10 Alat Gym Untuk Menurunkan Berat Badan

7 minutes reading
Friday, 15 Sep 2023 17:46 0 84 Muti Karya

Nesiaverse.com – Saat kamu melakukan gym untuk menurunkan berat badan, maka penting mengetahui alat yang dapat mendukung program kamu. Pergi ke gym sendiri merupakan salah satu langkah yang tepat untuk membantu penurunan berat badan dengan cepat. Karena ada berbagai pilih alat yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung latihan pembakaran kalori pada tubuh. 

Banyaknya orang yang memiliki aktivitas yang padat dan sibuk, sehingga tidak jarang mengalami kesulitan saat akan berolahraga. Sehingga hal inilah yang tidak jarang memicu penumpukan lemak dalam tubuh. Jika terjadi secara terus menerus, maka dapat memicu obesitas. Saat ini kamu dapat mengikuti kelas Gym untuk berolahraga dengan mudah, karena banyaknya alat-alat fitnes yang akan membantumu untuk mendapatkan berbagai jenis aktivitas olahraga dengan mudah. 

Alat Gym Untuk Menurunkan Berat Badan

Alat Gym Untuk Menurunkan Berat Badan

Bila kamu ingin menurunkan berat badan serta mengurangi lemak, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah gym untuk menurunkan berat badan tersebut. Jenis latihan yang bisa kamu lakukan akan melibatkan seluruh tubuh dan mampu untuk meningkatkan detak jantung dalam waktu tertentu. Hal inilah yang akan memicu proses pembakaran lemak. 

Namun seperti yang kamu ketahui bahwa banyak sekali alat fitness di tempat Gym. Sehingga kamu memberikan rekomendasi beberapa alat gym untuk menurunkan berat badan agar jauh lebih mudah lagi. Nah, langsung saja berikut kamu sudah merangkum beberapa alat fitness di Gym yang bisa kamu gunakan untuk mendukung proses menurunkan berat badan lebih cepat lagi. 

Rowing Machine

Alat Gym Untuk Menurunkan Berat Badan

Rowing machine merupakan salah satu alat gym yang diklaim terbaik untuk latihan seluruh tubuh untuk menurunkan berat badan. Latihan fitness atu ini akan berdampak rendah karena banyaknya otot tubuh yang bekerja. Ketika kamu menggunakan rowing machine, maka otot yang bekerja adalah otot betis, otot paha bagian belakang, area bokong, perut, pecs, otot paha bagian depan, pecs, trisep, bisep , lat, punggung atas, deltoid. 

Untuk penggunaan rowing machine sendiri dapat membantu pembakaran kalori sebanyak 337 kalori dalam 30 menit lamanya.Proses pembakaran kalori ini di publish oleh Harvard Health Publishing. Sehingga tentunya sudah teruji secara clinis juga. Manfaat lain dari penggunaan rowing machine ini adalah dimana akan mendukung dan meningkatkan kesehatan dan dapat mengatur postur duduk kamu menjadi lebih baik lagi. 

Menggunakan rowing machine sendiri merupakan salah satu latihan kardio yang sangat baik bagi pendendian kamu sehingga efektif dan berdampak baik. Menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk melatih seluruh tubuh sekaligus menurunkan berat badan bersamaan. 

Treadmill

Alat Gym Untuk Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya ada treadmill, kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan alat satu ini bukan? menjadi salah satu alat yang bisa ditemukan di berbagai pusat kebugaran komersial bahkan di rumah. Alat satu ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan dengan cepat juga. Karena baik digunakan untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskuler. 

Otot yang digunakan dalam menjalankan latihan treadmill adalah bagian paha depan, bagian paha belakang, bokong, perut hingga betis. Dalam sekali melakukan gerakan lari menggunakan treadmil maka kamu dapat membakar kalori hingga 537 kalori, dalam 1 jamnya. Sementara untuk seseorang dengan bobot 180 pon, kamu dapat membakar hingga 744 kalori dengan waktu 1 jam juga. 

Treadmill adalah salah satu alat yang cocok digunakan untuk kamu yang suka olahraga berjalan atau lari. Menggunakan alat treadmil juga dapat meningkatkan sistem kerja jantung, kamu dapat mengubah dan mengatur kemiringan dari mesti treadmill sehingga dapat meningkatkan level kesulitan saat menggunakannya. 

Stair Climbers

Alat Gym Untuk Menurunkan Berat Badan

Alat satu ini hampir mirip dengan treadmill, dimana stair climber ini merupakan salah satu eskalator yang bergerak dengan cepat. Seperti treadmill alat satu ini akan merangsang gerakan kamu dalam berjalan dengan kecepatan tertentu. 

Dalam penggunaannya kamau dapat meningkatkan kecepatannya juga sesuai dengan kemampuan kamu. Stair climber ini adalah tangga dengan kecepatan tertentu. Termasuk salah satu latihan dengan dampak yang rendah. Karena latihan fitness ini berdampak pada area otot paha belakang, betis, bokong, dan betis.

