10 Tempat Wisata di Sumedang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

9 minutes reading
Tuesday, 4 Jul 2023 20:33 0 131 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Untuk kamu yang akan berencana pergi ke kota Sumedang maka jangan lupakan dengan beberapa tempat wisata yang ada di sana, tempat wisata yang ada di Sumedang didominasikan dengan keindahan alam sangat indah dan mengagumkan dan untuk kamu yang ingin tahu dengan beberapa tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dengan simak penjelasannya disini.

Kabupaten Sumedang terdiri dari 26 kecamatan, 7 kelurahan dan 270 desa dan untuk ibu kota kabupaten Sumedang terletak sekitar 45 km dari kota Bandung, kota Sumedang dikenal sebagai kota Tahu karena makanan tahu yang sangat populer karena memiliki ras yang enak dan berbeda dengan tahu yang lainnya.

Tidak hanya itu saja kota Sumedang juga ternyata memiliki berbagai tempat wisata yang bagus menakjubkan dan mempesona untuk dilihat, karena memang kota Sumedang merupakan wilayah didominasi dengan pegunungan dan sedikit dataran rendah sehingga membuat banyak tempat wisata didalamnya memiliki suasana dan udara sejuk dan menentramkan.

Maka dari itu kota Sumedang yang sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tujuan untuk pergi ke tempat wisata menghabiskan waktu libur bersama keluarga dan juga anak-anak, penasaran apa saja tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits. Yuk, ketahui beberapa tempat wisata tersebut dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Tempat Wisata di Sumedang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Wilayah berada di sebelah barat Majalengka dan sebelah timur Bandung ini yang menyimpan banyak tempat wisata yang keren dimulai dari situs budaya hingga dengan air terjun dengan memiliki pemandangan yang menakjubkan dan bahkan dapat menggairahkan mata kalian.

Maka dari itu tidak perlu ragu lagi ke kota Sumedang untuk merasakan beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti kampung Toga, Kampung Nangorak dan masih banyak air terjun di Sumedang, adapun untuk beberapa tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits yaitu sebagai berikut:

Wisata Danau Situ Cilembang

10 Tempat Wisata di Sumedang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Salah satu tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa kamu kunjungi yaitu ke Danau Situ Cilembang dengan memiliki air danau yang bersih dan sangat jernih, tempat wisata tersebut sangat cocok untuk kamu yang ingin berada di tempat yang menenangkan untuk melepaskan rasa penat dan lelah setelah melakukan berbagai aktivitas seharian dan Danau Situ Cilembang ini berlokasi di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Dimana Danau Situ Cilembang menawarkan pemandangan alam yang asri dan indah dengan suasana dan udara yang sejuk bahkan danau ini yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan air minum sehingga pengunjung tidak boleh mandi disini, selain itu juga pengunjung harus menjaga kebersihan dan tempat wisata tersebut bisa menjadi spot foto yang instagramable dan untuk bisa masuk ke Danau Situ Cilembang tidak dikenakan biaya masuk namun hanya ada biaya parkir sebesar Rp 3.000 yang dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Wisata Kampung Toga

10 Tempat Wisata di Sumedang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Salah satu tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi yaitu ke Kampung Toga yang sesuai dengan namanya TOGA sendiri merupakan kependekan dari Tanaman Obat Keluarga, Kampung Toga berjarak sekitar 2 km dari Sumedang Kota berlokasi di Jl. Makam Cut Nyak Dien Gm. Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat, dan para pengunjung yang akan diajak untuk mengenal dengan berbagai tanaman obat dengan menggunakan cara yang menyenangkan.

Selain itu pengunjung juga yang dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dimulai dari memancing, berenang, main paintball, berkeliling dengan menaiki sepeda, hiking, arung jeram, mencoba gantole dan masih banyak lagi yang lainnya dan bahkan menyediakan villa , untuk memasuki kampung Toga pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis hanya saja membayar parkir kendaraan dan biaya tambahan jika ingin mencoba wahana yang ada di sana.

Agrowisata Kampung Nangorak

10 Tempat Wisata di Sumedang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Agrowisata Kampung Nangorak bisa menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang mengambil konsep yaitu agroedu teknowisata sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits, tempat wisata ini tidak hanya menawarkan rekreasi alam namun menjadi tempat belajar alam yang sangat seru berlokasi di Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Disini terdapat berbagai hal bisa dilakukan dimulai dari belajar menanam, memancing, beternak sampai dengan camping di tengah alam terbuka yang sangat seru dan menyenangkan, terdapat hal  yang menarik dari tempat wisata kampung Nangorak yaitu tempat wisata tersebut berada di kawasan dengan memiliki ketinggian 765 mdp sampai 1.035 mdpl sehingga membuat suasana di tempat wisata tersebut yang sejuk, nyaman dan tentram.

Wisata Cipanas Sekarwangi

10 Tempat Wisata di Sumedang Untuk Anak dan Keluarga yang Murah dan Lagi Hits

Untuk kamu  yang ingin mandi air panas maka bisa dengan mengunjungi tempat wisata Cipanas Sekarwangi yang berlokasi di Desa Sekarwangi, Kecamatan Buahdua dan menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits, untuk bisa datang ke tempat wisata yang satu ini pengunjung dikenakan biaya masuk Rp 10.000 dan jika berniat menginap maka harganya sesuai dengan penginapan yang akan disewa.

Di tempat wisata yang satu ini pengunjung yang dapat bersantai sambil berendam di air panas yang akan membuat kamu merasa nyaman dan lelah di tubuh dapat terobati dan bahkan hilang seketika, dan memang tempat wisata tersebut menjadi pilihan terbaik untuk kalian dikarenakan tempat wisata ini yang terkenal dan sudah banyak dikunjungi baik di dalam negeri maupun luar negeri dengan memiliki fasilitas yang memadai dan bahkan terdapat penginapan disana.

