Saturday, 22 Jun 2024

Bahaya Masker Pisang Untuk Wajah

3 minutes reading
Friday, 17 Mar 2023 19:06 0 275 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Memang sudah banyak orang yang mengetahui bahwa buah Pisang ini yang mempunyai banyak kandungan nutrisi yang dapat memberikan manfaat dan khasiat untuk tubuh, bahkan selain itu juga baik untuk perawatan kulit wajah dan sudah banyak juga yang menggunakan buah Pisang sebagai masker wajah namun apakah kamu tahu bahaya atau efek samping dari masker pisang?

Penggunaan masker Pisang yang sudah dilakukan kebanyakan orang karena memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, manfaat ini yang berasal dari kandungan nutrisi pada buah Pisang seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan juga kalium.

Bahkan sekarang ini tidak terdapat jenis Pisang yang khusus baik untuk kulit wajah dimana kamu bisa menggunakan semua jenis Pisang apa saja untuk digunakan masker wajah, dan ini memang memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit wajah seperti membantu mengatasi keriput, mengatasi kulit kering, mengatasi masalah jerawat, mencerahkan kulit, menghilangkan bekas jerawat, melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu juga masker Pisang ini yang dapat melembabkan kulit, membantu mengontrol minyak pada wajah, anti penuaan, membantu untuk mencerahkan bintik gelap, membantu mengurangi mata bengkak, dan juga mengangkat sel kulit mati.

Namun walaupun masker Pisang ini yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, namun jika kamu menggunakannya tidak benar atau secara berlebihan tentu saja bisa menimbulkan bahaya atau efek samping untuk kulit wajah.

Nah untuk kamu yang belum tahu apa saja bahaya masker pisang, maka kamu bisa dengan menyimak penjelasannya dibawah ini dengan baik.

Bahaya Masker Pisang

Bahaya Masker Pisang Untuk Wajah

Buah Pisang sebagai salah satu jenis bahan alami yang sangat populer digunakan sebagai bahan masker untuk perawatan kulit wajah, dimana masker Pisang ini yang telah diklaim mempunyai banyak manfaatnya seperti yang telah disampaikan sebelumnya.

Tetapi dengan seiringnya meningkat popularitas masker yang berbahan buah Pisang ini yang muncul beberapa orang yang mengklaim mengenai bahaya dari  menggunakan masker Pisang yang perlu diperhatikan dan diwaspadai, adapun untuk beberapa bahaya masker pisang yaitu sebagai berikut:

Mengalami Reaksi Alergi

Untuk beberapa orang yang mungkin mempunyai alergi terhadap buah Pisang atau bahan-bahan yang lain yang biasanya digunakan didalam pembuatan masker Pisang seperti kunyit, yoghurt atau madu.

Jika kamu setelah menggunakan masker Pisang dan mengalami reaksi alergi setelahnya maka sebaiknya untuk segera menghentikan penggunaan masker Pisang, dan sebaiknya untuk langsung berkonsultasi kepada dokter atau ahli kecantikan untuk bisa mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Mengalami Iritasi Kulit

Dimana buah Pisang yang memiliki kandungan asam nitrat di dalamnya yang cukup tinggi sehingga jika digunakan secara berlebihan atau dengan jangka waktu yang cukup lama, hal ini yang akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Gejala iritasi kulit ini yang bisa timbul seperti gatal, kemerahan, kulit kering, dan juga bersisik, bahkan selain itu juga jika kamu yang memiliki jenis atau tipe kulit sensitif atau mempunyai kondisi kulit yang tertentu seperti psoriasis, eksim dan juga dermatitis dan  menggunakan masker Pisang yang bisa memperburuk kondisi kulit wajah.

Infeksi Bakteri

Jika kamu membuat masker Pisang yang sudah dibuat atau disimpan dengan tidak tepat dan benar, maka bisa saja akan terjadi infeksi bakteri yang bisa menyebabkan kulit mengalami peradangan atau bahkan munculnya jerawat.

Sehingga dengan begitu pastikan untuk selalu menggunakan bahan yang masih segar dan juga steril dalam membuat masker dari bahan Pisang ini dan juga pastikan jika ingin disimpan untuk menggunakan wadah yang bersih dan juga tertutup rapat.

Mungkin hanya itu saja beberapa bahaya masker pisang yang perlu kamu ketahui dan juga waspadai, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.