Wednesday, 17 Jul 2024

6 Makanan Anak Burung Hantu

4 minutes reading
Tuesday, 24 Oct 2023 02:06 0 216 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak kenal dengan burung hantu yang satu ini kerap dianggap sebagai burung yang menyeramkan dan berkaitan dengan hal-hal mistis, namun tidak sedikit orang yang mencoba memelihara anak burung hantu dan jika kamu salah satunya memelihara burung ini harus tahu dengan makanan anak burung hantu.

Burung hantu merupakan kelompok burung yang termasuk ke dalam anggota ordo Strigiformes, dimana burung ini termasuk dalam golongan jenis burung buas (pemakan daging atau karnivora), dan burung hantu juga yang merupakan hewan malam (Nokturnal).

Dimana burung hantu ini yang memiliki lebih dari 200 spesies, ordo strigiformes yang terdiri dari dua suku atau famili, yang diantaranya yaitu ada suku burung serak atau burung hantu gudang (Tytonidae) dan juga suku burung hantu sejati (Strigidae).

Burung hantu ini yang sudah tersebar di seluruh belahan dunia kecuali kecuali di benua Antartika, sementara itu burung hantu ini yang tergolong ke dalam jenis hewan nokturnal atau burung ini yang aktif di malam hari, sehingga tidak heran jika burung hantu yang biasanya banyak tidur di siang hari karena mereka akan mencari makan di malam hari.

Burung hantu ini yang memiliki ciri khas yang lainnya hampir ada pada semua jenis burung hantu yaitu keunikan mata dan juga kepalanya dengan mata yang menghadap ke depan layaknya seperti mata manusia, bola mata yang besar selalu melotot sehingga cukup menyeramkan.

Bahkan tidak hanya itu saja kepala burung hantu ini yang dapat berputar 180 derajat dan ada juga untuk beberapa spesies yang bisa berputar hingga 230 derajat, apalagi belakangan ini yang mulai banyak orang ingin memelihara burung hantu ini sebagai hewan peliharaannya.

Hewan yang biasanya semua hidup liar di alam bebas ini yang diketahui membutuhkan perawatan khusus untuk bisa bertahan hidup dan cenderung cukup mahal terutama mengenai makanan burung hantu tersebut, karena makanan burung hantu yang harus sesuai dengan habitat aslinya.

Tidak sedikit orang yang memilih untuk memelihara burung hantu yang masih kecil atau masih anak karena akan lebih mudah dalam menjinakkannya, lalu apa saja makanan anak burung hantu? Untuk mengetahuinya yuk simak penjelasannya disini.

Makanan Anak Burung Hantu

Anakan burung hantu merupakan burung hantu yang masih kecil dan umumnya setelah menetas dari telur mereka yang membutuhkan perawatan dan juga perlindungan dari induknya, burung hantu baru lahir biasanya terlahir buta.

Bahkan selain itu juga mereka yang memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil dengan mata yang besar dan juga tubuhnya yang dipenuhi dengan bulu halus, karena penampilan anak burung hantu ini yang lucu dan menggemaskan sehingga banyak orang yang ingin memelihara anak burung hantu.

Tetapi dalam merawat dan memelihara anak burung hantu yang bisa dikatakan tidaklah mudah, burung hantu yang masih kecil ini akan membutuhkan makanan yang tepat untuk proses mendukung perkembangannya, jika diberikan makanan yang salah tentu saja akan membuat proses pertumbuhannya dapat terhambat.

Memberikan makanan yang tepat pada anak burung hantu agar burung tersebut bisa tumbuh dengan sehat dan bisa hidup lebih lama, dalam memberikan makanan burung hantu yang masih kecil tentu saja tidak boleh sembarangan, hanya terdapat beberapa jenis makanan yang dapat diberikan pada anak burung salah satunya yaitu ulat hongkong.

Adapun untuk beberapa jenis makanan anak burung hantu yaitu sebagai berikut:

Tikus

Tikus menjadi salah satu sumber utama bagi banyak jenis atau spesies burung hantu, tikus yang menjadi mangsa utama karena tikus ini yang kaya akan protein dan juga lemak diperlukan untuk proses pertumbuhan dan juga energi burung hantu anakan.

Ulat Hongkong

Ulat hongkong merupakan larva yang biasanya dijadikan sebagai umpan pakan untuk hewan peliharaan seperti burung hantu, ulat hongkong ini yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi didalamnya dan juga sangat cocok sebagai makanan untuk mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan burung hantu anakan.

Laba-laba

Pada beberapa burung hantu muda yang juga akan memakan laba-laba kecil yang bisa mereka tangkap dan laba-laba bisa menjadi salah satu makanan anak burung hantu, laba-laba yang mengandung protein dan juga zat penting lainnya untuk bisa mendukung pertumbuhan mereka.

Belalang

Burung hantu anakan atau yang masih kecil juga sering memakan serangga termasuk juga belalang, dimana belalang ini yang mengandung nutrisi seperti protein dan juga serat yang sangat penting untuk pertumbuhan anak burung hantu tersebut.

Ikan

Untuk beberapa spesies burung hantu yang biasanya hidup di dekat perairan yang akan memangsa ikan sebagai bagian dari menu makan mereka, sehingga makanan anak burung hantu lainnya bisa diberikan yaitu ikan yang menyediakan sumber protein yang sangat penting untuk burung hantu anakan.

Siput

Pada beberapa jenis atau spesies burung hantu yang memangsa siput sebagai tambahan dalam diet mereka dan siput termasuk ke dalam makanan anak burung hantu, siput yang bisa memberikan nutrisi bermanfaat untuk pertumbuhan dan juga kesehatan burung hantu anakan.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis makanan anak burung hantu yang bisa kamu ketahui dan bisa kamu berikan pada burung hantu anakan dengan porsi yang tepat tidak berlebihan, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.