Monday, 15 Apr 2024

10 Buah dan Sayuran Yang Bikin Kurus

6 minutes reading
Friday, 21 Jul 2023 08:19 0 165 Muti Karya

Nesiaverse.com – Buah dan sayuran merupakan salah satu makanan diet yang bisa bikin kurus. Jika kamu mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin. Nantinya berat badan ideal dan sehat bisa kamu dapatkan dengan mudah. Selain itu kamu juga harus mengatur pola olahraga, sehingga mudah bagimu mencapai goal badan ideal. Selain sehat, mengkonsumsi buah dan sayuran bermanfaat untuk diet kamu. 

Dilansir dari laman The Healthy mengatakan, bawa sayuran dapat menjadi salah satu menu pilihan bagi pelaku diet. Hal ini dikarenakan sayuran masuk ke dalam kategori panganan yang memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat rendah, namun memiliki serat, mineral dan vitamin yang cukup tinggi.

Buah dan Sayuran Yang Bikin Kurus

Buah dan sayuran memiliki kandungan yang sangat penting bagi pelaku diet. Kamu bisa mendapatkan serat yang tinggi, mineral, vitamin dan jumlah kalori yang rendah darinya. Kandungan dalam buah dan sayuran itulah yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan harian dan untuk meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. 

Kandungan serat yang tinggi dari buah-buahan dan sayuran sangatlah penting. Pasalnya, kamu akan merasa lebih kenyang lebih lama dari biasanya sehingga mampu menahan nafsu makanmu. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang tepat kamu bisa menurunkan berat badan dengan cepat juga.

Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa membantu kamu dengan bikin kurus saat dikonsumsi. 

Kubis Brussel

10 Buah dan Sayuran Yang Bikin Kurus

merupakan Kubis brussel memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral yang bersifat antioksidan. Kubis brussel atau disebut juga sebagai kol mini ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sehingga tentunya cocok untuk kamu nikmati ketika diet sekalipun.

Dengan kaya kandungan didalamnya, kubis brussel mampu mengendalikan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif yang dirasakan oleh penderita diet. Kaempferol merupakan salah satu zat antioksidan yang terdapat pada kubis brussel ini selain melindungi, mampu meredakan peradangan dan menyehatkan jantung.

Kubis brussel memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan kemampuannya yang mampu meningkatkan sistem pencernaan seseorang.

Brokoli

10 Buah dan Sayuran Yang Bikin Kurus

Selain kubis, brokoli juga mampu kamu andalkan sebagai sayur yang bikin kurus. Brokoli memiliki kandungan phytochemicals yang akan memaksimalkan proses pembakaran pada lemak tubuh. Memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi didalamnya lah yang membuat kandungan serat pada brokoli terbilang cukup tinggi. 

Sehingga bagi kamu yang melakukan program diet, brokoli merupakan menu sayuran yang tepat untuk dikonsumsi. Karena dalam 100 gram brokoli memiliki kandungan 3,88 gram. Sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu jika kamu menjalani program diet keto, maka kandungan dalam brokoli cocok untuk diet yang kamu jalani.

Wortel

Wortel merupakan sayuran yang sangat baik, khususnya untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan sayuran yang memiliki kandungan serat larut dan tak larut yang baik bagi kamu yang menjalani program diet. Mengkonsumsi wortel sebagai salah atau sayuran saat kamu diet sangat cocok, kamu bisa mengolahnya dengan cara dikukus saja. Pastikan tidak mengkonsumsi wortel dengan jumlah yang berlebihan hal ini karena justru akan menambahkan berat badan.

Asparagus

10 Buah dan Sayuran Yang Bikin Kurus

Asparagus merupakan salah satu sayuran yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini dikarenakan asparagus memiliki kandungan asparagin berupa alkaloid. Senyawa inilah yang bekerja langsung pada sel untuk merombak dna memecehakan lemak dalam tubuh. Memiliki sifat diuretik asparagus mampu memperlancar saluran pencernaan, dan memperbaiki sistem ekskresi tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi asparagus dalam bentuk sup juga.

