Monday, 15 Apr 2024

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil Agar Tidak Boros

6 minutes reading
Monday, 12 Dec 2022 21:51 0 293 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros memang menjadi salah satu hal yang sangat penting perlu diketahui, nah untuk kamu yang ingin tahu dengan caranya maka kamu bisa dengan  menyimak ulasannya dibawah ini.

Uang merupakan salah satu hal yang mudah sekali menghilang atau habis karena uang yang selalu disalurkan untuk berbagai kebutuhan dan juga keinginan yang tidak pernah berhenti, untuk mengatur keuangan pribadi memang sudah menjadi keharusan setiap orang hal ini karena sistem yang sekarang ini seba kapitalis.

Untuk kamu yang mempunyai pendapatan atau gaji yang kecil maka pengaturan keuangan pribadi perlu dilakukan dengan menggunakan cara cerdas, hal ini bertujuan agar semua kebutuhan, keinginan dan juga dana darurat atau cadangan bisa tercover dengan baik.

Memiliki gaji kecil  yang merupakan suatu hal yang relatif dan ini tergantung pada sudut pandang setiap individu, dimana ada yang mengatakan jika gaji kecil yang berkisaran berada di bawah UMK atau UMR dan ada juga yang bilang jika gaji kecil yaitu UMR.

Namun ada juga yang mengartikan jika  gaji kecil ini merupakan gaji yang memiliki nominal tidak bisa memenuhi gaya hidup, adapun definisinya namun kamu perlu mengetahui cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros untuk itu bisa dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil Agar Tidak Boros

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil Agar Tidak Boros

Dengan memiliki gaji yang kecil dalam memenuhi kebutuhan dalam satu bulan yang menjadi salah satu tantangan tersendiri, dalam hal ini kita yang perlu berusaha keras dan juga menggunakan strategi yang jitu dalam mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros.

Sebenarnya terdapat beberapa cara yang dapat kamu coba terapkan dan lakukan untuk mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros dan semua kebutuhan dapat terpenuhi serta menabung dan juga melakukan investasi, untuk caranya yaitu sebagai berikut:

Membuat Catatan Pengeluaran

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros yang pertama bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat catatan pengeluaran, dengan mencatat semua pengeluaran kebutuhan bulanan kamu maka kamu akan mengetahui mana saja pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting dan juga penting.

Dengan begitu akan memudahkan kamu dalam membuat anggaran untuk bulanan sebagai salah satu acuan atau evaluasi kamu dalam mengatur keuangan pribadi kedepannya agar menjadi lebih baik, dan ini juga awal yang baik.

Membuat Anggaran Bulanan

Jika kamu sudah terbiasa membuat catatan keuangan secara rutin maka kamu bisa lanjut dengan membuat anggaran bulanan, hal ini menjadi salah satu acuan dalam cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros.

Untuk sederhananya untuk kamu yang memiliki gaji yang kecil maka bisa dengan membuat alokasi gaji sederhana seperti kebutuhan pokok 65%, tabungan atau investasi 10%, uang darurat 10%, self reward 10% dan sedekah 5%.

Tabungan Dana Darurat

Dengan menabung dan darurat yang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros, hal ini karena hidup yang selalu banyak kejutan yang tidak ada orang mengetahuinya dan tidak ada orang yang tahu kapan kejadian buruk atau musibah di kedepannya.

Sehingga dengan begitu untuk berjaga-jaga kamu perlu mengalokasikan sebagian dari gaji atau pendapat kamu untuk dib=tabung sebagai dana darurat, dimana pada saat sedang membutuhkan biaya yang lumayan banyak maka bisa dengan menggunakan dana darurat.

Menabung dengan Investasi

Melakukan investasi yang menjadi salah satu cara untuk dapat mencapai tujuan keuangan dan juga impian kamu pada masa yang mendatang, dengan melakukan investasi juga akan membuat uang yang kamu tabung menjadi menambah dari waktu ke waktunya dan cara ini menjadi salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros yang dapat kamu coba lakukan.

