Monday, 17 Jun 2024

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka?

6 minutes reading
Wednesday, 10 May 2023 16:34 0 273 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Semangka menjadi salah satu buah yang sudah tidak asing lagi karena memang buah ini bisa ditemukan cukup mudah di pasaran, namun ada yang bertanya bolehkah ibu hamil makan Semangka? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya disini.

Buah Semangka atau biasa dikenal dengan sebutan tembakau atau mehndi kau yang berasal dari daerah setengah gurun yaitu di Afrika Selatan, dimana tanaman buah Semangka ini yang merambat termasuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae, dimana buah Semangka ini yang memiliki sekitar 750 jenis.

Semangka yang memiliki bentuk beragam dengan memiliki panjang sekitar 20 – 40 cm, diameter 15 – 20 cm dengan berat yang dimulai dari 4 kg hingga 20 kg, untuk bentuk buah Semangka yang dibedakan menjadi tiga yaitu lonjong, bulat dan oval dan bahkan ada juga yang berbentuk kotak.

Buah Semangka ini biasanya dipanen buahnya untuk dimakan secara langsung selama masih segar atau dibuat jus, bagian biji buah ini yang dapat dikeringkan dan disangrai yang bisa dimakan isinya sebagai kuaci, buah Semangka ini sekarang sudah tersedia di Indonesia dan bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, penjual buah di pinggir jalan dan bahkan terdapat di kebun para petani.

Memang buah Semangka ini yang bisa dikonsumsi untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, tetapi masih banyak ibu hamil yang ragu untuk memakan buah Semangka ini, lalu apakah boleh ibu hamil makan buah Semangka?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka?

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah Semangka yang satu ini dengan memiliki rasa yang manis sehingga menjadi salah satu jenis buah favorit banyak orang dimulai dari anak-anak hingga orang dewasa, namun masih banyak para ibu hamil yang ragu memakan buah Semangka ini dengan berbagai alasan.

Sehingga muncul pertanyaan bolehkah ibu hamil makan Semangka? Untuk para ibu hamil sebenarnya memakan buah Semangka ini boleh-boleh saja, bahkan buah Semangka ini yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk ibu hamil.

Pasalnya buah Semangka ini memiliki berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah Semangka sehingga beragam nutrisi tersebut yang bermanfaat dalam membantu mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan dan juga memenuhi asupan nutrisi ibu.

Dimana buah Semangka ini yang memiliki beragam kandungan nutrisi yang penting didalamnya yaitu seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin C, asam amino citrulline, likopen, kalium dan juga tembaga, komposisi buah Semangka ini terdapat sekitar 91% air dan 7,5% karbohidrat dan buah Semangka hampir tidak mengandung protein dan lemak serta mengandung kalori hanya sedikit.

Dengan beragam kandungan ini sehingga tidak heran jika buah Semangka aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan bahkan bisa memberikan manfaatnya untuk janin dan ibu tetap sehat selama kehamilan, buah ini selain bisa membantu menghidrasi tubuh tetapi terdapat beberapa manfaat lainnya.

Apalagi buah Semangka ini yang memiliki cita rasa manis dan juga mengandung banyak air tentu sangat menyegarkan untuk dimakan oleh ibu hamil, namun ada hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi buah Semangka untuk ibu hamil yaitu pastikan memakan buah ini dengan jumlah yang wajar tidak berlebihan.

Ibu hamil juga perlu mengetahui dengan apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah Semangka ini, adapun untuk beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut:

Membantu Melawan Radikal Bebas

Buah Semangka yang mengandung tembaga bersifat antioksidan yang berperan untuk membantu melawan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan, selain itu kandungan tembaga ini yang memegang peran penting dalam proses pembentukan sel darah merah dan ini menjadi salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dengan memakan buah Semangka.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Dimana buah Semangka menjadi sumber kandungan asam amino citrulline yang tinggi dan kandungan ini yang paling banyak ditemukan terdapat pada bagian kulit putih yang ada mengelilingi daging buah Semangka, citrulline ini yang diubah menjadi asam amino esensial arginine yang memiliki peran penting untuk menurunkan tekanan darah dengan menggunakan cara melebarkan dan juga merelaksasi pembuluh darah.

Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

Untuk manfaat lainnya dari buah Semangka untuk ibu hamil yaitu bisa membantu untuk meningkatkan imun tubuh, manfaat ini yang berasal dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi didalam buah Semangka, selain itu kandungan vitamin C ini yang dibutuhkan untuk membentuk kolagen.

Kolagen sendiri merupakan protein membentuk jaringan ikat seperti tulang, kulit, tulang rawan dan juga tendon, dengan asupan vitamin C yang terpenuhi dengan baik maka bisa mendukung perbaikan jaringan tubuh yang mengalami rusak, memelihara kesehatan kulit, pertumbuhan tulang dan juga membantu proses penyerapan zat besi.

Membantu Mendukung Kembang Janin

Kandungan vitamin A dalam buah Semangka yang bermanfaat untuk ibu hamil dalam mendukung tumbuh kembang janin, kandungan vitamin A ini yang berperan dalam membantu proses perkembangan paru-paru ginjal, tulang, jantung, peredaran darah, mata, pernapasan dan juga sistem saraf pusat janin.

Membantu Mencegah Preeklamsia

Untuk manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi buah Semangka untuk ibu hamil yaitu dapat membantu dalam mencegah preeklamsia, manfaat ini yang berasal dari kandungan likopen antioksidan yang berwarna merah pada buah Semangka memiliki peran untuk membantu mencegah preeklamsia dan juga mengurangi bayi lahir dengan berat rendah.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam buah Semangka yang merupakan salah satu jenis elektrolit dan mineral yang penting berperan untuk mengontrol tekanan darah dan juga menjaga jantung agar tetap sehat, ibu hamil yang mengalami kekurangan kalium yang bisa mengakibatkan kaki kram, irama jantung yang terganggu dan juga lemas.

Umumnya ibu hamil yang disarankan untuk mengkonsumsi kalium sebanyak 4.700 mg per harinya dan untuk bisa memenuhi kebutuhan asupan kalium harian bisa dengan mengkonsumsi buah Semangka atau makanan yang lainnya yang mengandung kalium seperti brokoli, pisang, kentang, bayam, melon atau mentimun.

Setelah mengetahui dengan manfaat dari makan buah Semangka selama masa kehamilan, maka ibu juga perlu mengetahui beberapa cara memilih dan menyajikan buah Semangka untuk dimakan agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Dimana pastikan ibu memilih buah Semangka yang masih segar, kuat, simetris, bebas dari memar dan retakan, untuk mengetahui buah Semangka yang matang yaitu memiliki batang sudah mengering, kulit yang mengkilap, pada bagian bawah yang berwarna kuning mentega.

Untuk memakan buah Semangka ini yang bisa dimakan secara langsung atau diolah menjadi salad atau jus, dikarenakan pada kulit putih Semangka ini yang terdapat kandungan citrulline maka disarankan juga ibu hamil untuk memakan bagian ini juga dan pastikan mengkonsumsi buah ini sesuai dengan jumlah yang wajar.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai bolehkah ibu hamil makan semangka jawabannya tentu saja boleh dan bahkan bisa mendapatkan beragam manfaatnya untuk kesehatan ibu dan juga janin didalam kandungan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.