Wisata Alam Pangjugjugan

Kota Sumedang ternyata terdapat desa wisata dengan menyuguhkan interaksi alam yang sangat menarik yaitu wisata alam Pangjugjugan menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits dengan harga tiket sesuai paket yang dipilih, disini pengunjung dapat belajar mengenai ilmu alam dan juga bisa melihat secara langsung dengan proses pengolahan hasil pertanian dan peternakan sangat menarik bukan liburan sambil belajar menambah pengetahuan.

Bahkan tidak sampai di sana pengunjung juga bisa melakukan melakukan berbagai aktivitas seru yang lainnya dimulai dari naik perahu berkeliling, berenang, seru-seruan dengan permainan tradisional dan bahkan bisa mencoba terapi di kolam ikan, hal yang paling menarik di tempat wisata tersebut yaitu terdapat permainan flying fox dan masih banyak lagi keseruan lainnya dan wisata tersebut berlokasi di Kampung Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dibuka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Wisata Eco Green Park Kampung Karuhun

Tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits dengan mengusung konsep Eco Green Park yaitu bernama Eco Green Park Kampung Karuhun, berlokasi di Jalan Pagar Betis, Desa Citengah,  Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat yang memiliki harga tiket cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 5.000 untuk anak-anak dan juga Rp 15.000 untuk orang dewasa yang dibuka pada setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Dengan harga yang terjangkau pengunjung yang sudah bisa menikmati berbagai keseruan yang telah disuguhkan di tempat wisata Kampung Karuhan yang satu ini dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai, berbagai fasilitas bisa dilakukan di sana seperti ada kolam renang, area camping ground, outbound, kendaraan ATV, sampai dengan wisata kuliner dan masih banyak lagi lainnya sehingga kamu bersama anak-anak dan keluarga bisa menghabiskan waktu liburan dengan bersenang-senang.

Wisata Air Terjun Kembar Curug Cinulang

Berikutnya untuk tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits bisa dikunjungi yaitu Air Terjun Kembar Curug Cinulang  dengan memiliki air terjun dengan ketinggian yaitu sekitar 50 meter dan untuk air terjun ini paling terkenal di kota Sumedang, tempat wisata tersebut berlokasi di Cicalengka Sindangwangi, Sindulang, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat yang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Pada saat kamu berkunjung ke tempat wisata air terjun kembar curug Cinulang maka pengunjung akan diperlihatkan dengan keindahan alam dan eksotis air terjun yang sangat menakjubkan sehingga kamu akan merasa nyaman berlama-lama di tempat ini, dimana tempat wisata ini juga yang memiliki keunikan lainnya yaitu dengan memiliki 2 air terjun saling berdamping dan mengenai tentang disebut Curug Sindulang dikarenakan tempatnya berada di kawasan Desa Sindulang.

Wisata Puncak Damar Baros

Wisata Puncak Damar Baros Jatigede menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits dengan memiliki pemandangan yang eksotis dan juga mengesankan, bahkan selain itu tempat wisata ini yang menawarkan keindahan waduk Jatigede dengan dilengkapi perbukitan yang menakjubkan dan untuk para pengunjung yang kesini akan merasakan pengalaman wisata berbeda dengan sajian pesona alam yang indah.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa wisata Puncak Damar Baros ini yang diserbu oleh para pecinta fotografi karena pemandangan yang dimilikinya, bahkan selain itu pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti outbound atau camping, tersedia fasilitas yang memadai seperti gazebo hingga area bermain anak-anak dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 berlokasi di Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Wisata Arung Jeram Pangcalikan

Untuk kamu bersama keluarga menyukai aktivitas yang seru menguji nyali dan juga adrenalin maka bisa dengan mencoba mengunjungi tempat wisata Arung Jeram Pangcalikan menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits, dimana Arung Jeram Pangcalikan memiliki arus yang sangat menantang berlokasi di Sungai Cipeles, Desa Citepok, Sumedang, Jawa Barat.

Selain itu Arung Jeram Pangcalikan akan memberikan suasana pengalaman yang sangat seru dan mengenai dengan jalur sungai diapit oleh tebing yang akan menambah daya eksotis, paling kerennya lagi dari tempat wisata tersebut pada saat musim kemarau tiba maka air di sungai Cipeles surut namun memperlihatkan kejernihan air yang menakjubkan bahkan disebut sebagai Green Canyon-nya Sumedang dan biaya ditawarkan untuk bisa merasakan arung jeram disini sekitar Rp 225.000 dengan berbagai fasilitas tersedia sangat memadai.

Wisata Sirah Cipelang

Terakhir untuk tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits yaitu ada Sirah Cipelang merupakan mata air yang sangat menakjubkan dan bahkan tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial, tempat wisata tersebut berlokasi di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dengan harga tiket masuk terbilang murah yaitu sebesar Rp 5.000.

Mata air Sirah Cipelang ini memberikan kesegaran mata air pegunungan tampomas yang sangat alami dengan memiliki tempat yang rindang dipenuhi oleh pepohonan dengan air yang jernih bisa menjadi foto underwater yang sangat keren, bahkan pengunjung juga yang bisa merasakan sensasi kesegaran nyata dengan menyelam di mata air Sirah Cipelang dan pastinya selalu menjaga kebersihan berada di tempat tersebut dan juga berperilaku sopan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa tempat wisata di Sumedang untuk anak dan keluarga yang murah dan lagi hits yang memiliki pemandangan alami dan asri cocok untuk menenangkan pikiran, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat berlibur bersama keluarga besar.

x