Thursday, 18 Jul 2024

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi di Play Store Padahal Memori Kosong dan Sinyal Bagus?

6 minutes reading
Tuesday, 4 Jul 2023 19:49 0 218 Riswan Suandi

Nesiaverse.com – Ketika hendak menambahkan aplikasi seperti YouTube terkadang kita dibuat bingung kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store padahal memori kosong dan sinyal bagus? Beberapa tutorial yang ditemukan di Internet pun biasanya menyebutkan gagal download diakibatkan internal storage full atau signal sedang jelek.

Meskipun demikian, ternyata alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store padahal memori kosong dan sinyal bagus? tidak hanya karena dua hal itu saja. Terdapat beberapa alasan lainnya yang memang akan mengakibatkan kita gagal download aplikasi melalui Google Play Store dan sebaiknya pahami dan simak penjelasan yang akan disampaikan dibawah ini.

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi di Play Store Padahal Memori Kosong dan Sinyal Bagus?

Kenapa Tidak Bisa Mendownload Aplikasi di Play Store Padahal Memori Kosong dan Sinyal Bagus?

Untuk dapat mendownload sebuah aplikasi di Play Store atau dari marketplace lainnya, tentu saja kecepatan dan kestabilan koneksi internet menjadi dominan sebagai syarat yang paling utama selain ruang penyimpanan atau memori internal perangkat.

Terkadang sebagai solusi internet yang stabil, kita mempercayakan untuk menggunakan jaringan Wi-Fi. Namun sering juga kita temukan permasalahan ketika hendak memasang atau update aplikasi YouTube gagal meskipun telah menggunakan Wi-Fi.

Faktor Penyebab Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

Penyebab aplikasi tidak bisa download melalui Play Store pun bisa beragam dan juga cara mengatasinya pun bisa bermacam-macam tergantung penyebabnya, nah secara umum pertanyaan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store padahal memori kosong dan sinyal bagus? Akan terjawab bila kita mengetahui penyebabnya.

Jaringan Internet Tidak Stabil

Penyebab dari gagal download aplikasi di Play Store yang pertama ini sering sekali dialami oleh pengguna smartphone yang kebetulan berada di gedung-gedung, daerah pegunungan maupun daerah yang masih belum tercover jaringan internetnya dengan baik.

Alasan mengapa jaringan internet dapat mengakibatkan gagal download aplikasi dari Play Store sebenarnya cukup sederhana namun cukup merepotkan. Alasannya adalah ketika Play Store tidak mendapatkan respon yang stabil dari perangkat, maka secara otomatis akan dianggap TimeOut dan proses akan ditunda atau ekstrimnya akan dibatalkan.

Memori Internal Penuh

Penyebab berikutnya dari gagal download aplikasi di Play Store adalah kapasitas memori internal penuh. Meskipun beberapa perangkat smartphone sudah dibekali memori penyimpanan eksternal tambahan yang besar, namun biasanya proses download aplikasi dan penyimpanan data aplikasi akan disimpan pada internal storage atau memori internal.

Alasan kapasitas memori internal mempengaruhi keberhasilan download aplikasi adalah lebih disebabkan oleh faktor konfigurasi default dari smartphone yang hanya mengijinkan penyimpanan aplikasi maupun data atau cache dari aplikasi untuk dilakukan pada memori internal saja.

Masalah Pada Aplikasi Play Store

Sebagai marketplace default yang resmi dari perangkat smartphone Android, tentunya akan selalu digunakan oleh pengguna smartphone berbasis Android untuk mendownload aplikasi yang akan digunakan. Selain lebih aman dibandingkan mendownload dari tempat lain, menggunakan Play Store juga akan memberikan sedikit jaminan kompatibilitas antara perangkat dan juga aplikasi.

Kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store padahal memori kosong dan sinyal bagus? tentunya bisa jadi akibat dari gangguan pada Google Play Store itu sendiri. Permasalahan dari Play Store ini pun bisa bermacam-macam, dari segi versi hingga juga adanya bug atau kerusakan internal Play Store.

