Thursday, 20 Jun 2024

Cara Membasmi Tikus di Dapur Paling Ampuh

5 minutes reading
Wednesday, 7 Dec 2022 20:39 0 298 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Cara membasmi tikus di dapur tentu saja menjadi salah satu hal yang penting dan perlu diketahui dan digunakan jika terdapat tikus di dapur, lalu bagaimana dengan caranya kamu bisa dengan menyimak ulasannya dibawah ini.

Tikus menjadi salah satu hewan yang sangat dibenci oleh masyarakat hal ini dikarenakan tikus yang sering merusak berbagai peralatan elektronik atau bahkan menggerogoti kabel yang ada di dapur seperti blender atau kulkas dan juga yang lainnya, apalagi jika terdapat makan di dapur yang ikut dimakan atau di jarah oleh hewan yang satu ini.

Dimana tikus ini yang selai menjijikan tetapi juga jika makanan yang telah tersentuh oleh tikus yang ternyata dapat membawa berbagai penyakit untuk manusia, sehingga dengan begitu untuk kamu yang mengetahui jika di dapur ada tikus maka segera untuk mengusirnya atau membasminya agar tidak menghadirkan berbagai penyakit.

Bahkan selain itu juga tidak jarang hewan pengerat ini yang suka menggerogoti lemari kayu dengan meninggalkan bau pesing dari urin tikus dan juga feses di ruangan dapur, nah untuk kamu yang ingin mengetahui cara membasmi tikus di dapur bisa dengan simak ulasan di bawah ini.

Cara Membasmi Tikus di Dapur Paling Ampuh

Cara Membasmi Tikus di Dapur Paling Ampuh

Tikus menjadi salah satu hewan yang sering atau kerap dibasmi oleh manusia karena pada dasarnya dengan kehadiran tikus di rumah yang sangat menjijikan, pasalnya hewan yang satu ini dapat menyebabkan berbagai penyakit yang dengan melalui urin dan juga fesesnya.

Selain itu juga tikus yang berkembang biak di dalam rumah dan juga dapat menyebabkan kerusakan pada perlengkapan rumah tangga dan juga furniture, nah untuk kamu yang sedang mencari cara membasmi tikus di dapur maka bisa dengan menggunakan beberapa cara dibawah ini.

Menutup berbagai Celah

Cara membasmi tikus di dapur yaitu dengan menutup berbagai celah yang menjadi jalan melintasnya tikus hal ini yang jangan dianggap remah celah sekecil apa pun di dalam rumah dan termasuk celah yang mengarah ke dapur kamu, dimana pada dasarnya tikus yang dapat masuk kedalam lubang yang sekecil apapun dan ini yang dapat dijadikan sebagai salah satu jalan untuk mengincar makan yang dapat menarik perhatian tikus tersebut.

Sehingga dengan begitu jika terdapat lubang atau celah kecil pada beberapa tempat atau sudut di dapur seperti di belakang kompor, lemari, rak atau di bawah dan juga yang sebagainya sebaiknya untuk menutup lubang tersebut agar tikus tidak dapat masuk ke dapur dan juga menghindari tikus berkembang biak di dapur.

Menjaga Kerapian dan Kebersihan Dapur

Cara membasmi tikus di dapur yaitu dengan selalu menjaga kebersihan dan juga kerapihan di dapur yang dapat mengusir tikus dan kamu bisa membersihkan dapur setiap harinya dengan di sapu, di lap, di pel atau yang lainnya agar tidak terdapat sisa makanan yang dapat mengundang tikus untuk masuk ke dapur.

Dan ini menjadi salah satu hal yang sangat penting karena pada biasanya tikus yang hanya dapat bertahan hidup dengan persediaan makanan yang terbatas pada setiap harinya, dimana hewan pengerat atau tikus ini yang hanya membutuhkan sekitar 3 hingga 5 gram makanan saja sehingga dengan begitu bukan masalah jika tikus hanya memakan sisa makanan saja.

Menutup Makanan

Tikus yang merupakan salah satu hewan pengerat uang memiliki indra penciuman yang tajam dan salah satu daya tarik untuk tikus datang ke dapur yaitu dengan adanya makanan, sehingga jika kamu memiliki makanan di dapur alangkah lebih baiknya untuk menutup makanan tersebut dengan baik agar tikus tersebut tidak bisa menjangkau makanan tersebut.

Dimana kamu bisa menyimpan makanan tersebut di dalam sebuah wadah atau toples dan pastikan kamu selalu menyimpan makanan tersebut di dalam keadaan wadah atau toples yang tertutup dengan rapat, dan cara ini bisa menjadi salah cara membasmi tikus di dapur yang dapat kamu lakukan.

Mencari Tempat atau Sarang Tikus

Cara membasmi tikus di dapur yang perlu kamu lakukan  yaitu mencari tempat atau sarang tikus tersebut dimana tikus yang tidak akan pergi dari tempat tersebut jika tikus masih nyaman tinggal di sarangnya itu, dimana biasanya tikus akan berada di sudut lemari dapur atau tempat lainnya yang jarang di dijamah oleh pemilik rumahnya.

Jika kamu sudah menemukan tempat atau sarang tikus tersebut maka untuk segera membersihkan dan merapikan tempat tersebut agar tikus menjadi tidak betah tempat di sarangnya itu dan memilih untuk pergi dari tempat tersebut dan mencari tempat tinggal yang baru.

Memanfaatkan Bau yang tidak disukai oleh Tikus

Terakhir untuk cara membasmi tikus di dapur yaitu dengan memanfaatkan bau yang tidak disukai oleh tikus dimana tikus ini yang merupakan salah satu hewan yang memiliki indra penciuman yang tajam dan tidak menyukai bau yang menyengat dan ini dapat mengganggu tikus tersebut.

Sehingga dengan begitu kamu bisa dengan memanfaatkan bau tersebut untuk membasmi atau mengusir tikus di dapur dengan mudah, adapun untuk bau yang tidak disukai oleh tikus diantaranya yaitu ada bubuk kopi, minyak peppermint, kulit buah durian, daun mint, bawang merah, lada bubuk, kapur barus, daun salam, ampas teh dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk cara menggunakan beberapa bahan tersebut kamu bisa dengan menyimpan bahan tersebut pada sudut dapur atau di tempat yang menjadi sarangnya dan tempat yang sering dilalui oleh tikus tersebut, dengan bau yang menyengat dari bahan-bahan tersebut yang akan mengganggu indera penciuman tikus dan memilih untuk pergi mencari tempat yang baru.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara membasmi tikus di dapur yang dapat kamu coba dan lakukan dengan mudah dan paling penting yaitu selalu menjaga kebersihan dan juga kerapian rumah agar terhindar dari hewan pengerat yang satu ini, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba semoga berhasil.