Thursday, 18 Jul 2024

Manfaat Terong Belanda Untuk Asam Urat

3 minutes reading
Thursday, 24 Nov 2022 10:52 0 462 Sri Lasmawati

Nesiaverse.com – Siapa yang tidak kenal dengan salah satu buah yang satu ini yaitu Terong Belanda yang kaya akan nutrisi di dalamnya sehingga sangat baik untuk kesehatan, lalu apakah dengan mengkonsumsi Terong Belanda secara rutin yang manfaatnya baik untuk asam urat? Untuk mengetahuinya yuk simak penjelasan dibawah ini.

Terong Belanda atau (Solanum Betaceum) yang merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam anggota keluarga terong (Solanaceae) yang berasal dari Amerika Selatan, dimana buah ini yang bisa disebut dengan Terong Belanda padahal berasal dari Amerika Selatan dikarenakan pertama kali dibawa dan dikembangkan oleh Belanda di Indonesia tepatnya di Bogor pada tahun 1941 pada zaman penjajah.

Sehingga dengan begitu buah ini yang dikenal dengan nama Terong Belanda, dimana buah ini yang mempunyai ciri-ciri bau yaitu seperti lembu kutub, dimana buah ini yang memiliki warna kulit coklat yang keunguan atau biasa disebut lembayung kemerah-merahan.

Sedangkan untuk bagian dalamnya yaitu daging buah ini yang memiliki warna coklat atau kuning yang ke hitam-hitaman dengan memiliki tekstur yang lunak seperti Tomat, untuk rasanya yang dihasilkan dari Terong Belanda yaitu asam dan manis.

Kandungan Nutrisi Pada Terong Belanda

Manfaat Terong Belanda Untuk Asam Urat

Terong Belanda memiliki nama lain yaitu Tamarillo yang mengandung banyak air didalamnya dengan aromanya yang menyegarkan, dengan memiliki kandungan didalamnya yang dapat memenuhi kebutuhan gizi harian yaitu diantaranya:

  • 2,1 gram protein
  • 16 mg kalsium
  • 1,1 gram lemak
  • 40 mg fosfor
  • 52 kal energi
  • 1,1 mg zat besi
  • 12 mg vitamin C
  • 8,6 gram karbohidrat
  • 8,048 mcg karoten
  • 1,4 gram serat
  • 0,42 mg tiamin (vitamin B1)
  • 0,06 mg vitamin B2 (riboflavin)

Tentunya dengan memiliki kandungan di dalam buah Terong Belanda ini yang sangat banyak yang ternyata menawarkan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, lalu manfaat Terong Belanda untuk asam urat bisa dengan  menyimaknya dibawah ini.

Manfaat Terong Belanda Untuk Asam Urat

Terong Belanda Yang dapat dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu atau bisa juga dengan langsung memakannya, salah satunya banyak orang yang mengkonsumsi buah ini dengan diolah menjadi jus karena caranya yang mudah dan khasiatnya yang terdapat didalamnya sangat banyak.

Dengan mengkonsumsi jus Terong Belanda secara rutin yang ternyata dapat membantu mencegah asam urat, rematik, hingga sariawan, jus Terong Belanda yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit jantung, memperlambat penuan dini dan bahkan mampu mencegah kerusakan pada otak.

Selain itu juga ternyata masih banyak lagi manfaatnya dari mengkonsumsi buah yang saat ini dimana dengan memiliki vitamin B kompleks di dalamnya yang dapat berperan untuk mengatur metabolisme tubuh sehingga dengan begitu yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Khasiat atau manfaat Terong Belanda yang dapat membantu untuk mengatasi obesitas, menurunkan lipid, memperlihatkan peningkatan aktivitas dalam antioksidan serta anti peradangan, sehingga untuk bisa mendapatkan semua manfaat diatas dan terutama untuk kamu yang ingin mencegah asam urat maka bisa dengan mengkonsumsi Terong Belanda secara rutin.

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai manfaat Terong Belanda untuk asam urat yang bisa kamu ketahui, semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu dan bermanfaat jika ada kata yang salah mohon dimaafkan.