Dikutip dari halaman Harvard Health Publishing latihan menggunakan stair climber selama 30 menit lamanya, mampu membantu untuk membuat hingga 180 kalori untuk seseorang dengan berat 125 pon. Bahkan dapat membakar 223 kalori bagi seseorang negan berat badan 185 pon. 

Assault Bike

Jika kamu suka kegiatan bersepeda, maka olahraga satu ini alat assault bike bisa kamu coba. Menggunakan assault bike maka akan membantu untuk menurunkan berat badan secara efisien. Sepedah elektrik ini akan membuat kamu menggerakan tubuh, khususnya pada bagian otot betis. paha belakang, bokong, paha depan dan area perut. 

Dalam menggunakan assault bike ini kamu dapat membakar jumlah kalori mulai dari 20 hingga 30 kali setiap menitnya oleh rata-rata manusia. Peralatan satu ini merupakan salah satu peralatan cardio dengan dampal rendah. Alat gum ini menjadi salah satu alat ideal untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan dan suka berkendara di luar, karena sensasinya sama dengan menggunakan sepeda aslinya. 

Dumbbell

Selanjutnya, kamu dapat menawarkan alat gym dumbbell set, yang mana alat satu ini mudah untuk kamu temukan. Alat ini mampu membantu menekan dna menguatkan otot. Mengangkat barbel juga dapat membantu kamu untuk membakar lemak, hingga meningkatkan massa otot . Kamu dapat memilih berat yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan kamu seiringnya waktu. 

Dalam menggunakan alat dumbbell ini, kamu dapat menggunakan beberapa gerakan yang juga dapat mendukung prose penurunan berat badan, misalnya bekrit ini. 

  • Deadlift
  • Forward lunge bicep curl
  • Squat thruster
  • Palnak to upright row
  • Cross behind lunge lateral curl

Lat Pulldown Machine

Selanjutnya ada alat gym untuk menurunkan berat badan lat pulldown machine. Alat satu ini sangat cocok untuk melatih otot bagian punggung, bahu dan lengan. Dengan menggunakannya dapat membantu kamu untuk meningkatkan postur tubuh menjadi lebih baik lagi. Lat pulldown machine ini akan membantu membakar lemak, khususnya pada area tubuh atas, yaitu area punggung dan lengan yang memang menjadi pusat digunakannya. 

Kettlebell

Alat gym lainnya untuk menurunkan berat badan adalah kettlebell. Kettlebell adalah alat gym dengan bentuk yang menyerupai bola besi dengan pegangan. Alat gym satu ini bekerja sangat efektif untuk membantu dan melatih kekuatan dan daya tahan otot. Sehingga untuk proses pembakaran kalori akan menjadi lebih cepat lagi. 

Dalam menggunakan alat gym kettlebell, kamu dapat melakukan beberapa gerakan atau latihan harian lainnya. Hal ini berguna untuk mempercepat proses pembakaran kalori tubuh dan mendukung proses penurunan berat badan lebih cepat lagi. 

  • Kettlebell snatch
  • Goblet squat
  • Swing

Leg Press Machine

 

Leg press machine adalah salah satu alat gym yang bisa kamu manfaatkan untuk membakar lemak dan otot kaki, khususnya di area paha dengan cepat. Alat satu ini dapat kamu temukan di tempat gym, guna untuk melatih dan meningkatkan kekuatan otot kaki secara aktif.

Menggunakan leg press machine selain untuk membantu menurunkan berat badan, kamu juga dapat memperbaiki keseimbangan tubuh. Sehingga kaki akan bekerja secara maksimal untuk menopang tubuh dengan jauh lebih baik lagi. 

Smith Machine

Bagi kamu yang suka melihat smith machine di tempat gym, kamu dianjurkan untuk mencobanya. Karena alat gym dengan bentuk barbel dan tiang ini dapat kamu gunakan dalam salah satu cara menurunkan berat badan, meskipun bekerja tidak secara langsung. 

Smith machine termasuk deretan alat gym yang dapat membantu meningkatkan proses pembakaran kalori dengan capeta, karena latihan beban intensitas tinggi. Selain itu proses metabolisme basal dalam tubuh juga akan meningkat dengan laju yang cepat. Tentunya hal ini dapat meningkatkan proses pembakaran kalori lebih banyak lagi. 

Squat Rack

Kamu dapat melakukan gerakan squat dengan menggunakan squat rack, alat gym satu ini dapat memberikan beban tambahan bagi tubuh. Dengan memanfaatkan beberapa barbel yang dipasangkan diantaranya ujungnya, maka akn membantu melatih otot bagian badan atas serta otot pantat, pinggul, paha, dada belakang dan masih banyak lagi. Alat satu ini dapat kamu manfaatkan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. 

Demikian pembahasan mengenai beberapa rekomendasi dari alat gym untuk membantu menurunkan berat badan dalam program diet kamu. Sehingga dapat menghasilkan perubahan dan pembakaran kalori serta lemak dalam tubuh lebih cepat lagi. Penurunan berat badan yang tepat adalah dengan mengatur pola makan, pola hidup dan diseimbangi olahraga seperti pergi ketempat gym dengan jenis latihan dan alat yang tepat.

x