juga wahana untuk bermain anak-anak yang menyenangkan dan seru bahkan terdapat berbagai jenis makanan sehingga pengunjung bisa berwisata kuliner di taman tersebut.

Wisata Situs Kokoplak

Terakhir ada wisata Situs Kokoplak merupakan situs peninggalan menjadi lokasi wisata religi bernuansa mistis dengan hal ini yang justru menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan, untuk tempat wisata yang satu ini berlokasi di Dusun Pananjung, Desa Mulyasari, Pataruman, Banjar.

Dimana untuk tempat wisata yang satu ini memiliki cerita yang sangat tragis yang dimana terdapat manusia dijadikan sebagai tumbal oleh keluarganya di situs tersebut, untuk tumbal tersebut konon sekarang menjadi kera atau monyet di sana dan untuk mengenai benar atau tidaknya tidak bisa dibuktikan secara ilmiah tetapi begitu adanya menurut cerita berasal dari masyarakat sekitar.

Mungkin hanya itu saja untuk ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Banjar untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits dapat kamu kunjungi pada saat berada di kota Banjar, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat bersenang-senang dengan pergi ke tempat wisata yang terdaftar diatas.