Saturday, 22 Jun 2024

10 Makanan dan Minuman Pantangan Darah Tinggi

6 minutes reading
Monday, 24 Jul 2023 20:45 0 206 Muti Karya

Nesiaverse.com – Penderita darah tinggi harus mengetahui jenis makanan dan minuman yang menjadi pantangan. Hal tersebut dikarenakan penderita darah tinggi atau hipertensi tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan dan minuman. Karena salah satu faktor penyebab terjadinya tekanan darah tinggi adalah mengonsumsi jenis makanan yang sembarangan, atau menjadi pantangan. 

Tekanan darah tinggi sering kali disebut dengan silent killer, yang mana penderitanya sendiri kadang tidak menyadarinya. Selain itu darah tinggi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Tidak hanya mengundang berbagai komplikasi, darah tinggi bisa memicu seseorang mengalami stroke hingga kematian, maka disebut sebagai silent killer. Dengan begitu kamu harus melakukan pencegahan terjadinya tekanan darah tinggi yang kronis. 

Makanan dan Minuman Pantangan Darah Tinggi

Makanan dan Minuman Pantangan Darah Tinggi

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI mengemukakan, jika hipertensi ini disebut sebagai silent killer dikarenakan tekanan darh tinggi tidak memiliki kelhan. Namun, pada suatu ketika langsung mengalami serangan darah tinggi hingga komplikasi yang kronis. Maka, kamu harus mewaspadai gejala terjadinya hipertensi atau darah tinggi

Konsumsi makanan harian memiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap tekanan darah seseorang. Maka, kamu harus menjaga dan memperhatikan asupan makanan, konsumsilah makanan sehat yang dianjurkan dan hindarilah makan yang dapat memicunya. Berikut kami sudah merangkum beberapa jenis makanan dan minuman yang masuk ke datar pantangan bagi penderita darah tinggi. 

Acar

Acar merupakan salah satu makanan yang harus kamu hindari. Hal ini dikarenakan acar dapat memberikan tambahan garam atau meningkatkan kadar natrium dalam tubuh. Acar merupakan jenis makanan yang terdiri dari potongan sayuran seperti mentimun, wortel yang menyehatkan. Namun, dalam pengolahannya sendiri acar memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Sehingga nantinya dapat mengendapkan garam dalam mentimun. Sehingga justru akan bekerja sebaliknya. Maka, hindarilah konsumsi acar sejak dini apalagi sama porsi yang besar. 

Kulit Ayam

Kulit ayam merupakan salah satu bagian dari daging ayam yang paling disukai banyak orang. Namun, siapa sangka justru dibalik rasanya yang nikmat kulit ayam ini memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang cukup tinggi. Apalagi jika kulit ayam ini diolah dengan cara digoreng. Bagi penderita darah tinggi, sebaiknya kamu menghindari konsumsi makanan yang memiliki kandungan atau endapan minyak dan lemak jenuh, hal ini dapat memicu darah tinggi naik tak terduga.

Daging Olahan

Daging olahan memang mnejadi makanan yangs erban instant dna memiliki rasa yang sangat nikmat. Namun, dibalik semua itu ternyata memiliki ancamnya sendiri, hal ini disebabkan oleh kandungan natrium yang cukup tinggi. Sehingga jika dicampurkan dengan makanan yang memiliki kandungan garam lagi seperti keju, bumbu hingga acar tentunya akan menyebabkan kadar garam yang berlebihan didalam tubuh. Maka, dengan tingginya kadar garam dapat menyebabkan darah tinggi meningkat. 

Sup dan Tomat Kalengan

Makanan yang dikemas dengan kaleng tentunya bersifat tahan lama dan instan. Sup dan tomat kaleng memiliki kadar natrium yang tinggi, sehingga tidak baik bagi pengidap darah tinggi. Makanan kalengan tidak hanya memiliki kadar natrium yang tinggi namun juga beberapa produk menggunakan pengawet yang tidak terduga. 

Kadar protein yang berlebihan dalam makanan kalengan seperti sup dna tomat kalengan ii memiliki kandungan 2.140 mg natrium. Dengan mengkonsumsinya tentu saja akan menyebabkan kadar natrium dalam tubuh meningkat, kemudian jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan darah tinggi kronis. 

Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang manis memiliki kadar kalori yang tinggi, hal inilah yang dapat menyebabkan berat badan seseorang bertambah dengan cepat. Kelebihan berat badan ini disebut dengan obesitas juga. Bahkan menjadi pemicu tekanan darah tinggi naik.

Dengan adanya tumpukan lemak pada tubuh, hal inilah yang dapat membuat kerja jantung berlebihan sehingga dapat memicu proses penyempitan pembuluh darah. Saat pembuluh darah menyempit maka saat itu juga kadar darah tinggi akan meningkat secara drastis. Maka, kurangilah konsumsi makanan dan minuman manis. 

Alkohol

Alkohol adalah minuman yang menyebabkan tekanan darah meningkat dan menyebabkan komplikasi. Bahkan mengkonsumsi alkohol bagi penderita darah tinggi mampu merusak dinding pembuluh darah dengan cepat. Tentunya hal ini buruk jika sampai ke tahap kronis. Maka, berhentilah mengkonsumsi alkohol jika kamu penderita darah tinggi. 

Pizza Beku

Pizza beku merupakan makanan yang memiliki bahan-bahan yang dikombinasikan dengan kadar gula, lemak jenuh hingga natrium. Selain itu di dalamnya terdapat kandungan natrium yang sangat tinggi. Dalam satu potong pizza keju memiliki kandungan 512 sodium. Sebelumnya kami sudah membahas mengenai kadar natrium yang bertemu lemak, katena dapat emmeicu darh tinggi yang naiks ecara drastis. Dalam prose pengolahannya beberapa penjual pizza bahkan menambahkan kembali banyak garam ketika memanaskan atau memasak nya. 

Frozen Food

Frozen food merupakan jenis makanan yang sangat instan untuk diolah dan nikmati. Namun, dibalik makanan yang beku ini kamu akan menemui kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang sangat tinggi di dalamnya. Lemak jenuh dan lemak trans dapat memicu tekanan darah tinggi, sehingga kamu harus mewaspadainya. 

Frozen food sendiri memiliki kandungan kolesterol yang jahat hal ini disebabkan proses penyimpanan makanan frozen food dalam waktu lama dan stabilitas makanan yang dibekukan. Sehingga nantinya kadar kolesterol baik akan bertransisi menjadi kolesterol jahat. Dalam beberapa kasus lemak trans ini dapat memicu risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, stroke dan jantung. 

Fast Food

Fast food adalah makanan cepat saji yang umumnya memiliki kadar garam yang tinggi. Kadar garam yang tinggi pada fast food ini bertujuan untuk meningkatkan citarasa makanan tersebut. Fast food merupakan salah satu pantangan bagi penderita darah tinggi, karena tidak hanya kadar garamnya yang tinggi namun lemak jenuh yang dapat memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah. 

Umumnya makanan fast food sendiri tidak lepas dari proses pengolahan menggunakan minyak alias penggorengan. Maka, sebaiknya menghindari makanan fast food ini. Karena memiliki banyak pemicu meningkatnya tekanan darah tinggi dan bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Udang 

Udang masuk ke dalam golongan seafood yang sayangnya harus dihindari oleh penderita darah tinggi. Udah umumnya adalah makanan beku dan kemasan yang memiliki rasa yang nikmat dan bikin nagih. Hal ini dikarenakan udang memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi, sehingga dapat memicu gejala tekanan darah tinggi yang meningkat. Dalam 3 ons udang beku memiliki kadar natrium yang cukup tinggi yaitu 800 mg, sementara kebutuhan natrium orang dewasa tidak sebanyak itu. Maka, hindarilah konsumsi jenis seafood satu ini. 

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi pantangan bagi penderita darah tinggi atau hipertensi. Masih banyak jenis makanan yang aman dan bisa kamu konsumsi dengan nyaman dan nikmat. Tentunya kamu tidak ingin mengalami komplikasi bukan? Apalagi jika dikarenakan mengonsumsi makanan yang masuk daftar pantangan bagi penderita darah tinggi.