Monday, 17 Jun 2024

10 Makanan Dari Tepung Beras

7 minutes reading
Saturday, 26 Aug 2023 17:52 0 136 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Indonesia merupakan salah satu negara dengan memiliki berbagai sajian makanan tradisional yang menggugah selera, salah satunya beragam makanan yang menggunakan bahan dasar dari tepung beras dengan memiliki rasa yang nikmat, lembut dan juga kenyal.

Menyantap kudapan kue yang selalu menggugah selera apalagi sekarang ini tersedia banyak jajanan kue yang beraneka ragam digemari oleh banyak orang, sehingga tidak heran jika saat ini banyak jajanan dan snack dijual di pasaran.

Beragam makanan atau jajanan tersebut yang biasanya terbuat dari tepung terigu, namun selain tepung terigu ada juga jenis tepung yang kerap digunakan untuk membuat berbagai makanan hidangan yaitu tepung beras.

Tepung beras yang diolah menjadi berbagai olahan kue basah dan bahkan tepung ini juga yang dapat digunakan sebagai bahan dasar aneka camilan yang enak, dalam pembuatan makanan juga yang hanya membutuhkan beberapa bahan pendukung lainnya untuk bisa mengolahnya.

Tidak perlu khawatir karena untuk resep olahan tepung beras yang sederhana mudah untuk dibuat dan tentu saja rasanya yang tidak kalah lezat dari yang lainnya, bahkan tidak cuma lewat saja tetapi aneka resep olahan tepung beras juga sehat karena bebas dari gluten.

Selain itu tepung beras yang dikenal tinggi akan nutrisi di dalamnya seperti vitamin, asam folat, riboflavin, niacin dan juga zat besi, dengan mengkonsumsi berbagai makanan aneka resep olahan dari bahan tepung beras menjadi pilihan yang tepat.

Lalu apa saja makanan yang menggunakan bahan dasar dari tepung beras yang bisa kamu coba buat dan nikmati? Untuk mengetahuinya bisa dengan simak penjelasannya dibawah ini.

Makanan Dari Tepung Beras

Kuliner Indonesia yang terkenal dengan berbagai jenis kue basah dan dan biasanya makanan berbahan tepung diolah menjadi berbagai jenis olahan kue basah, bahkan tidak hanya itu tepung beras juga yang bisa digunakan sebagai bahan dasar aneka cemilan yang sangat enak dan lezat, tidak sekedar lezat saja beragam aneka cemilan berbahan tepung beras ini juga yang sehat.

Beragam makanan dari tepung beras yang akan lebih nikmat dihidangkan bersama dengan teh hangat, bahkan makanan tersebut bisa menyajikannya untuk acara-acara besar seperti acara keluarga, hantaran hingga syukuran.

Olahan dari tepung beras yang bisa kamu kreasikan menjadi berbagai makanan yang enak dan untuk cara membuatnya terbilang cukup mudah, adapun untuk beberapa makanan yang menggunakan bahan dasar dari tepung beras sebagai berikut:

Kue Cucur

Makanan Dari Tepung Beras

Kue cucur atau kucur merupakan salah satu jajanan khas suku Betawi berasal dari wilayah barat pulau Jawa yang sekarang merupakan bagian dari provinsi Jakarta, provinsi Jawa Barat dan provinsi Banten, kue cucur sendiri yang terbuat dari tepung beras dan gula jawa atau gula aren yang kemudian digoreng.

Cara membuat kue cucur cukup mudah dengan memasak gula merah, air dan daun pandan hingga mendidih lalu saring, campurkan tepung beras, tepung terigu dan garam aduk hingga merata lalu tuangkan air gula ke dalam campuran tepung sambil diaduk secara perlahan-lahan dan terakhir goreng hingga matang.

Kue Putri Mandi

Makanan Dari Tepung Beras

Untuk salah satu makanan dari tepung beras yaitu ada kue putri mandi merupakan salah satu kue atau jajan khas yang berasal dari daerah Sumbawa, kue putri mandi ini yang memiliki rasa yang manis dan juga gurih membuat kue tersebut digemari banyak orang.

Kue Putri Mandi sendiri terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat-bulat kecil berwarna-warni yang kemudian di rebus sampai mengambang dan ditiriskan, kemudian kue putri mandi tersebut yang dicampurkan dengan gula merah yang telah direbus dengan dicampur sedikit air, parutan kelapa setengah tua dan juga gula.

Kue Jongkong

Untuk jenis makanan dari tepung beras yaitu ada kue jongkong yang merupakan makanan khas pulau Bangka terbuat dari bahan dasar tepung beras dan gula merah, kue jongkong ini yang memiliki tampilan kue yang cantik dengan tekstur yang lembut dan rasanya sangat manis.