Error Pada Software Smartphone

Penyebab selanjutnya adalah adanya error pada software smartphone yang kita gunakan, penyebabnya pun bisa bermacam-macam seperti versi terbaru yang tidak kompatible dengan Play Store hingga rusaknya software smartphone akibat membuka akses root yang secara default tidak diberikan kepada pengguna.

Peningkatan versi software smartphone biasanya dilakukan karena alasan keamanan dan penambahan fitur, hal ini sering menjadi masalah terhadap kompatibilitas dari aplikasi Play Store yang sedang digunakan. Selain itu alasan produsen smartphone tidak memberikan akses root kepada penggunanya pun untuk membatasi tingkat kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh pengguna itu sendiri maupun oleh virus atau program jahat yang menyerang smartphone dengan akses root.

Cara Memperbaiki Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang menjadi alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store padahal memori kosong dan sinyal bagus? sekarang saatnya kita mencoba cara untuk mengatasi permasalahan tidak bisa download aplikasi melalui Google Play Store. Cara-cara tersebut bisa kita lakukan dengan memisahkan faktor penyebab yang telah disebutkan diatas.

Untuk permasalahan yang timbul dan jadi alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store padahal memori kosong dan sinyal bagus? dapat dilakukan sendiri tanpa harus membawanya ke tukang servis.

Perbaiki Aplikasi Play Store

Aplikasi Play Store merupakan sebuah marketplace resmi dari Google untuk perangkat Android, tentu saja sebagai sebuah perangkat resmi yang harus dapat dijalankan pada setiap perangkat dibutuhkan tingkat kompatibilitas yang tinggi. Hal ini yang seringkali membuat aplikasi Play Store mengalami gagal download atau update aplikasi pada saat-saat tertentu.

Google Play Store biasanya akan otomatis melakukan update apabila terdapat pembaruan versi Play Store yang kompatible dengan perangkat anda, namun terkadang update secara otomatis ini juga mengalami kendala. Bila menemukan Play Store yang tidak otomatis update maka kamu dapat mengatasi hal ini dengan cara sebagai berikut:

  1. Jalankan aplikasi Play Store di perangkat Android kamu
  2. Klik pada tanda tiga garis di sudut kiri atas layar
  3. Geser ke bawah dan klik pada “Pengaturan
  4. Geser dan cari keterangan tentang “Versi Play Store” atau “Versi aplikasi
  5. Jika ada pembaruan yang tersedia, maka akan terlihat opsi untuk “Perbarui” atau “UpdateKlik pada tombol tersebut
  6. Tunggu hingga proses update selesai yang mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran pembaruan dan kecepatan koneksi internet yang digunakan
  7. Setelah pembaruan selesai, restart aplikasi Play Store

Bila cara tersebut masih saja gagal, maka kamu perlu membersihkan cache atau pun data dari aplikasi Play Store dengan cara:

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” di perangkat Android
  2. Geser ke bawah dan cari “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi” dan klik pada opsi tersebut
  3. Cari dan klik opsi aplikasi “Play Store”
  4. Di halaman “Info Aplikasi”, akan terlihat tombol pilihan “Hapus Data” dan “Hapus Cache“. Silahkan pilih opsi yang ingin digunakan tergantung pada masalah yang ingin diperbaiki
  5. Jika kamu memilih opsi “Hapus Cache”, itu akan membersihkan cache aplikasi Play Store. Ini akan menghapus file sementara yang disimpan oleh aplikasi dan dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi.
  6. Sedangkan jika kamu memilih opsi “Hapus Data”, itu akan menghapus semua data aplikasi Play Store, termasuk cache, riwayat unduhan, dan pengaturan. Ini akan mengembalikan aplikasi ke pengaturan default dan mungkin menghapus akun Google kamu dari aplikasi Play Store
  7. Setelah memilih opsi yang sesuai, klik “Hapus” untuk mengkonfirmasi pilihan yang dipilih dan setelah proses pembersihan selesai, restart aplikasi Play Store dan coba untuk mengunduh atau memperbarui aplikasi lagi.

Itulah beberapa solusi dari alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store padahal memori kosong dan sinyal bagus? cara-cara tersebut tentunya bisa dicoba terlebih dahulu dan sekaligus memperbaiki gagal update aplikasi melalui Play Store sebelum membawanya ke pusat servis smartphone.