Monday, 17 Jun 2024

Youtube Tidak Bisa di Update? Begini Cara Mengatasinya

4 minutes reading
Sunday, 2 Jul 2023 17:00 0 276 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Aplikasi YouTube selalu saja melakukan pembaharuan atau update, namun bagaimana jika ternyata YouTube tidak bisa di update? begini cara mengatasinya pada perangkat yang kamu pergunakan.

Namun sebelum kita membahas tentang cara mengatasi YouTube yang tidak bisa di update, perlu diketahui bahwa tujuan dari YouTube melakukan pembaruan atau update secara berkala untuk meningkatkan fungsionalitas dan kinerja aplikasi mereka, serta menambahkan fitur-fitur baru. Update ini meliputi berbagai aspek, seperti tampilan utama dari aplikasi YouTube, keamanan, kecepatan, dan performa aplikasi.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang YouTube tidak bisa di update? Begini cara mengatasinya yang kamu bisa lakukan agar dapat menikmati versi terbaru dari YouTube. Pada setiap versi terbaru dari YouTube, selalu ada saja peningkatan diantaranya adalah meningkatkan kemudahan pengguna dalam menonton maupun untuk proses upload video miliknya, serta mengoptimalkan proses pencarian konten di platform mereka.

Selain itu, YouTube juga seringkali melakukan update untuk menambahkan fitur baru, seperti fitur editing video, pemutar mini, dan dukungan untuk resolusi video yang lebih tinggi. Dengan melakukan pembaruan secara berkala, YouTube berusaha memastikan bahwa aplikasi mereka tetap relevan dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin beragam dan kompleks.

Youtube Tidak Bisa di Update? Begini Cara Mengatasinya

Youtube Tidak Bisa di Update? Begini Cara Mengatasinya

Gagalnya melakukan update pada aplikasi YouTube tentu membuat kesal, terutama konten kreator yang berusaha mendapatkan pendapatan tambahan dari YouTube. Namun, terkadang saat ingin update aplikasi YouTube di perangkat mereka, justru menemukan permasalahan gagal update. YouTube tidak bisa di update? Begini cara mengatasinya:

Periksa Koneksi Internet

Koneksi internet yang buruk bisa menjadi penyebab utama YouTube tidak bisa diupdate. Pastikan koneksi internet yang digunakan dalam kondisi stabil sebelum mencoba memperbarui aplikasi YouTube. Cobalah untuk menghubungkan perangkat kamu ke jaringan Wi-Fi yang lebih kuat atau menggunakan koneksi data seluler yang stabil. Jika kamu menggunakan Wi-Fi, pastikan bahwa jaringan Wi-Fi yang kamu gunakan terhubung ke internet dan memiliki kecepatan yang memadai.

Jika kamu menemukan kendala saat sedang tersambung dengan jaringan Wi-Fi, mungkin kamu bisa membaca artikel yang pernah dibahas sebelumnya tentang penyebab dan cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka dengan wifi. Dengan demikian kamu akan lebih memahami setiap kendala yang dihadapi saat terhubung pada jaringan Wi-Fi.

Bersihkan Cache dan Data Aplikasi YouTube

Berikutnya yang perlu kamu ketahui jika YouTube tidak bisa di update? begini cara mengatasinya dengan cara membersihkan cache dan data pada aplikasi YouTube. Dengan menumpuknya cache yang disimpan pada perangkat kamu, terkadang bisa menyebabkan masalah pada aplikasi, termasuk tidak bisa diupdate. Untuk itu segera lakukan pembersihan cache dan data aplikasi YouTube dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat kamu
  2. Geser ke bawah dan cari Aplikasi atau Manajer Aplikasi
  3. Cari aplikasi YouTube dan ketuk ikonnya
  4. Gulir ke bawah dan tekan atau pilih Hapus Cache dan Hapus Data
  5. Setelah itu, buka aplikasi YouTube dan coba untuk memperbarui aplikasi.

Hapus Aplikasi YouTube dan Instal Ulang

Jika membersihkan cache dan data aplikasi masih saja membuat YouTube tidak bisa di update? begini cara mengatasinya dengan cara install ulang aplikasi YouTube yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya:

  1. Tekan dan tahan ikon aplikasi YouTube
  2. Pilih Hapus Aplikasi
  3. Konfirmasi penghapusan
  4. Buka Play Store dan selanjutnya cari YouTube
  5. Tekan Instal

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi YouTube dan coba lagi untuk memperbarui aplikasi.

Perbarui Versi Sistem Operasi kamu

Cara terakhir yang mungkin menjadi solusi dari YouTube tidak bisa di update? begini cara mengatasinya dengan melakukan update sistem operasi perangkat kamu. Masalah YouTube tidak bisa diupdate juga bisa disebabkan oleh versi sistem operasi yang sudah lama karena berbagai alasan termasuk sisi kompatibilitas yang mempengaruhi keamanan perangkat. Pastikan bahwa perangkat kamu menjalankan versi sistem operasi yang terbaru. Untuk melakukan tahapan memperbarui sistem operasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat kamu
  2. Geser ke bawah dan cari tentang Perangkat atau Tentang Telepon
  3. Tekan pilihan Perbarui Perangkat Lunak atau Perbarui Sistem
  4. Jika ada pembaruan yang tersedia, maka kamu tinggal ikuti perintah update sistem saja.

Setelah proses pembaruan selesai, buka aplikasi YouTube dan coba lagi untuk memperbarui aplikasi. Perlu kamu ketahui, proses pembaharuan sistem operasi ini terkadang membutuhkan waktu yang lama, sehingga pastikan memiliki daya yang cukup dan juga quota internet yang besar. Disamping itu disarankan untuk selalu membuat backup dari data-data penting sebelum melakukan pembaharuan sistem operasi.

Aplikasi Alternatif YouTube

Jika kamu membutuhkan untuk segera dapat menonton video yang terdapat pada platform YouTube, biasanya karena ada berita terbaru yang perlu disaksikan melalui YouTube Live pada saat sedang dalam perjalanan. Maka kamu dapat menggunakan aplikasi YouTube tanpa iklan lainnya, namun kamu perlu ketahui untuk selalu pergunakan aplikasi resmi YouTube agar kamu tidak mengalami kebocoran data oleh pihak lainnya.

Secara umum kamu dapat mencoba solusi dari YouTube tidak bisa di update? begini cara mengatasinya dengan cara paling sederhana, hingga cara yang perlu penanganan lebih  lanjut seperti update sistem operasi kamu.