Thursday, 18 Jul 2024

Manfaat Kulit Pisang Untuk Tanaman

5 minutes reading
Friday, 17 Mar 2023 18:55 0 154 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Ternyata kulit Pisang selain bermanfaat untuk kecantikan namun kulit Pisang juga yang bermanfaat untuk tanaman loh, nah untuk kamu yang memiliki kebun tentu saja perlu mengetahui manfaat kulit Pisang untuk tanaman.

Pada dasarnya sudah kamu ketahui bahwa Pisang ini merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak disukai oleh para masyarakat, dengan memiliki rasa yang enak, harum dan juga lembut dan juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai aneka jenis makanan yang sangat enak.

Namun selain rasanya yang enak buah Pisang juga yang diperkaya dengan kandungan nutrisi didalamnya yang sangat bermanfaat, bahkan selain daging buah Pisang saja yang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan namun kulitnya pun sangat bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan dan bahkan untuk tanaman.

Memang biasanya kebanyakan orang yang hanya mengkonsumsi daging buah Pisangnya saja sedangkan kulitnya pada dibuang, namun ternyata jika kamu kumpulkan kulit Pisang tersebut yang bisa digunakan sebagai pupuk tanaman yang akan membantu meningkatkan kesuburan pada tanaman.

Dimana kamu bisa menjadikan kulit Pisang ini sebagai pupuk alami untuk tanaman dan untuk cara mendapatkan manfaat dari kulit Pisang untuk tanaman ini yang cukup mudah dan tentunya akan jauh lebih ramah lingkungan.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan manfaat kulit Pisang untuk tanaman yang bisa membantu meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan tanaman, selain itu kamu bisa menyimak beberapa manfaatnya dibawah ini.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Tanaman

Manfaat Kulit Pisang Untuk Tanaman

Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dengan buah Pisang ini yang memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh bahkan kecantikan, buah Pisang ini yang bisa ditemui dan jumpai dengan mudah di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Dimana memang kulit Pisang yang merupakan limbah cukup berpengaruh terhadap pencemaran lingkungan dan buah Pisang ini yang memang sangat digemari oleh masyarakat yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan maupun minuman,

Sedangkan untuk kulit Pisang yang kerap dibuang padahal kulit Pisang ini yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair yang bisa membantu untuk mempercepat pertumbuhan akar, menambah daya tahan tanaman terhadap  berbagai penyakit, dan bahkan menambah unsur hara pada tanah.

Adapun untuk beberapa manfaat kulit Pisang untuk tanaman yaitu sebagai berikut:

Meningkatkan Kesuburan dan Pertumbuhan

Untuk manfaat kulit Pisang untuk tanaman yaitu membantu untuk meningkatkan kesuburan dan juga pertumbuhan tanaman, hal ini yang dikarenakan dari air kulit Pisang ini yang bisa memberikan potasium pada tanaman.

Kandungan potasium ini yang akan membantu untuk pertumbuhan tanaman dan untuk merasakan manfaatnya dengan menyirami tanaman dengan air kulit Pisang yang memang menjadi salah satu cara yang populer, namun sebagian orang juga cara ini juga tidak disetujui karena aroma manis dari Pisang ini yang bisa menarik serangga.

Agar Cepat Berbunga

Dengan menggunakan pupuk kulit Pisang yang bermanfaat agar tanaman dapat berbunga lebih cepat, dimana kandungan nutrisi alami yang terdapat pada kulit Pisang seperti fosfor, magnesium dan juga nitrogen dan nutrisi ini yang akan dengan mudah diserap oleh tanaman setelah terurai.

Agar mendapatkan hasil  yang lebih efektif pastikan kamu menggunakan kulit Pisang yang tidak mengandung pestisida di dalamnya, karena kandungan pestisida yang justru akan merusak tanaman dan kamu bisa mencampurkan kulit Pisang tersebut ke dalam pupuk kompos dan berikan pada tanaman dan ini akan membuat tanaman tumbuh subur dan berbunga lebih cepat.

Menjaga Tanaman Tetap Kuat

Untuk manfaat kulit Pisang untuk tanaman yang lainnya yaitu membantu untuk menjaga tanaman agar tetap kuat dan tidak mudah layu, manfaat ini yang dikarenakan kulit Pisang yang terkenal memiliki kandungan potasium di dalamnya yang memiliki peran untuk menjaga tanaman agar tidak cepat atau mudah mudah layu.

Dimana kandungan potasium ini yang memiliki manfaat untuk tanaman yang akan membantu tanaman tersebut dapat bertahan dari kekeringan sehingga dengan begitu tanaman tersebut yang tidak akan mudah layu, walaupun pada saat musim kemarau namun tanaman yang diberikan pupuk kulit Pisang yang akan bertahan hidup dan tidak akan layu.

Mencegah Penyakit

Manfaat kulit Pisang untuk tanaman yang terakhir yaitu membantu untuk mencegah penyakit pada tanaman sehingga tanaman dapat subur dengan baik, dan manfaat ini yang berasal dari kandungan kalium organik yang tinggi yaitu sekitar 42 persen pada kulit Pisang.

Dengan kandungan kalium organik ini yang akan membuat tanaman menjadi lebih cepat tumbuh subur dan juga akan terhindar atau terbebas dari berbagai penyakit, bahkan selain itu juga dengan menggunakan kulit Pisang ini yang dapat mencegah adanya berbagai jenis hama yang dapat merusak tanaman.

Jika kamu sudah mengetahui dengan beberapa manfaat dari menggunakan kulit Pisang sebagai pupuk untuk tanaman, kamu juga tentu saja perlu mengetahui dengan cara membuat pupuk alami dari menggunakan bahan kulit Pisang dengan baik dan benar.

Dimana terdapat tiga cara yang bisa kamu coba dan lakukan dirumah untuk membuat pupuk penyubur tanaman dari kulit Pisang yaitu sebagai berikut:

  • Untuk cara pertama kamu hanya perlu dengan meletakkan kulit Pisang tersebut di media tanam sedalam 5 hingga 7 cm dari permukaan tanah.
  • Untuk cara yang kedua yaitu dengan merendam kulit Pisang dengan air agar kandungan potasium pada kulit Pisang menyebar, untuk cara ini yang dianggap paling efektif karena air rendaman tersebut yang dapat dikirimkan langsung pada tanaman didalam pot.
  • Untuk cara ketiga yang bisa dilakukan jika kamu ingin melakukan repotting yaitu dengan meletakkan kulit Pisang pada dasar pot, terlebih dahulu kulit Pisang di potong-potong menjadi lebih kecil jika ingin meletakkan kulit Pisang ini untuk pupuk, hal ini yang bertujuan agar lebih mudah tercampur dengan pupuk yang lainnya.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai manfaat kulit Pisang untuk tanaman yang bisa kamu ketahui dan juga cara menggunakannya sebagai pupuk yang bisa ditiru dirumah, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat selamat untuk mencoba.