Sangat berbeda jika menabung secara konvensional baik itu dengan menabung dengan menggunakan celengan atau melalui bank, uang tersebut tidak akan bertambah namun malah berkurang karena dikurangi dengan biaya administrasi dan juga pajak dari bank tersebut.

Memanfaatkan Promo

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros yang selanjutnya kamu bisa dengan memanfaatkan periode promo baik itu pada saat berbelanja langsung di tokonya atau dengan melalui e-commerce, dengan  memanfaatkan periode promo atau diskon dan voucher untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah pada saat kamu berbelanja.

Membeli Barang Bekas

Dengan membeli barang masih namun masih layak dipakai jika dibandingkan dengan membeli barang yang baru ini menjadi salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros yang dapat kamu coba dan terapkan, misalnya dengan membeli , alat elektronik, peralatan dapur, thrifting baju dan juga barang yang lainnya yang masih layak dipakai.

Hindari Memiliki Hutang atau Cicilan

cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros yaitu dengan menghindari atau terbebas dari hutang atau cicilan, dimana jika kita memiliki hutang atau cicilan dalam per bulannya tentunya saja akan menguras gaji dan untuk biaya kebutuhan sehari-hari juga akan berkurang dan uang pun bisa habis sebelum waktunya.

Sehingga dengan begitu hindari untuk membeli berbagai barang yang konsumtif seperti gadget, motor atau yang lainnya untuk membebaskan diri dari utang, jika memang kamu ada keinginan maka sebaiknya untuk menabung terlebih dahulu dan membeli barangnya secara tunai jika uang tabungan kamu sudah cukup.

Menjual Barang Tidak Terpakai

Sering kali banyak orang yang tidak sadar sudah membeli berbagai barang yang mungkin kurang penting dan juga jarang digunakan, jika memang terdapat barang yang masih layak dipakai dan masih dapat dijual maka kamu bisa dengan menjual barang tersebut dan ini menjadi salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros dengan menjual barang yang tidak terpakai.

Kamu juga bisa dengan membongkar seisi kamar kamu apakah ada barang yang dapat dijual namun masih layak dipakai dan setelah semua barang terjual maka uang hasil dari penjualan tersebut dapat kamu masukkan dalam tabungan atau ke dalam rekening investasi.

Jalan Kaki atau Menggunakan Kendaraan Umum

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros yang selanjutnya yaitu dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan umum dengan memiliki tarif yang terjangkau, hal ini bisa kamu lakukan jika memang kantor atau tempat kerja dengan tempat tinggal kamu dekat dan masih bisa jalan kaki maka lebih baik dengan jalan kaki saja.

Namun jika tempat kerjanya lumayan jauh maka kamu bisa dengan naik kendaraan umum untuk menekan pengeluaran, jika dibandingkan dengan memaksakan membeli motor yang secara cicilan mungkin ini akan sangat sulit dengan memiliki gaji yang kecil atau terbatas.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Tubuh sehat menjadi salah satu hal yang sangat mahal dimana jika tiba-tiba sakit dan ini akan membutuhkan biaya yang mungkin cukup besar, sehingga lebih baik mencegah daripada mengobati dan ini juga menjadi salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros.

Pastikan kamu selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dan juga menerapkan pola hidup yang sehat dengan rutin berolahraga, hal ini bertujuan untuk menghindari pengeluaran untuk biaya berobat di kemudian hari yang mungkin bisa besar.

Pada dasarnya dalam cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros ini yang memang tidak mudah dilakukan namun pastinya kamu dapat melakukannya selama kamu konsisten dan juga disiplin dalam menerapkan beberapa cara di atas dengan baik dan kondisi finansial kamu akan menjadi terjadi dengan sangat baik.

Mungkin hanya itu saja beberapa cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar tidak boros yang dapat kamu coba dan lakukan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.