Saturday, 22 Jun 2024

Efek Samping Makan Terong Belanda Jika Berlebihan

4 minutes reading
Tuesday, 22 Nov 2022 14:14 0 536 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini yaitu Terong Belanda yang biasa disebut Cyphomandra betacea dengan memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, namun jika kita terlalu sering mengkonsumsi Terong Belanda ternyata terdapat efek sampingnya.

Terong Belanda merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam kelompok terung-terungan yang berasal dari Amerika Selatan yang tepatnya berada di pegunungan Andes, Peru, disebut dengan Terong Belanda oleh masyarakat di Indonesia karena buah ini yang dibawa oleh orang Belanda pada zaman kolonial.

Dengan memiliki bentuk seperti buah tomat yang memiliki kandungan gizi yang banyak di dalamnya sehingga akan membantu tubuh agar tetap sehat, dimana terdapat kandungan zinc, folat, mineral, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga vitamin E yang sangat baik untuk tubuh.

Di Dalam 100 gram Terong Belanda yang terdapat kandungannya 1,4 – 4,3 gram serta, 10 gram karbohidrat, vitamin A, vitamin V, 85 gram air, 1,5 gram protein, 0,006 – 1,28 gram lemak, selain itu juga mengandung flavonoid yang biasa dikenal sebagai antioksidan dan ini mampu melawan berbagai macam penyakit kronis.

Walaupun memiliki kandungan gizi yang sangat banyak selain memiliki khasiat atau manfaatnya dalam mengkonsumsi Terong Belanda, tetapi terdapat efek sampingnya juga jika mengkonsumsi Terong Belanda ini yang berlebihan nah untuk kamu yang penasaran dengan efek samping Terong Belanda bisa simak artikel dibawah ini.

Efek Samping Makan Terong Belanda Jika Berlebihan

Efek Samping Makan Terong Belanda Jika Berlebihan

Sebenarnya hingga sekarang ini peneliti yang belum pasti menemukan efek samping dari Terong Belanda ini, tetapi jika dengan mengkonsumsi berlebihan tentu saja akan menimbulkan efek sampingnya apalagi tubuh yang tentunya membutuhkan nutrisi yang lainnya selain dengan Terong Belanda.

Kandungan dalam Terong Belanda yaitu ada flavonoid yang dimana zat yang satu ini termasuk ke dalam salah satu jenis antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, zat ini yang akan membantu dalam menangkal radikal yang bebas yang menjadi penyebab kerusakan pada sel tubuh.

Untuk kadar antioksidan pada tubuh yang tentunya harus seimbang dengan kadar radikal bebas yang ada di dalam tubuh sehingga dengan begitu tidak akan terjadi kelebihan atau kekurangan antioksidan di dalam tubuh, namun jika kadar antioksidan di dalam tubuh yang terlalu banyak akan memicu adanya gangguan di dalam tubuh,

Adapun untuk efek samping Terong Belanda yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut.

Memicu Penyakit Kanker

Ternyata dengan memiliki banyak kadar antioksidan di dalam tubuh yang bisa memicu adanya penyakit kanker walaupun untuk hal ini yang jarang terjadi, dimana mengkonsumsi antioksidan yang berlebihan tentu saja tidak baik untuk tubuh dan bisa menyebabkan efek samping yang sangat fatal.

Sehingga dengan begitu untuk mencegah atau menghindari penyakit kanker kamu perlu menyeimbangkan kebutuhan antioksidan di dalam tubuh dengan mengkonsumsi sayuran dan juga buah yang seimbang jangan sampai berlebihan.

Kerja Tubuh yang Kurang Efektif

Efek samping Terong Belanda yang selanjutnya yaitu dapat mengganggu kerja tubuh hal ini dikarenakan terlalu banyak asupan antioksidan dan radikal bebas yang ada di dalam tubuh akan habis, sebenarnya radikal bebas ini yang diperlukan oleh tubuh untuk memicu adanya produksi antioksidan di dalam tubuh.

Untuk memproduksi antioksidan ini yang sebenarnya bisa dengan menggunakan cara berolahraga dan kamu juga bisa dengan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk membantu dalam peningkatan antioksidan, namun perlu kamu pastikannya jika jumlahnya seimbang.

Penuaan Dini

Efek samping dari mengkonsumsi Terong Belanda yang dapat menyebabkan penuaan sejak dini, dimana penuaan dini uang akan menyebabkan kondisi orang yang sebenarnya masih muda namun terlihat seperti sudah berusia tua karena kulitnya yang menjadi keriput dan tentunya terlihat lebih tua.

Dengan kondisi penuaan dini yang tentunya akan membuat penampilan kamu yang menjadi kurang menarik, agar hal ini tidak terjadi maka pastikan untuk selalu menyeimbangkan dalam mengkonsumsi makanan yang masuk tubuh dan juga jangan mengkonsumsi Terong Belanda yang secara berlebihan.

Mungkin hanya itu saja beberapa efek samping dari mengkonsumsi Terong Belanda secara berlebihan yang perlu kamu ketahui dan untuk kamu yang ingin mengkonsumsi buah ini dan ingin menghindari efek sampingnya maka kamu bisa dengan konsultasi terlebih dahulu ke dokter, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.