Labu

Labu merupakan salah satu sayuran yang padat akan serat dan nutrisi, namun Labu sendiri memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Mengkonsumsi labu sebagai salah satu menu diet tentunya akan bermanfaat. Karena dengan begitu akan mudah bagi kamu untuk menurunkan berat badan dengan kebutuhan serat dan nutrisi dari kandungan labu. Kamu bisa mengkonsumsi labu dengan berbagai macam olahan, mulai dari sup labu maupun menjadikannya bahan tambahan bagi lalapan. 

Apel

Apel adalah buah yang tidak lagi menjadi rahasia umum akan segudang manfaatnya bagi pelaku diet. Hal ini dikarenakan apel merupakan salah satu buah yang akan bikin kamu kurus dengan cepat. Apel sendiri memiliki kandungan air yang amat tinggi disertai kadar serat yang tidak kalah juga.

Mengonsumsi apel sebelum makan akan mempengaruhi selera makan kamu, karena nantinya selera makan kamu akan berkurang. Kandungan serat dan air di dalamnya lah yang akan memberikan efek kenyang lebih lama, kemudian apel juga memiliki kandungan pektin yaitu serat larut. Pektin Lah yang membuat rasa lapar pelaku diet berkurang saat mengkonsumsinya.

Pir

Buah pir sama dengan apel, memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Selain itu serta dalam buah pir juga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan serta mengirimkan sinyal ke otak jika kamu sudah mengkonsumsinya. Kamu akan merasakan kenyang lebih lama, kemudian menghindari dari konsumsi makanan berat berlebih.

Dalam mengkonsumsi buah pir, kami menyarankan untuk tetap mengkonsumsinya dalam keadaan utuh atau tidak diolah lagi. Sehingga dengan begitu nutrisi, air dan vitamin didalam buah pir bisa kamu dapatkan dengan porsi utuh dan tidak hilang kualitasnya. Maka, perhatikanlah cara pengolahannya.

Jamur

Jamur memiliki kandungan yang kaya akan protein. Berbagai olahan dari jamur sangatlah marak dan bisa kamu temukan dimanapun. Saat ini bahkan jamur memiliki menunya sendiri yang masuk menjadi salah satu menu dalam sebuah restoran.Sebagai salah satu sayuran yang bikin kurus, jamur mampu mengelola kadar gula pada tubuh dengan baik.

Sehingga jamur menjadi salah satu menu yang cukup baik untuk dikonsumsi ketika kamu mengikuti program diet. Bahkan dengan kandungannya yang kaya akan protein mampu membantu sistem metabolisme tubuh menjadi lebih biak dna memaksimalkan proses pembakaran lemak juga. Dengan demikian, kamu bisa menambahkan jamur sebagai salah satu menu diet yang aman, cukup perhatikan cara pengolahannya saja. 

Paprika

Paprika merupakan sayuran yang serbaguna, yang mana bisa kamu masukan ke dalam menu makanan utama saat melakukan program diet. Paprika memiliki kandungan yang rendah kalorinya, namun memiliki mineral yang tinggi. Paprika juga bersifat antioksidan. Selain itu kadar serat yang cukup tinggi pada paprika dapat mengurangi lemak pada area perut.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada paprika dapat membantu untuk mencegah naiknya hormon stress pada tubuh. Maka, kamu bisa memanfaatkan kandungan dari paprika untuk bikin tubuh menjadi kurus, atau menurunkan berat badan.

Jeruk

Jeruk termasuk buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Jeruk memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Hal inilah yang akan memberikan rasa kenyang di tubuh. Apalagi jika kamu mengkonsumsinya secara utuh atau tidak melalui proses pengolahan, maka segara sumber energi dan gizi didalamnya bisa didapatkan secara maksimal.

Demikian pembahasan mengenai berbagai macam buah dan sayuran yang bisa bikin kamu menjadi lebih kurus. Maka, perhatikanlah menu makanan jika kamu ingin memiliki badan yang kurus namun sehat dan bugar. Awali dengan jenis buah dan sayuran yang memiliki kandungan ekstrak yang dapat memenuhi kebutuhan harian kamu.