Penyebab dan Cara Mengatasi YouTube yang Tidak Bisa Dibuka dengan WiFi

5 minutes reading
Friday, 30 Jun 2023 06:59 0 174 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Untuk dapat mengetahui cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi tentu saja perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dari permasalahan tersebut. Meskipun terdengar mudah, namun solusi berganti kepada jaringan GSM atau operator tentunya akan  memerlukan biaya tambahan untuk mendaftarkan paket internet.

Mengakses internet melalui jaringan WiFi saat ini seperti telah menjadi suatu kebutuhan wajib, keberadaan akses WiFi tidak lagi hanya dapat digunakan di rumah atau kantor saja. Beberapa hotspot dibuka di tempat-tempat umum termasuk tempat-tempat bisnis seperti mal, coffee shop, arena bermain anak bahkan lingkungan sekolah pun saat ini menggunakan WiFi.

Penyebab YouTube Tidak Bisa Dibuka dengan WiFi

Penyebab dan Cara Mengatasi YouTube yang Tidak Bisa Dibuka dengan WiFi

Cara mengatasi YouTube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi bisa dilakukan dengan mudah apabila kita telah mengetahui terlebih dahulu penyebab gagalnya mengakses YouTube saat menggunakan jaringan WiFi, berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang sering terjadi saat kita gagal membuka YouTube dengan WiFi:

Pembatasan WiFi Publik

Saat terhubung dengan jaringan publik seperti akses WiFi di Puskesmas, Gedung-gedung perkantoran, ataupun mengakses melalui Hotspot gratisan, biasanya memiliki pembatasan seperti dibatasi lama/waktu terhubung, pembatasan situs-situs tertentu atau bahkan diblokirnya YouTube dari hotspot tersebut.

Kuota Pre-Paid Habis

Pada beberapa hotspot bisnis seperti kafe, biasanya menerapkan sistem voucer pre-paid berdasarkan hitungan jam. Tentunya cara mengatasi YouTube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi hanya bisa dilakukan dengan mengisi ulang voucher tersebut.

Perubahan Password (Re-Login)

Sama seperti pembatasan Wi-Fi Publik yang diatas, perubahan password WiFi yang dilakukan baik secara manual maupun otomatis oleh penyedia layanan Hotspot tersebut dapat menjadi penyebab gagalnya membuka YouTube dengan jaringan WiFi yang sedang digunakan.

Masalah Software

Pada beberapa kasus cara mengatasi YouTube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi akan sangat sulit apabila ternyata masalah yang timbul akibat Firewall atau pembatasan akses dari perangkat maupun aplikasi YouTube yang perlu diperbaharui. Jika ketika melakukan update aplikasi melalui Google Playstore gagal, maka sebainya untuk melihat artikel cara mengatasi tidak bisa update aplikasi di Play Store yang pernah dibahas sebelumnya.

Cara Mengatasi YouTube yang Tidak Bisa Dibuka dengan WiFi

Setelah kita mengetahui permasalahan yang bisa menjadi penyebab utama dari permasalahan YouTube tersebut, sekarang kita dapat lebih mudah mendapatkan cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi seperti beberapa cara berikut ini:

Periksa Koneksi Internet

Hal yang paling pertama untuk diperiksa adalah koneksi internet, cobalah untuk membuka website atau situs lainnya melalui browser. Cara ini diperlukan untuk memastikan sambungan koneksi antara perangkat dengan internet tersambung dengan baik.

Biasanya untuk menguji koneksi internet bisa dengan cara yang sangat sederhana, yakni dengan cara membuka link ke search engine seperti google atau bing. Meskipun halaman utama search engine tampil bukanberarti koneksi kamu berjalan normal, sebab tampilan awal dari search engine biasanya sudah tersimpan pada cache browser.

Setelah halaman tersebut terbuka, silahkan cari di kolom pencarian kata kunci apapun. Sebaiknya menggunakan kata kunci yang tidak pernah kamu pergunakan, bahkan bila perlu dengan menuliskan huruf acak dan tidak beraturan akan sangat membantu.

Apabila hasil pencarian tidak menampilkan hasil dari kata kunci yang dimasukkan atau menampilkan halaman browser offline, maka sebaiknya perbaiki koneksi WiFi. Demikian pula sebaliknya jika ternyata halaman hasil pencarian muncul maka cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi dapat menggunakan cara selanjutnya.

Untuk mengatasi jaringan WiFi yang terganggu bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

Matikan kemudian Nyalakan Kembali

  • Tarik status bar pada ponsel lalu tekan ikon WiFi yang sedang menyala
  • Tunggu 2-5 detik kemudian tekan lagi untuk menyalakannya.

Forget Network

  • Masuk ke menu setting kemudian pilih WiFi
  • Tekan sedikit lama pada SSID atau nama WiFi yang digunakan
  • Pilih Forget Network (Hati-hati: ini akan menghapus password WiFi)
  • Tekan kembali dan masukkan SSID Password

Matikan VPN/Firewall

  • Bila kamu menggunakan VPN atau aplikasi yang dapat melakukan pemblokiran (Firewall) sebaiknya segera matikan
  • Setelah dimatikan maka bisa matikan WiFi-nya kemudian menyalakan kembali

Update Aplikasi Youtube

  • Cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi berikutnya adalah dengan cara melakukan update aplikasi YouTube melalui Play Store ataupun Toko Aplikasi lainnya yang digunakan.
  • Pembaharuan software terkadang dapat sekaligus membersihkan konfigurasi yang merusak, disamping itu juga kemungkinan adanya BUG pada versi sebelumnya akan dapat dihilangkan

Clear/Rubah DNS

  • Untuk dapat menggunakan cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi dengan cara membersihkan DNS, maka sebaiknya menggunakan aplikasi tambahan yang memiliki fungsi untuk membersihkan sisa-sisa cache DNS pada perangkat yang dapat mengganggu koneksi ke YouTube
  • Cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi selanjutnya bisa dengan mengganti DNS pada jaringan WiFi yang juga sangat disarankan menggunakan aplikasi pengganti DNS yang kompatible dengan perangkat yang digunakan

Gunakan Aplikasi Alternatif

Kombinasikan Dengan Mode Data

  • Peringatan: cara ini akan menggunakan paket data/pulsa yang dimiliki.
  • Bila menggunakan kombinasi mode data maka apabila jaringan WiFi sedang lambat atau permasalahan DNS dapat menjadi cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi yang paling efektif.

Itulah beberapa penyebab dan juga cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka dengan WiFi yang bisa kita coba apabila ingin mengakses YouTube namun mengalami kendala sehingga gagal membuka video YouTube yang terkadang isinya bukan hanya hiburan saja namun beberapa video terkait berita dan juga hal-hal informatif lainnya juga dapat kita temukan pada aplikasi YouTube.

x