Kue jongkong sendiri adalah kue basah dibungkus dengan daun pisang dan kudapan ini lantas disajikan di dalam cup plastik dengan memiliki cita rasa yang perpaduan dari asin dan manis, sehingga membuat kue jongkong ini digemari oleh banyak orang.

Kue Lapis

Kue lapis merupakan kue tradisional yang sudah menjadi bagian dari warisan kuliner Indonesia dan juga menjadi kue tradisional yang sangat populer, dimana kue lapis ini memiliki tekstur yang padat dan lapisan terdiri dari berbagai warna serta rasa manis yang berbeda-beda.

Untuk bahan-bahan membuat kue lapis ini yang menggunakan tepung beras, tepung kanji, gula pasir, santan, vanila, pewarna makanan, dan juga garam, untuk membuatnya kue lapis juga yang terbilang cukup mudah dilakukan dengan hasil kue lapis yang memiliki warna yang menarik.

Kue Mangkok

Untuk makanan dari tepung beras yang satu ini sebenarnya adalah bentuk lainnya dari cupcake khas Indonesia yang dimana kue mangkok mirip dengan cupcake modern hanya saja yang membedakannya yaitu tanpa dihias icing.

Kue mangkok yang memiliki bentuk sederhana namun rasanya yang sangat nikmat dan manis sangat cukup untuk mengenyangkan perut, bahkan kamu juga bisa membuat kue mangkok ini dengan mudah dengan beragam warna sesuai dengan keinginan.

Kue Nagasari Lapis Hunkwe

Kue Nagasari Lapis Hunkwe merupakan salah satu jenis kue basah tradisional yang paling populer dan bahkan diwariskan dari generasi ke generasi dalam masyarakat Jawa, dimana biasanya kue nagasari lapis hunkwe ini yang sering ditemui di berbagai acara dan juga perayaan di Indonesia seperti pernikahan, lebaran dan acara khusus lainnya.

Kue Nagasari Lapis Hunkwe yang merupakan makanan terbuat dari tepung beras, pisang, tepung tapioka, gula, santan dan garam yang dikukus sekitar 25 menit, kue ini yang memiliki rasa yang enak dengan tekstur kenyal dari ketan dan juga aroma harum berasal dari daun pisang memperkaya cita rasanya.

Es Cendol

Pastinya kamu sudah tidak asing mendengar es cendol karena memang makanan yang satu ini yang sangat terkenal dan bahkan makanan dari tepung beras tersebut semakin terkenal melalui lagu koplo cendol dawet lima ratusan jirolupat.

Dimana biasanya es cendol ini yang dibuat dengan menambahkan bahan tambahan yaitu santan dan juga gula jawa yang manis serta es batu membuat es cendol menjadi lebih segar, gurih dan sekaligus manis sehingga membuat siapa saja yang meminumnya akan merasa segar seketika apalagi saat siang bolong.

Kue Apem Selong

Kue Apem Selong merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras yang telah didiamkan semalaman dengan mencampurkan santan, telur, tape, gula dan sedikit garam yang kemudian dikukus atau dibakar.

Untuk bentuk kue apem sendiri yang mirip serabi tetapi ini yang lebih tebal dengan memiliki cita rasa yang manis dan gurih, kue apem juga yang dikenal dengan memiliki tekstur yang berongga dan lembut dan biasanya kue ini selalu hadir dalam perayaan khusus di Jawa.

Kue Klepon

Kue Klepon merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan putih yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil, di dalam kuenya yang diisi dengan gula merah dan ditaburi dengan parutan kelapa membuat rasanya yang manis dan gurih.

Kue Klepon ini yang berasal dari Jawa tapi kue ini juga yang dikenal di Sulawesi dan Sumatra, bahkan legenda hingga ke Malaysia yang mereka sebut dengan nama yaitu onde-onde, dengan memiliki bahan makanan kue klepon ini yang simpel sehingga siapa saja bisa membuatnya dirumah.

Bubur Sumsum

Untuk jenis makanan yang menggunakan bahan dasar dari tepung beras yang terakhir yaitu ada bubur sumsum, dimana bumbum sumsum ini biasanya disajikan dengan penambahan kuah yang terbuat dari gula merah dan juga aroma daun pandan.

Makanan bubur sumsum sendiri yang memiliki rasa yang manis dan gurih sangat cocok untuk dinikmati pada saat dingin atau pun pada saat masih hangat, biasanya bubur sumsum yang bisa ditemui dengan mudah dan harganya pun terbilang cukup murah.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai dengan beberapa jenis makanan yang menggunakan bahan dasar dari tepung beras yang bisa kamu ketahui dan bisa ditemui dengan mudah di pasar jajanan tradisional, tetapi selain dengan membeli kamu juga bisa membuatnya di rumah semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.