Thursday, 18 Jul 2024

7 Makanan dan Minuman yang Dilarang Saat Haid

5 minutes reading
Tuesday, 6 Jun 2023 01:45 0 287 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Mungkin sebelum kamu mengalami haid bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan, namun ternyata jika pada saat haid ada beberapa makanan atau minuman yang harus dihindari dan jenis makanan dan minuman yang dilarang saat haid ini sangat penting perlu kamu ketahui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Haid atau menstruasi merupakan salah satu kondisi keluarnya darah dari vagina yang terjadi sebagai salah satu dampak dari siklus bulanan, haid ini juga merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita terjadi secara berkala setiap bulannya dan ini yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi.

Dimana pada periode ini penting dalam reproduksi karena haid pada para wanita yang merupakan suatu perdarahan rahim bersifat fisiologis atau normal, hal ini yang sebagai akibat perubahan hormonal yaitu estrogen dan juga progesteron.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui ternyata pada saat kamu sedang haid atau menstruasi kamu harus memperhatikan makanan dan juga minuman yang akan kamu makan, hal ini agar tubuh kamu tetap sehat saat sedang menstruasi atau haid.

Selain itu juga sebaiknya kamu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang saat haid agar haid kamu tetap lancar tidak mengalami gangguan gejala haid, untuk mengetahui dengan beberapa jenis makanan dan minumannya maka bisa dengan simak penjelasannya disini.

Makanan dan Minuman yang Dilarang Saat Haid

Makanan dan Minuman yang Dilarang Saat Haid

Dimana pada saat menjelang haid atau menstruasi kemungkinan untuk beberapa atau sebagian para wanita yang pernah mengalami nafsu makan tidak terkontrol, dengan makan pada saat menjelang haid boleh saja namun kamu perlu berhati-hati untuk mengkonsumsinya karena ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang atau dihindari pada saat haid.

Hal ini dilakukan agar kamu yang sedang haid tidak mengalami nyeri atau sakit perut bahkan kembung, dimana perlu kamu ketahui bahwa pada saat menjelang haid atau menstruasi tidak hanya nafsu makan yang akan meningkat tetapi pola makan juga yang akan berubah dan kondisi seperti ini yang masih termasuk dalam taraf normal.

Adapun untuk beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang saat haid yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

Makanan Pedas

Dimana biasanya pada saat haid berlangsung kebanyakan orang yang ingin menikmati makanan yang pedas apalagi para wanita yang pecinta pedas, namun ternyata pada saat haid dengan mengkonsumsi makanan yang pedas bisa menyebabkan masalah seperti diare dan juga sakit perut.

Alangkah lebih baiknya jangan mengkonsumsi jenis makanan ini pada saat haid karena bisa membuat gejala kram perut yang menjadi lebih parah, sehingga dengan begitu untuk jenis makanan pedas ini termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang dilarang saat haid berlangsung.

Makanan dan Minuman Mengandung Kafein

Salah satu jenis makanan dan minuman yang dilarang saat haid yaitu yang mengandung kadar kafein yang tinggi dan pastinya kalian sudah tahu bahwa untuk makanan dan minuman jenis ini yang dapat memberikan masalah pada lambung, tidak hanya bermasalah pada lambung saja dengan makanan minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi ini yang akan memberikan dampak buruk pada saat haid.

Untuk salah satu solusi yang bisa kamu lakukan agar tidak mengalami dampak buruk pada saat haid yaitu dengan mengurangi atau berhenti mengkonsumsi kopi atau jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi pada saat haid sedang berlangsung, namun jika memang masih tetap ingin memakannya maka kurangi saja jumlahnya jangan banyak-banyak.

Daging Merah

Makanan yang dilarang saat haid lainnya yaitu daging merah dan daging merah ini yang mengandung zat besi sekaligus mengandung prostaglandin, sehingga dengan begitu untuk mereka yang memakan daging merah pada saat haid yang bisa menyebabkan kram perut yang cukup parah.

Karena biasanya pada saat haid datang tubuh yang akan memproduksi hormon prostaglandin, sehingga dengan begitu hal ini yang akan membuat rahim berkontraksi dan mengeluarkan darah haid dengan memiliki kadar prostaglandin yang tinggi maka dapat berefek pada kram perut.

Makanan Mengandung Garam

Salah satu jenis makanan yang dilarang saat haid yaitu makanan yang mengandung garam yang tinggi dan jenis makanan ini yang akan menyebabkan retensi atau penumpukan air, sehingga jika hal ini terjadi maka dapat membuat kamu yang menjadi kembung dan tidak nyaman.

Hal ini yang membuat jenis makanan yang mengandung garam yang tinggi atau berlebih yang dilarang dikonsumsi pada saat haid berlangsung, kamu masih bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tetapi secukupnya saja jangan terlalu banyak dan untuk hal ini juga yang berlaku untuk jenis makanan cepat saji.

Makanan dan Minuman dari Susu

Untuk jenis makanan dan minuman yang dilarang saat haid yang lainnya yaitu jenis makanan dan minuman olahan dari bahan susu, jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung susu di dalamnya pada saat haid yang dapat menyebabkan kram haid, hal ini dikarenakan dalam produk susu ini yang terdapat asam arakidonat didalamnya yang bisa memicu terjadinya kram perut.

Makanan Mengandung Gula

Untuk makanan yang mengandung gula dengan kadar yang tinggi dapat meningkatkan energi secara mendadak dan diikuti dengan penurunan energi yang mendadak juga, sehingga untuk jenis makanan yang mengandung gula tinggi ini termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang dilarang saat haid.

Namun kamu masih bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tetapi kamu cukup mengkonsumsinya dalam batas wajar dan secukupnya, namun sebaiknya pada saat haid kamu ganti makanan manis tersebut mengkonsumsi buah-buahan yang selain menyegarkan namun memiliki manfaat untuk tubuh.

Makanan Mengandung Lemak Trans Tinggi

Hampir semua orang menyukai gorengan atau cemilan karena memang jenis makanan yang satu ini begitu sangat enak tetapi pada saat kamu haid harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans tinggi, karena didalam gorengan atau cemilan yang mengandung banyak lemak trans yang tinggi jadi jika mengkonsumsi gorengan pada saat haid yang akan menyebabkan sakit perut dan dengan begitu jenis makanan yang mengandung lemak trans tinggi ini termasuk ke dalam makanan yang dilarang saat haid.

Mungkin hanya itu saja beberapa jenis makanan dan minuman yang dilarang saat haid yang perlu kamu ketahui dan hindari dikonsumsi pada saat haid berlangsung, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat.